Belajar Digital Marketing, Apakah Perlu dan Bagaimana Caranya?

Sekarang ini banyak orang, terutama generasi muda, mencari cara untuk belajar digital marketing.  Tahukah Anda apa yang dimaksud digital marketing?

Sekitar 90 persen dari semua peran marketing membutuhkan kemampuan analitik dan pengalaman digital marketing.

Tidak diragukan lagi, digital marketing jadi keharusan untuk meningkatkan karir. Tapi digital marketing adalah sebuah bidang yang luas, mulai dari desain grafik hingga pengembangan web dan pembuatan konten.

Komponen dalam digital marketing

Photo credit: Google

Berikut ini komponen utama dalam digital marketing:

Search Engine Optimization (SEO)

Photo credit: Google

SEO merupakan pengetahuan dasar yang perlu dimiliki oleh online marketer. Ini merupakan teknik untuk memperoleh traffic dari hasil pencarian organik pada mesin pencari seperti Bing dan Google.

Search Engine Marketing (SEM)

Pay Per Click (PPC) bila dilakukan dengan benar bisa membuat pertumbuhan besar dalam bisnis Anda.

Social Media Marketing (SMM)

Photo credit: Google

Social Media sangat penting sekarang ini. Ketika bicara tentang inbound marketing Anda tidak hanya harus menulis tweet dan update status tapi juga membangun audiens, memahami apa yang mereka suka, mendekati mereka, dan banyak lagi. Platform media sosial bisa jadi alat yang sangat bermanfaat.

Content Marketing

Photo credit: Google

Tujuan dari marketing konten adalah untuk menarik perhatian audiens yang semoga bisa menjadi pelanggan. Fokusnya pada memberikan nilai untuk audiens Anda.

Email Marketing

Ini merupakan penghasil pendapatan terbesar dari kebanyakan bisnis. Orang akan berlangganan email brand Anda untuk mengetahui update dan diskon. Bila pelanggan menemukan yang menarik, meraka akan klik dan akan membeli dari website Anda.

Bagaimana cara belajar digital marketing?

Photo credit: Google

Pertanyaan paling jelas ketika Anda berpikir tentang digital marketing untuk pemula adalah darimana memulainya?

Ada dua cara untuk belajar digital marketing, bergantung kebutuhan dan sumber yang tersedia, Anda bisa memilih belajar sendiri atau belajar dari ahli digital marketing.

Belajar sendiri tentang digital marketing

Bila Anda memutuskan untuk belajar digital marketing seorang diri, berikut ini caranya:

Blog digital marketing

Photo credit: Google

Digital marketing selalu berubah dan Anda perlu follow blog digital marketing. Beberapa blog punya informasi yang bisa meningkatkan kemampuan marketing Anda.

Video

Setelah buku digital marketing, video jadi cara terbaik kedua untuk belajar digital marketing. Ketika Anda belajar digital marketing, penting untuk memahami industri digital marketing dan dengan video proses belajar bisa jadi lebih mudah.

Podcasts tentang  digital marketing

Photo credit: Google

Bila Anda suka belajar sambil olahraga atau bepergian, podcasts jadi cara terbaik untuk belajar. Podcast akan membantu Anda mengembangkan skill digital marketing Anda.

Slideshow dan infografik tentang digital marketing

Anda merasa lebih mudah belajar melalui presentasi visual? Slide dan infografik tentang digital marketing jadi cara bagus lainnya untuk belajar digital marketing.

Buku digital marketing

Photo credit: Google

Buku jadi cara tepat untuk belajar digital marketing. Membaca buku terbaik tentang digital marketing akan meningkatkan pengetahuan agar Anda bisa berhasil dalam bidang ini.

Kursus gratis digital marketing

Ada banyak kursus online dimana Anda bisa belajar tentang digital marketing secara gratis.  Kursus ini akan membangun skill digital marketing Anda.

Belajar digital marketing dari para ahli

Photo credit: Google

Awalnya, belajar sendiri mungkin membuat Anda tertarik. Kenapa tidak? Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan bisa fleksibel dalam belajar.

Tapi bicara tentang tujuan, Anda perlu tahu kenapa Anda perlu belajar digital marketing. Misalnya Anda ingin punya karir sebagai manager digital marketing. Maka Anda harus belajar dari ahli dalam digital marketing.

Bila Anda belajar digital marketing karena pertimbangan karir, maka Anda harus masuk ke institut digital marketing dan mendapat panduan dari ahli.

Baik belajar digital marketing sendiri atau dari ahli, keduanya baik tapi Anda perlu sesuaikan dengan tujuan Anda.

Bila Anda belajar sendiri Anda tidak perlu keluar banyak uang tapi :

  • Anda harus siapkan banyak waktu dalam menemukan informasi terbaik untuk Anda
  • Karena Anda pemula dengan pengetahuan minim atau tidak ada sama sekali tentang digital marketing, akan sulit untuk menilai dari mana mulai belajar agar sesuai dengan tujuan Anda.

Bila Anda belajar dari ahli, Anda harus sediakan sejumlah uang tapi:

  • Anda dapatkan panduan yang jelas dan terstruktur
  • Dengan panduan dari ahli, Anda punya dasar yang kuat karena ahli akan memandu tiap langkah Anda.

Ingin belajar digital marketing? Sebelum mulai  menentukan pilihan, berikut ini skill digital marketing yang perlu Anda miliki:

Keterbukaan untuk belajar

Karena industri digital marketing adalah area yang kompetitif dan cepat pertumbuhannya, mudah bagi pihak bisnis membedakan antara kandidat yang ingin belajar dan yang ingin keluar dari zona nyaman. Anda perlu punya keinginan untuk sukses bila Anda ingin terjun sebagai digital marketer.

Selalu update

Photo credit: Google

Anda harus tahu banyak berita dengan mem-follow orang yang berpengaruh di media sosial dan situs digital marketing.

Perusahaan besar seperti Facebook, Google, dan Twitter secara teratur mengubah algoritma dan platform iklan berbayar. Jadi bila Anda tidak tahu perubahan terbaru, Anda akan kehilangan kesempatan.

Baca artikel lainnya tentang masalah dalam digital marketing yang dapat merusak website Anda.

Networking

Anda perlu mengenal orang yang akan memberi dukungan ketika Anda mengalami masalah dan membantu Anda. Anda bisa ikuti pertemuan industri dan konferensi di area Anda untuk menjalin relasi dengan digital marketer lain.

Mengenal jargon digital marketing

Digital marketer harus tahu akronim sperti SEO, SEM, PPC dan banyak lagi. Ada istilah dengan pemahaman berbeda akan jadi tanda jelas kalau Anda punya skill pemula dan perlu latihan lebih lanjut.

Personal branding itu penting

Photo credit: Google

Jadikan platform media sosial sebagai teman terbaik Anda. Coba bangun personal brand Anda.

Jadi teknisi

Digital marketing berarti Anda harus jadi pencinta data dan hal teknis. Anda bukan menciptakan website dari awal tapi Anda akan berkomunikasi dengan orang lain tentang dasar digital marketing.

Karenanya pengetahuan dasar tentang HTML dan desain akan membantu Anda punya pegangan tentang bagaimana melakukan digital marketing.

Sertifikasi

Photo credit: Google

Tidak diragukan lagi, punya sertifikasi kursus digital marketing akan membantu Anda tidak hanya untuk menjadi digital marketer tapi mendapat pekerjaan digital marketing yang baik.

Tinggalkan komentar