11 Cara Mendapat Uang Dari Internet Yang Mudah dan Simpel

Dibutuhkan usaha keras dan otoritas tinggi sebelum Anda bisa mulai menjadi kaya melalui aktivitas online. Tapi ada beberapa metode dasar untuk mendapat uang dari internet dalam jangka waktu pendek.

Menulis dan menjual ebook

Photo credit: Google

Bila Anda punya kecenderungan untuk menulis, Anda bisa menulis ebook. Buku yang membantu mengajarkan orang tentang topik teknis masih sangat bisa dijual. Ini akan jadi sumber income pasif, tanpa membutuhkan banyak usaha sebelum uang didapat.

Anda bisa menjual ebook melalui program Amazon’s Kindle, yang memberi Anda akses ke banyak market pembaca digital. Anda tidak perlu menginvestasikan banyak uang untuk membuat ini terjadi, tapi Anda harus investasikan banyak waktu, tidak hanya dalam menulis ebook tapi juga dalam memasarkannya.

Menjual audiobook dengan audible

Photo credit: Google

Audiobook menjadi semakin populer karena ebook semakin kurang diminati. Orang beralih ke audio dan visual untuk subjek teknis. Tapi Anda perlu pertimbangkan ebook lebih dulu dan mengubahnya menjadi audiobook melalui platform seperti Audible’s ACX.

Anda bisa bekerja sama dengan produser baik melalui program berbagi royalti, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi, atau Anda bisa membayar per jam kerja.

Menciptakan aplikasi

Photo credit: Google

Memang ini jauh lebih teknis. Kecuali Anda punya skill mengembangkan aplikasi yang tepat, melakukan ini butuh usaha yang signifikan. Tapi aplikasi juga jadi sumber income pasif yang bagus jika dilakukan dengan cara yang benar. Anda bisa menjangkau audiens besar pengguna smartphone dengan membangun aplikasi yang menarik.

Tapi, aplikasi membutuhkan investasi waktu dan uang di awal. Bila Anda tidak memiliki skill ini, maka Anda perlu menggunakan jasa orang lain yang bisa membantu Anda menciptakan aplikasi yang bagus. Tapi pertama, Anda perlu punya ide yang menjual. Lakukan riset pasar yang tepat dan analisa untuk bisa menghasilkan aplikasi yang bagus.

Membangun blog

Photo credit: Google

Salah cara mendapat uang dari internet adalah dengan membangun blog. Memang kita semua tahu kalau membangun blog butuh kerja keras. Tapi setelah Anda berada di titik tertentu, semua bisa jadi lebih mudah.

Blog bisa dengan mudah menghasilkan uang  per bulan bila Anda melakukannya dengan benar. Tapi tidak akan mudah untuk bisa menghasilkan jumlah uang yang besar melalui blog. Akan butuh waktu, karenanya jangan lagi menunda, lakukan sekarang.

Marketing email

Photo credit: Google

Marketing email jadi jantung dari tiap kesuksesan website. Untuk mereka yang serius ingin mendapat uang dari internet, marketing email jadi jalan yang tepat. Tapi ini harus dilakukan dengan cara yang benar. Sebelum Anda mencoba memasarkan apapun ke siapa saja melalui daftar email, pastikan mereka orang yang berlangganan dan memilih Anda secara langsung.

Ketika Anda mencoba memasarkan ke orang melalui email tanpa target, Anda tidak akan terlalu sukses. Tapi bila mengirim email ke subscriber aktif yang tertarik dengan apa yang Anda sampaikan, dan mereka sign up langsung ke blog atau situs Anda, tingkat keberhasilan Anda akan jauh lebih tinggi.

Menyewakan rumah melalui AirBnB

Photo credit: Google

Anda bisa sewakan seluruh rumah atau hanya satu kamar di AirBnB. Ini cara yang simpel dan efektif untuk menghasilkan uang dari internet, terutama untuk jangka pendek. Meski Anda tidak menjadi kaya dengan melakukan ini, Anda bisa menghasilkan uang per bulan. Dan bila Anda tinggal di kawasan wisata, maka tingkah keberhasilan Anda jadi lebih tinggi.

Lakukan riset tentang listing lain di kota Anda di AirBnB dan lihat kisaran harga sewa untuk tempat seperti milik Anda. Anda bisa juga sewakan ruang pribadi. Mungkin Anda mengalami kesulitan awalnya karena belum mempunyai review, tapi selama Anda bisa menjamu tamu dan memberi pelayanan yang baik, review akan datang dengan sendirinya.

Menjual foto online

Photo credit: Google

Bila Anda menyukai fotografi, dan Anda punya foto bagus, Anda bisa menjualnya di situs seperti Shutterstock dan iStockPhoto, dua sumber foto online terbesar. Tidak terlalu butuh banyak usaha untuk melakukan ini, tapi butuh kreativitas dan persisten untuk bisa berhasil.

Akan ada kompetisi ketika menjual foto online tapi ini juga jadi metode bagus untuk menghasilkan income pasif. Bila Anda bisa melisensi gambar atau menjualnya sebagai stok fotografi, Anda tidak perlu lakukan kerja tambahan untuk menghasilkan income dari penjualan itu setelah foto diterbitkan online. Anda tinggal mengumpulkan pembayarannya.

Gunakan Shopify untuk membangun toko online sendiri

Photo credit: Google

Anda bisa memgangun toko online sendiri menggunakan platform seperti Shopify. Shopify mempermudah membangun website transaksi tanpa kesulitan berarti.

Anda bisa mulai berjualan online dalam hitungan detik. Mungkin tidak berhasil secepat itu, tapi Anda merasa yakin mendapat transaksi website yang bagus dan menjalankannya dalam hitungan jam.

Menciptakan video tutorial di YouTube

Photo credit: Google

Ini merupakan strategi jangka panjang, dan Anda tidak akan menjadi kaya dalam waktu semalaman dengan melakukan ini, tapi menciptakan video menarik dan menerbitkannya di situs seperti YouTube bisa memberi income pasif jangka panjang, tergantung pada bagaimana penerimaan untuk video yang Anda buat.

Pilih satu niche untuk video Anda. Bangun saluran YouTube dan cari sesuatu yang bisa Anda lakukan untuk menambah nilai video untuk orang yang tertarik di niche ini. Tapi ingat kalau ini butuh waktu lama dan Anda butuh investasi di awal sebelum membuahkan hasil.

Menjadi asisten virtual

Photo credit: Google

Meski menjadi asisten virtual tidak membuat Anda mendapat uang berlimpah, bila Anda punya biaya hidup rendah, ini bisa jadi sesuatu yang sangat membantu. Menjadi asisten virtual membutuhkan skill teknis untuk bisa sukses.

Selama Anda punya dasar pengetahuan tentang program seperti Word, Excel, dan PowerPoint, misalnya, dan Anda bisa memenuhi deadline, Anda jadi kandidat tepat untuk menjadi asisten virtual.

Menulis artikel untuk website lain

Photo credit: Google

Cara mendapat uang dari internet selanjutnya adalah menulis artikel. Bergantung pada tingkat skill dalam menulis, Anda bisa selalu temukan pekerjaan menulis artikel untuk orang lain. Awalnya Anda tidak akan mendapat banyak bayaran, terutama bila Anda punya sedikit contoh atau portfolio. Tapi seiring waktu Anda bisa membangunnya.

Anda bisa juga lakukan sejumlah hal terkait dengan menulis seperti copywriting untuk deskripsi, email, atau konten terkait penjualan. Anda bisa cari mentor bila Anda serius tentang menghasilkan uang dari internet melalui metode ini.

Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara mendapat uang dari internet? Anda perlu belajar pada ahlinya. Edi Budiyanto merupakan praktisi online marketing yang sudah menekuni bisnis sejak tahun 2008, dengan core bisnis di bidang undangan pernikahan. Edi membangun bisnisnya dengan menggunakan media website dengan teknik SEO.  Sebuah tehnik yang membuat website kita ada di halaman pertama Google .

Ia juga mendirikan Jogja Digital Clinic (JDC), penyedia jasa digital marketing yang telah berpengalaman sejak tahun 2008. JDC hadir untuk Anda yang ingin membangun team digital marketing untuk perusahaan. Program unggulan JDC adalah membangun team digital marketing untuk perusahaan.

Butuh Jasa Digital Marketing??

Bingung Mencari Jasa Digital Marketing yang tepat untuk mengembangkan Bisnis Anda??
Jangan Khawatir, Langsung hubungi Admin Kami
Klik Icon Whatsapp Di Bawah Ini​

★★★★★

Tinggalkan komentar