5 Fungsi Social Media Marketing untuk Keperluan Bisnis Anda

Social Media Marketing

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini adalah Era Digital, di mana internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat luas. Oleh karena itu, pada sektor bisnis, memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan produk adalah ide yang tepat. Namun, Fungsi Social Media Marketing bukan hanya itu saja. Masih banyak fungsi dari pemasaran menggunakan media sosial yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Media sosial memiliki banyak sekali kelebihan dalam memasarkan produk atau pun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Hal ini membuat media powerful yang satu ini menjadi sangat fungsional digunakan sebagai alat promosi bagi perusahaa.

Bagi Anda, para pelaku bisnis, sudah saatnya untuk menggunakan media sosial sebagai alat promosi. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu lebih dulu mengenai apa saja manfaat dari social media marketing agar lebih meyakinkan Anda untuk segera memanfaatkannya.

Apa Saja Fungsi Social Media Marketing untuk Bisnis?

Kemampuan media sosial dalam menjangkau banyak orang sudah tidak diragukan lagi. Oleh karena hal ini, media sosial menjadi alat yang digunakan untuk promosi produk perusahaan. Namun bukan hanya itu saja fungsi atau kegunaannya, berikut ini Fungsi Social Media Marketing:

  1. Mempromosikan Produk atau Jasa yang Ditawarkan oleh Perusahaan Anda

Pemasaran menggunakan media sosial sangat efektif untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Jangkauannya yang sangat luas mampu memperkenalkan produk yang ditawarkan kepada seluruh masyarakat.

Dengan media sosial, Anda juga bisa memberikan informasi seputar perusahaan, produk, atau jasa yang ditawarkan dan lain sebagainya. Memiliki media sosial resmi perusahaan juga mengantisipasi adanya berita bohong atau hoax terkait perusahaan Anda.

  1. Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelanggan Anda

Menggunakan media sosial sebagai alat untuk memasarkan produk atau jasa membuat Anda menjadi lebih dekat dengan pelanggan atau konsumen. Memungkinkan interaksi di antara keduanya. Sehingga Anda dapat lebih banyak tahu mengenai pelanggan Anda.

Informasi yang bisa Anda dapatkan seperti siapa saja konsumen Anda, bahasa yang digunakan, rentang usia, jenis kelamin, dan masih banyak lagi. Hal ini akan membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat.

  1. Membantu Pencarian Target Konsumen yang Lebih Efektif

Beberapa media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram memiliki sebuah perangkat pendukung yang memungkinkan Anda untuk menyajikan informasi sesuai dengan konsumen.

Misalnya di Instagram, Anda dapat menggunakan hashtag yang sesuai dengan postingan atau produk perusahaan Anda agar lebih mudah dicari oleh konsumen. Selain itu, fitur location di Instagram juga dapat memasarkan bisnis Anda dengan lebih tertarget.

baca juga artikel Tentang Jasa Social Media Marketing

  1. Memperluas Target Pasar

Fitur-fitur yang ada di media sosial akan membantu Anda untuk memperluas target pasar. Apalagi jika Anda rajin memposting terkait produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, target pasar secara bertahap akan bertambah luas.

Misalnya di Instagram, jika Anda menggunakan fitur location maka akan dengan mudah ditemukan oleh calon konsumen yang dekat dengan lokasi bisnis Anda. Selain itu, Anda juga menggunakan hashtag untuk menemukan calon konsumen yang sesuai.

  1. Membantu Konsumen Menjangkau Bisnis Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial akan sangat membantu konsumen untuk melakukan interaksi dengan bisnis Anda. Sebab dalam hal ini terdapat banyak sekali fitur yang sangat membantu konsumen untuk menjangkau bisnis Anda.

Misalnya fitur komentar, Direct Message dalam Instagram, dan masih banyak lagi. Informasi yang disampaikan oleh perusahaan di media sosial juga memudahkan calon konsumen untuk mengenal lebih jauh produk atau jasa yang ditawarkan.

Nah itulah, beberapa Fungsi Social Media Marketing. Hal tersebut akan sangat membantu bisnis Anda untuk terus berkembang. Namun, akan lebih terbantu lagi jika Anda juga menggunakan sebuah jasa social media marketing untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan.

Kletikan.com adalah Partner Digital Marketing yang akan membantu dalam mengoptimalkan digital marketing usaha Anda.  Memiliki pengalaman Digital Marketing lebih dari 5 tahun dan sudah banyak UMKM yang didampingi untuk optimalisasi Digital Marketing. Nah, bagi Anda yang ingin tahu info lebih lanjut segera kunjungi official website kletikan.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *