Belajar Internet Marketing, Darimana Memulainya?

Internet marketing menjadi bagian penting dari hampir semua model bisnis. Baik ketika Anda menjalankan bisnis sendiri dan merasa perlu belajar strategi internet marketing atau ketika Anda  ingin menapaki karir di bidang marketing, ada sejumlah cara untuk mengumpulkan skill yang dibutuhkan untuk menjadi profesional dalam internet marketing.

Berselancar di internet

Photo credit: Google

Bila Anda tidak punya banyak pengalaman dengan internet dan ingin lebih paham Belajar Internet Marketing, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah terbiasa dengan promosi online, seperti banner iklan di halaman website, online shop, serta marketplace.

Bila Anda tidak punya kemampuan dasar komputer dan skill internet yang dibutuhkan untuk membeli, menjual, dan menavigasi internet, maka Anda perlu mengikuti kelas yang menawarkan kemampuan ini. Biasanya ada pilihan kelas dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Daftar akun media sosial

Photo credit: Google

Cara terbaik untuk memahami media sosial adalah dengan menyelaminya. Anda bisa sign up akun gratis di Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Google Plus, dan banyak lagi.

Meraih gelar di bidang marketing dengan fokus pada online atau internet marketing

Photo credit: Google

Bila Anda baru lulus sekolah menengah dan tertarik dalam bisnis dan marketing, maka ini jadi cara paling tepat untuk Anda. Anda bisa ikuti program riset marketing yang fokus pada internet marketing dan belajar dasarnya satu persatu.

Setelah lulus, Anda akan siap untuk terjun di pekerjaan di entry level pada perusahaan marketing. Anda bisa juga gunakan pengetahuan yang Anda punya untuk memasarkan produk atau ide sendiri.

Belajar Internet Marketing dengan Mengikuti kelas internet marketing, bila Anda tidak familiar dengan dasar bisnis marketing dan promosi online

Photo credit: Google

Bila Anda tidak tahu bagaimana membuat akun, mengatur website, menggunakan layanan Google atau bekerjasama dengan perancang grafik atau web, ini bisa jadi cara terbaik untuk belajar.

Banyak perusahaan menyediakan layanan internet marketing ini. Anda bisa sign up atau mengikuti kelas secara langsung agar bisa mendapat pelajaran yang interaktif.

Memahami dasar internet marketing

Berikut ini yang perlu Anda pahami tentang internet marketing:

Pelajari analisa internet, bila Anda ingin belajar internet marketing secara gratis

Photo credit: Google

Untuk orang yang tahu dasar media sosial, search engine optimization (SEO), serta Google news, maka Anda mungkin bisa belajar internet marketing sendiri. Bagian besar dari marketing adalah memahami kompetitor, data, dan analisa pasar.

  • Tentukan market Anda. ini seharusnya sudah jelas sejak pertama Anda memilih layanan atau item untuk dipasarkan. Tapi Anda perlu meriset porsi mana yang online dan mana yang dilakukan melalui penjualan secara langsung atau lewat telepon.
  • Tentukan siapa kompetitor online utama Anda. Cari tahu bagaimana mereka bekerja, bagaimana mereka memasarkan produk dan seberapa besar keuntungan yang menurut Anda mereka dapat.

Anda perlu mendaftar newsletter, meriset press release mereka dan menentukan kekuatan dan kelemahan tiap kompetitor online. Anda mungkin perlu membeli sesuatu dari mereka agar memahami bagaimana mereka menyelesaikan proses penjualan.

Tentukan juga siapa pelanggan Anda. Untuk tiap produk, Anda perlu bisa melihat siapa yang akan membeli produk tersebut. Setelah Anda menentukan demografi, Anda bisa menentukan dimana mereka menghabiskan waktu di internet.

Terjemahkan data yang telah Anda kumpulkan

Photo credit: Google

Buat laporan menggunakan Google analytics, software atau spreadsheet yang menunjukkan market, kompetisi, dan data pelanggan.

Anda bisa temukan program software yang bisa membantu Anda membuat laporan atau chart untuk menunjukkan dimana pelanggan ideal berbelanja dan siapa kompetitor utama Anda.

Ini terutama penting bila Anda punya atasan yang harus Anda beri laporan tentang internet marketing. Meski Anda bisa mengubah data menjadi strategi dengan mudah, laporan dan grafik penting untuk mengkomunikasikan data ke orang yang mengontrol anggaran. Luangkan waktu membuat laporan komprehensif dan mungkin membuat presentasi power point berdasarkan riset Anda.

Mengembangkan strategi

Photo credit: Google

Gunakan riset dan kesimpulan dari laporan untuk mengembangkan strategi yang sukses untuk menjangkau target demografi. Mulai dengan menggunakan metode yang berhasil untuk kompetitor Anda, lalu cari pendekatan yang lebih inovatif.

Baca Juga Artikel Tentang Praktisi  Digital Marketing

Strategi Anda akan membutuhkan anggaran untuk menyewa jasa penulis untuk membuat artikel SEO, desain grafik untuk membuat iklan, dan perancang web untuk mengupdate atau menciptakan website. Anda juga membutuhkan orang untuk mengupdate akun bisnis media sosial setiap hari.

Ciptakan kampanye marketing online dan monitor dengan baik

Photo credit: Google

Pastikan situs Anda menggunakan analytics atau menggunakan Google Analytics agar Anda tahu metode mana yang berhasil dan mana yang tidak. Ini sering jadi aturan yang terlupa di internet marketing, tapi ini jadi cara untuk melihat return on investment (ROI) Anda.

Internet marketing hampir selalu menyertakan banyak kampanye sekaligus, yang kenapa sangat penting untuk dimonitor. Website bisa melakukan pemasaran melalui email blast, video YouTube, akun media sosial, web banner, marketing afiliasi, SEO, blog dan banyak lagi.

Pahami kalau mesin pencarian adalah kunci untuk kebanyakan online marketing. Bisnis mencari cara untuk memastikan situs dan produk terdaftar di halaman pertama Google, Yahoo atau Bing. Cara utama melakukan ini adalah SEO, meta tag, press release, konten media sosial, video, dan membayar iklan untuk ditempatkan di atas atau samping hasil pencarian.

Memahami kalau internet marketing selalu berubah

Photo credit: Google

Sign up newsletter atau blog yang membuat Anda tahu tentang saluran media sosial terbaru, artikel marketing, dan perusahaan yang inovatif. Ikuti kelas marketing dan programming, bila menganggap ini bisa meningkatkan pengetahuan internet marketing Anda.

Di Jogja Digital Clinic Anda bisa mendapatkan Coaching Optimasi Digital Marketing. Tim Anda akan memiliki insight dan daya juang yang lebih serta ilmu yang lengkap untuk meningkatkan bisnis yang Anda jalankan.

Jogja Digital Clinic bisa  menjadi Partner Digital Marketing yang akan membantu mengoptimasi digital marketing bisnis Anda. Jogja Digital Clinic yang didirikan oleh Bapak Edi budiyanto, seorang praktisi digital marketing, sudah memiliki pengalaman digital marketing lebih dari 5 tahun.

Butuh Jasa Digital Marketing??

Bingung Mencari Jasa Digital Marketing yang tepat untuk mengembangkan Bisnis Anda??
Jangan Khawatir, Langsung hubungi Admin Kami
Klik Icon Whatsapp Di Bawah Ini​

★★★★★

Tinggalkan komentar