Belajar Digital Marketing di Kletikan

Ketika membuka sebuah web melalui pencarian Google, Anda mungkin pernah melihat iklan di dalamnya. Selain itu, terkadang web yang dimaksud mengiklankan suatu produk. Belum lagi jika melihat pertemanan di social media, banyak dari mereka yang menggunakannya sebagai ajang promo produk. Ya, di zaman yang sudah serba internet ini, Anda memang sebaiknya tidak ketinggalan langkah dan mulai belajar digital marketing.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan digital marketing? Secara sederhana, kata tersebut dapat diartikan alam bahasa Indonesia menjadi pemasaran secara online. Pemasaran yang dilakukan melalui media daring dengan berbagai bentuk.

Media daring yang disebutkan di atas ada banyaknya macamnya. Setiap media yang dijadikan sarana pemasaran mempunyai keunikan masing-masing dan membutuhkan strategi sendiri dalam penggunaannya.

Oleh karena itu Anda perlu belajar digital marketing, baik secara trial and error sendiri, mengikuti tutorial dari internet, dan ikut kursus online dari jasa digital marketing.

Modul Digital Marketing

Modul adalah sebuah panduan. Biasanya berbentuk buku cetak. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, di mana belajar digital marketing dapat dilakukan pula secara online, modul dapat berupa tulisan elektronik.

Anda dapat menemukannya dalam apa yang disebut e-book atau  dalam video slide singkat. Umumnya memang modeul tidak menjelaskan secara detil pelajaran yang diberikan.    Panduan hanya menuliskan garis besar atau langkah singkat.

Modul belajar digital marketing, seperti yang dicontohkan Kletikan, umumnya berisi tentang:

Yang termasuk dalam customer engagment, antara lain website marketing, email marketing, dan social marketing.

Customer engagment ini bertujuan untuk:

Attention atau Awareness, dalam bahasa Indonesia berarti mendapatkan perhatian dari konsumen. Konten di media sosial tidak langsung menjual atau yang disebut hard selling. Yang penting, konten menarik sehingga konsumen mau membuka isinya secara keseluruhan. Jika konsumen mendapatkan iklan di Youtube, mereka tidak akan mengklik kata “lewati iklan”.

Jika sudah menarik perhatian, suatu konsumen akan mengingatnya. Ketika membutuhkan produk, mereka tahu ke mana harus pergi.

Action, merupakan harapan teakhir dari engage konsumen. Jika sudah suka, apa saja yang dijual konsumen akan membeli.

Interest, menarik yang dimakud bertujuan seperti sudah dijelaskan pada poin attention. Artikel yang menarik, misalnya mempunyai judul yang unik. Selain itu, judul mungkin mengandung kata kunci yang sering dicari orang di internet.

Desire, terbentuk jika Anda sudah mendapatkan perhatian konsumen dan menariknya. Dengan cara ini, mereka akan selalu mencari Anda karena kesukaan.

Misalnya, tulisan yang menarik dan berkualitas. Konsumen akan kembali ke website yang sama untuk mencari artikel lain yang juga bermanfaat.

3. Prinsip untuk Membangun Social Media Marketing

Dalam modul pembelajaran digital marketing dari Kletikan, juga dijelaskan mengenai prinsip dalam membangun media sosial, lengkap dengan contoh.

Medis sosial yang dimaksud, dapat berupa WhatsApp, Facebook, Instagram, Youtube, dan Twitter.

Mengapa media sosial, bukan email marketing atau lainnya? Pada dasarnya jika belajar digital marketing dari Kletikan, Anda akan mempelajari semuanya atau fokus di satu titik yang Anda inginkan.

Media sosial merupakan platform yang paling populer dan kebanyakan orang mencarinya. Marketing melalui media sosial juga cendering lebih mudah dipelajari dengan mempertimbangkan prinsi-prinsip di bawah ini.

  • Share atau bagi biasanya menjadi fitur yang ada di media sosial. Dari ponsel pintar, Anda dapat mengakses dan membagikan semua yang di medis ini. Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin.

    Fitur share ini memungkinkan Anda membagi satu konten dari satu media ke media lain. Anda dapat dengan mudah menyebarluaskannya, teramsuk website. Tulisan di wesbite juga dapat dibagikan melalui berbagai media yang dimiliki agar lebih dikenal dan banyak orang berkunjung ke sana.
  • Publish konten secara berkala dan respons dengan cepat, menjadi prinsip yang penting dalam media sosial. Konsumen sebagian besar bukan orang yang sabar menunggu.

    Jika mereka tertarik dengan sesuatu dan bertanya dalam kolom komentar dan dijawab dengan lambat. Hampir dapat dipastikan mereka akan berpindah ke tempat lain. Begitu pula dengan website yang tidak mobile friendly.

    Publish konten tidak perlu sering, misalnya satu jam sekali. Yang penting, Anda melakukannya secara teratur di waktu yang tepat.
  • Edukasi dan bukan menjual menjadi prinsip selanjutnya yang harus diperhatikan.

    Konsumen tidak suka dengan konten yang hanya berisi karena menurut mereka tidak bermanfaat.

    Contoh konten edukasi bagi Anda yang berjualan fashion wanita: cara memilih pakaian yang sesuai bentuk tubuh, cara memilih hijab sesuai warna kulit, dan sebagainya
  • Konten menghibur juga dapat dijadikan panduan selanjutnya. Ini akan membuat konsumen tertarik dan mau membacanya. Apalagi jika Anda tidak mengunci kolom komentar dan membalas setiap komen dengan cepat dan ramah. Dapat dipastikan bahwa mereka akan lebih suka.
  • Bangun di berbagai media sekaligus dengan berproses. Berproses maksudnya tidak sekaligus jika Anda belum memulainya sama sekali.

    Media sosial yang difokuskan misalnya website. Nah, secara berproses media sosial lain yang Anda miliki dapat mendukung fokus pada website, seperti menyebarkan link atau memberi bocoran isinya.
  • Konten berbentuk foto dan video lebih menarik daripada kata-kata yang panjang lebih dari 300. Ini dikarenakan karakter orang Indonesia kebanyakan tidak suka dengan bacaan yang terlalu panjang. Apalagi bacaan yang monoton.

    Video dan foto dapat membuat orang lebih tertarik dengan status tulisan yang dibuat karena mereka ingin tahu apa yang ada di balik foto atau video.

BELAJAR TEHNIK DIGITAL MARKETING SECARA LENGKAP DISAAT PANDEMI 

KLIK DI

 https://pesan.link/E-Class

Konsep Digital Marketing

Memang di zaman yang serba instan dan cepat, di mana ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala, sudah saatnya Anda menggunakan cara pemasaran baru. Conventional marketing dengan menyebarkan brosur, beriklan di surat kabar dan majalah, dan mendirikan spanduk di tempat tertentu masih diperlukan tetapi tidak utama. Ada cara yang lebih baik dengan jangkauan pasar lebih luas, yaitu digital marketing.

Di sini Anda tidak memerlukan agen untuk pemasaran. Jika sudah tahu konsepnya, Anda mungkin saja melakukannya sendiri atau sebelumnya belajar di Kletikan. Sebuah perusahaan jasa digital marketing sekaligus tempat Anda belajar digital marketing secara online

Strategi Digital Marketing

Strategi, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah sebuah rebcana dan langlah yang cermat untuk dilaksanakan mengenai suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu.

Dahulu strategi berkaitan erat dengan perang, artinya mengatur cara bagaimana perang dapat dimenangkan. Namun, kini strategi diterapkan dalam berbagai hal, termasuk digital marketing.

Strategi digital marketing adalah sebuah rencana mulai dari langkah pertama digital marketing hingga terakhir untuk mencapai tujuan kenaikan omzet.

Jika Anda belajar digital marketing di Kletikan, strategi ini dipelajari dengan detil. Beberapa strategi yang diterapkan, yaitu:

Table of Contents

Strategi atau Tehnik SEO. misalnya dengan mencari tern kata kunci di Google Trends, membuat Yoast di website, membuat tagar pada Instagram, dan sebagainya.

Strategi Content Marketing, sudah dijelaskan sedikit di atas bahwa konten yang baik menarik, mengedukasi, dan tidak terlalu panjang. Konten sebaiknya tidak menjual seperti hard selling.

Konten tidak perlu dibuat sering, yang penting teratur dan tepat sasaran.

Strategi Pemasaran di Social Media, harus diketahui pula karena setiap media sosial mempunyai sifat dan aturan yang berbeda. Selain itu, Anda juga harus tahu jika ada fitur atau aturan baru di suatu media sosial.

Misalnya, status Anda di facebook akan berada di atas orang-orang yang jumlah pertemanannya memang sedikit atau ornag-orang yang memang sering berinteraksi dengan Anda. Jika status tidak populer maka akan cepat hilang. Fitur “Cerita Anda” akan bertahan selama 24 jam untuk dilihat publik dan teman sesuai setting facebook yang dimiliki.

Strategi Menggunakan Pay Per Click, biasanya terdapat pada ecommerce. Strategi ini berbayar untuk menempatkan produk Anda di halaman depan pencarian. Setiap orang yang membuka produk dan halaman Anda akan terdeteksi dan dana deposit akan berkurang sejumlah tertentu

Strategi dengan Affiliate Marketing, bekerja sama dengan pihak atau produk lain dalam marketing. Biasanya dilakukan pada produk yang saling berkait.

Strategi Email Marketing, menyebarkan email yang berisi informasi produk secara berkala pada konsumen yang sudah tersimpan databesenya.

Strategi dengan Mneggunakan Google Bisnisku, salah satu aplikasi terbaru dari Google yang memungkinkan Anda mendaftar. Jika sudah terdaftar, bisnis Anda akan muncul di Googe Maps lengkap dengan kategori dan petunjuk arah.

Strategi yang dijelaskan di atas sekaligus menunjukkan contoh digital marketing dan medianya yang dapat Anda gunakan. Tentu saja, selain hal di atas ada strategi dan contoh lain, seperti iklan televisi dan radio, billboard elektronik, dan lain-lain.

Jika Anda ingin tahu secara lengkap semua strategi dan contoh, paling mudah belajar digital marketing saja melalui Kletikan. Investasi dana di sini pasti tidak akan disesali. Hasilnya siginifikan, bahkan sangat menguntungkan dibandingkan dengan investasi yang dibayarkan.

Jasa Digital Marketing

Pengertian digital marketing pasti sudah Anda ketahui. Di beberapa bagian artikel ini, Anda bahkan sudah mengenal konsep dan sedikit strateginya. Tentunya dengan catatan, bahwa jika Anda ingin belajar lebih lengkap dan mudah, Kletikan akan membantu.

Selain sebagai tempat belajar digital marketing, Kletikan juga merupakan jasa digital marketing. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang dapat membantu Anda memasarkan produk secara online.

Jasa yang diberikan oleh Kletikan, dikelompokkan menjadi tiga, yaitu konsultasi, belajar, dan pembicara digital marketing. Layanan yang jika dirinci menjadi:

  • Pembuatan dan Pengelolaan Website
  • Pembuatan dan Pengelolaan Konten
  • Pembuatan dan Pengelolaan Social Media
  • Jass SEO
  • Maintenance Website
  • Lain-Lain

Pastinya, perusahaan ini dimiliki oleh orang terpercaya. Anda dapat membuka profilenya di kletikan.com. Di sana lengkap ada testimoni konsumen dan portofolio perusahaan yang sudah menggunakan Kletikan untuk bekerjasama dalam tim pemasaran.

Materi Belajar Digital Marketing

Masih bingung untuk belajar digital marketing? Anda hanya perlu membuka dan memepelajari kletikan.com lebih cermat. Dari artikel yang ada, halaman depan, galeri foto, dan testimoni akan terlihat apa saja yang dapat dipelajari dari Kletikan.

Yang sudah diuliskan di atas baru sebagian kecil saja.

Jika Anda masih kesulitan menentukan piliha, silakan berkonsultasi di nomor yang tersedia pada website. Tim berpengalaman dari kletikan akan fast respons dalam menjawab berbagai kebutuhan Anda.

Jadi, jangan lupa untuk semua jenis pelayanan belajar digital marketing dan jasanya, Klatikan saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *