5 Cara Mudah Belajar Strategi Marketing Online untuk Pemula

Belajar Strategi Marketing Online

Adanya era digital membuat internet menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Hampir semua hal dari berbagai aspek kehidupan telah didigitalisasi. Begitu pula pada sektor bisnis yang memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya. Dikenal dengan istilah digital marketing atau marketing online. Bagi pelaku bisnis, penting untuk Belajar Strategi Marketing Online.

Kekuatan internet dalam menjalin koneksi dengan semua orang membuat para pelaku bisnis memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis mereka.  Banyak sekali media atau alat yang memungkinkan Anda untuk menggunakan internet untuk kegiatan pemasaran produk secara online.

Salah satu kelebihan marketing online dengan marketing konvensional yang telah lazim digunakan oleh para pelaku bisnis adalah jangkauannya yang sangat luas. Mengingat keunggulannya ini, sebagai pelaku bisnis, Anda harus mencoba marketing online untuk melebarkan sayap bisnis Anda.

 

Cara Belajar Strategi Marketing Online Dasar untuk Pemula

Bagi Anda pelaku bisnis yang ingin mengembangkan bisnis Anda di bidang promosi, Anda patut mencoba marketing online atau pemasaran menggunakan internet. 

Namun, bagi Anda yang masih pemula dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir. Semua hal mengalami proses, Anda bisa Belajar Strategi Marketing Onlinedimulai saat ini. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Salah satu hal yang paling terkenal dalam dunia internet marketing adalah penggunaan SEO atau Search Engine Optimization. Yaitu usaha untuk mengoptimasi website agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Hasil pencarian di mesin pencari Google  merupakan sumber utama trafik bagi sebagian besar website. Jika website Anda menggunakan teknik SEO, maka akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google. Dengan begitu, produk yang Anda pasarkan pun akan dikenal oleh banyak orang. 

 

  1. ContentMarketing

Content marketing merupakan teknik pemasaran yang melibatkan pembuatan dan penyebaran konten yang relevan, menarik, dan konsistem pada tujuan untuk menarik audiens untuk menjadi konsumen.

Dalam pembuatannya, konten harus menerapkan teknik SEO agar dapat lebih mudah ditemukan oleh audiens. Konten dibuat dengan tiga syarat penting, yakni penting, relevan, dan konsisten. 

 

  1. Social Media Marketing

Kekuatan media sosial dalam mempromosikan produk atau jasa sudah tidak diragukan lagi. Saat ini sudah banyak jenis media sosial yang dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produk atau jasa.

Secara definisi memang sangat sederhana, namun poin utamanya terletak pada strategi marketingnya. Anda perlu meriset platform media sosial mana yang cocok untuk dijadikan media marketing bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga perlu menetapkan tujuan dan metrik yang jelas untuk mengukur keberhasilan strategi media sosial marketing Anda. 

 

  1. Pay per Click (PPC)

PPC atau Pay per Clickmerupakan model internet marketing yang memungkinkan pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Iklan menjadi salah satu alternatif yang bisa pelaku bisnis lakukan untuk mempromosikan produk atau layanan.

Sistem periklanan ini hampir digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram. Model iklan online ini lebih efektif, efisien, dan ekonomis dibandingkan model iklan konvensional. 

 

  1. Email Marketing

Email marketing merupakan pengiriman pesan komersial berupa promosi melalui email. Sudah sejak lama email menjadi salah satu alat marketing yang efektif, yakni sejak Gary Thuerk yang mengirimkan email marketing pada tahun 1978.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh McKinsey and Company, menjelaskan bahwa email marketing memiliki efektivitas yang tinggi dalam memperoleh konsumen. Yakni 40 kali lebih efektif dalam memperoleh konsumen dibandingkan media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Salah satu hal yang mendasarinya adalah karena perusahaan dapat menjangkau calon konsumen di area personal mereka, yakni kotak masuk email. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan kupon atau diskon spesial agar konsumen bisa bersedia untuk berlangganan email marketing atau newsletter. 

 

Nah, itulah beberapa cara mudah Belajar Strategi Marketing Online bagi pemula. Anda bisa mencobanya sembari terus mengevaluasi agar dapat mencapai tujuan marketing Anda. Atau jika Anda masih merasa kebingunan untuk memulainya, Anda bisa mencoba jasa digital marketing untuk membantu Anda dalam melancarkan pemasaran daring (dalam jaringan).

Anda bisa bekerjasama dengan Kletikan.com yakni Partner Digital Marketing yang akan membantu dalam mengoptimalkan digital marketing usaha Anda.  Memiliki pengalaman Digital Marketing lebih dari 5 tahun dan sudah banyak UMKM yang didampingi untuk optimalisasi Digital Marketing. Nah, bagi Anda yang ingin tahu info lebih lanjut segera kunjungi official website kletikan.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *