Membangun Tim Online | Sebuah perusahaan yang mengiginkan bisnis nya bertahan, berkembang dalam jangka panjang tentu harus memulai membangun tim online. Karena dengan online produk kita dengan mudah tersampaikan ke customer secara cepat dan terukur. Namun dalam membangun tim khususnya tim online tentu tidak lah mudah. Kalo salah dalam menerima tim maka goal dalam membangun tim tidak akan berhasil. Sering kali hrd menerima tim hanya di lihat dari skill nya, kemampuannya dalam eksekusi media online, padahal kemampuan mengerjakan baru sebagian dari kebutuhan Online Marketing. Kalo itu terjadi maka antara tim dan manajemen khusus nya hrd tidak akan mempunyai tujuan yang sama, tim memandang dari activity sedang kan manajemen melihat nya dari result nya…..

Pernah kah kita mendapatkan laporan dari tim online seperti ini…

– Saya sudah posting di web 1000 kata kunci, posting di sosmed sekian status dan share ke grub sekian banyak…

Pertanyaan kami, bagaimana dengan sikap anda ?? bangga, seneng atau bertanya tanya… trus dari semua kegiatan diatas apa dampaknya, apa hasilnya, berapa yang bisa di konversi ke lead

itulah cara pandang yang berbeda : Activity vs Result

Manejemen tidak perlu paham teknik online marketing tetapi owner/ hrd harus paham bagaimana karakter serta logika setiap media online. HRd harus paham bagaimana mengukur semua aktifitas tim yang akan berdampak pada result dalam jangka waktu tertentu. Goal utama nya adalah HRD mempunyai ukuran pasti berapa waktu dan biaya yang di perlukan untuk menghasilkan satu penjualan.

Semua media bisa di gunakan dan semua orang bisa menggunakan media tersebut. Cara nya sama, kolom dan tombolnya juga sama, namun yang membedakan adalah strateginya. Paham Teknis Belum Tentu paham Bisnis , dan Manajemen yang harus membuat urutan strategi nya.

BACA JUGA ARTIKEL TENTANG PENULIS : EDI BUDIYANTO

Trus bagaimana solusinya ? berikut kami jelaskan secara detail tentang apa yang kita perlukan dalam membangun tim online. Kami membagi menjadi beberapa tahap yaitu

=> A. PAHAM TEHNIS DAN LOGIKA ONLINE

Setiap media online mempunyai karakter dan logika yang berbeda beda, aturan mainnya pun berbeda beda, namun setiap media mempunyai cara bekerja berdasarkan bagaimana kita memainkannya. Untuk membuat dan menyusun suatu strategi di perlukan pemahaman tentang “critical point” atau poin apa saja yang menjadi faktor terjadinya “dampak” dari online marketing di setiap media. Kita harus paham bagaimana proses pengerjaan tim yang bisa di ukur sehingga memunculkan angka untuk memastikan kapan proses itu menghasilkan.

Buat lah alat bantu berupa tolls yang memudahkan kita mengontrol dan melihat data yang di lakukan tim, Menarik jika ada tolls tersebut, HRD hanya tinggal melihat dari satu dashbord dan itu bisa memberikan data real time.

CARA BANGUN TIM ONLINE
CARA BANGUN TIM ONLINE

=> B. BANGUN DAN DAMPINGI TIM UNTUK MEMBUAT POLA EKSEKUSI

Setiap pengerjaan online marketing ada tiga hal yang harus di jaga, cara / tehniknya benar, waktu pengerjaan yang sesuai, dan pola eksekusi yang tidak menyimpang. Cara nya bener namun alur startegi nya salah maka dampaknya tidak akan sesuai yang di harapkan. CAra benar, alur nya benar namun waktunya tidak sesuai maka waktu pengerjaanya memakan waktu….

Dampingi tim anda menemukan pola yang tepat dan jangan tinggalkan tim sebelum menemukan pola yang tepat untuk mencapai goal perusahaan yaitu :

  • Tehnis TERCEPAT menghasilkan LEAD
  • Media yang TEPAT Mendatangkan LEAD
  • Tehnik Tercepat Winning campange
  • ¬†Biaya yang tepat dan akurat untuk menemukan biaya promosi per penjualan

BACA JUGA TENTANG CARA MEMASARKAN DI INTERNET

=> C. MENGUKUR EKSEKUSI

Tim yang sudah mampu mengerjakan sesuai dengan pola yang sudah di buat harus bisa memberikan data pada manajemen serta membuat perencanaan kedepan berdasarkan data evaluasi proses pertama. tips nya adalah
– Temukan masalah dan buat solusinya
– Ukur kinerja dan bagaimana mempercepat pengerjaan

=> D. BUATLAH SISTEM EKSEKUSI

Proses yang sudah di temukan pola nya, bisa ukur hasilnya maka langkah selanjutnya adalah dampingi tim untuk membuat sistem pengerjaan. Pengerjaan yang tidak bisa di ukur tidak bisa di buat sistemnya, maka step nya adalah Mengukur Pengerjaan, Memetakan pengerjaan dan Konsep pengerjaan. Tim yang sudah paham di challenge untuk bisa memetakan dan membuat konsep pengerjaan. Dari konsep yang di buat oleh orang teknik bisa di jadikan SOP untuk di buat sistemnya. Dan sistem inilah yang menjadi dasar untuk Scale up tim. Perusahan bukan saja mengukur tapi sedang mengamankan sistem bisnis untk regenerasi.

Pernah punya pengalaman perusahaan kacau karena tim nya keluar ??? nah itulah fungsinya,… kelaur masuk nya tim tidak akan jadi masalah karena sistem dan ukurannya sudah ada. keren kan…

CARA BANGUN TIM ONLINE
Dampingi Tim kita untuk Membangun Pola Eksekusi

=> E. BANGUN SISTEM DELEGASI

Ini yang menarik dari semua penjelasan diatas, Sistem yang sudah di buat memudahkan kita untuk Delegasi, menyederhanakan proses tim. dan memastikan siapapun tim nya proses tetap akan berjalan sesuai dengan strategi yang di buat.

=> F. BANGUN KARAKTER TIM CHALLENGE

Dorong tim melakukan kaizen dan evaluasi
– bgmn caranya setiap pekerjaan efectif dan terukur
– provent di setiap kerjaan dan tim
– temukan big why
Apa yang di butuhkan dalam Digital Marketing :
– Goal utama