Mau Belajar Marketing Online

belajar digital marketing

Dunia secara menyeluruh sekarang tidak dapat lagi diukur dengan waktu dan jarak tempuh. Berita dari satu tenpat ke tempat lain seger sampai hanya dalam hitungan detik. Apa saja dapat dilakukan hanya dengan memegang ponsel pintar atau gadget. Transfer, belanja, bayar listrik, dan lain-lain. Oleh karena itu, apapun profesi yang dijalankan belajar marketing online sangat penting.

Pengertian Belajar Marketing Online

Apa yang dimaksud belajar marketing online?

Pada pertanyaan di atas, kamu mengenal 3 kata yang digabungkan; belajar, marketing, dan online. Belajar merupakan kegiatan atau aktivitas untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Orang yang belajar awalnya tidak tahu menjadi tahu apa yang dipelajarinya.

Marketing, secara umum diartikan sebagai cara memasarkan produk, baik berupa barang atau jasa. Namun, beberapa orang juga mengartikan marketing sebagai cara memperkenalkan sesuatu agar lebih familiar atau memasyarakat atau istilahnya branding.

Saat ini, marketing terbagi menjadi dua. Ada marketing tradisional dan marketing online.

Marketing tradisional merupakan cara memasarkan produk yang telah lama dikenal masyarakat dan biasanya secara manual. Contoh marketing ini, antara lain menyebarkan brosur, membuat spanduk, iklan di media massa, dan iklan di televisi.

Sementara marketing online, sesuai dengan kata terakhir online yang berarti melalui internet berarti memasarkan produk secara online atau internet atau daring. Anda tidak perlu datang ke biro iklan, apalagi menyebarkan brosur.

Siapa saja dapat melakukan marketing secara online, yang penting mempunyai gadget atau gawai dan pulsa internet. Medianya dapat bermacam-macam, seperti website atau media sosial.

Anda akan banyak belajar marketing online dari Kletikan melalui artikel kali ini.

Cara Belajar Marketing Online

Di atas secara singkat dijelaskan. Bagaimana cara belajar dan di mana Anda dapat belajar marketing online?

Belajar hal ini dapat dikelompokkan menjadi tiga, seperti berikut.

  1. Belajar Sendiri secara Autodidak

Belajar mandiri secara autodidak biasanya berupa trial and error.

Misalnya, menggunakan facebook sebagai sarana marketing. Anda yang belajar secara autodidak dapat mencoba posting sesuatu setiap sesuai tujuan.

Pada tahapan branding, Anda memposting foto, status, video secara bergantian setiap hari atau beberapa kali sehari.

Dari sini, Anda mencatat postingan yang paling banyak mendapat like dan komentar, waktu, dan jenisnya. Setelah beberapa lama, dapat diketahui cara yang paling efektif untuk membranding diri melalui facebook.  Begitu pula dengan media lain.

Cara ini memang tidak meemerlukan dana sama sekali. Apalagi untuk Anda yang mempunyai waktu luang.

Namun, waktu yang dibutuhkan cukup lama. Untuk usaha dan bisnis yang di depan mana ini tidak memungkinkan. Berapa lama Anda harus menunggu kenaikan omzet jika pola marketing masih dalam tahap coba-coba?

  1. Belajar Sendiri Melalui Informas yang Ada di Internet

Di internet, dengan searching Google anda dapat menemukan cara marketing online dari berbagai  website dan Youtube secara gratis.

Cara ini jauh lebih efektif dibandingkan yang pertama. Namun beberapa website dan situs yang menampilkan cara pembelajaran tidak menjelaskan intinya secara lengkap. Anda juga tidak dapat bertanya jika mengalami kesulitan.

Pada akhirnya, beberapa bagian tetap dilakukan secara trial and error pula.

  1. Belajar Melalui Jasa Digital Marketing

Jasa digital marketing adalah sebuah usaha atau bisnis dengan produk jasa yang melayani jasa digital marketing. Jasa yang dilayani biasanya seputar seluruh strageti digital marketing atau marketing online.

Misalnya, jika Anda ingin menggunakan website untuk memasarkan produk. Jasa digital marketing dapat membuatkan, mengisi, mengelola, dan maintenance lain.

Nah, selain jasa yang diungkapkan di atas, usaha ini juga membuka kelas belajar marketing secara online. Di sini pas sekalii bagi Anda yang ingin mempelajari segala sesuatu tentang pesantren online dan ingin membuka usaha jasa marketing daring.

Kletikan merupakan jasa digital marketing online dan tempat untuk belajar yang terbaik dan terpercaya. Anda tidak perlu khawatir, jasa belajar dan digital merketing tidak perlu diperoleh dengan datang langsung. Apalagi Kletikan berkantor di Sleman, Yogyakarta.

Anda hanya perlu membuka websitenya.

Secara terperinci, Kletika memberikan layanan:

  • Personal Branding

Layanan ini membuat orang lain yang mengenal Anda melalui internet atau dunia maya sesuai keinginan.

Misalnya, Anda ingin dikenal sebagai penulis atau ghost writer, penggiat komunitas, penjual gamis muslimah online, pembuat kue, dan sebagainya. Dengan demikian, suatu saat teman yang membutuhkan akan ingat Anda.

  • Pembicara Internet Marketing

Bagian ini memberikan layanan intrenet marketing berbagai bidang, mulai dari pembuatan website, meningkatkan omzet melalui social media, hingga belajar online. Semuanya tersedia lengkap.

Anda yang ingin berjejaring pemasaran melalui website dapat membuatnya di sini, mengelola dan mengisi konten dengan belajar pada Kletikan, maintenance website, dan lain-lain.

Anda tidak akan kecewa bekerjasama dengan kami.

  • Konsultasi Digital Marketing

Masing bingung untuk memulai digital marketing dan ingin memilih platform yang tepat> Konsultasilah pada yang ahli!

Kletikan memberi konsultasi secara gratis. Dengan jujur mengenai berbagai info tentang usaha yang dimiliki, Anda akan dari mana memulai internet marketinfg. Dipilihkan pula platform yang paling tepat untuk usaha yang dimiliki sesuai dengan kemampuan atau apa yang sudah ada.

Jika Anda pada dasarnya sudah mempunyai akun facebook dan pertemanan lebih dari 2000, internet martekting melaui media sosial ini akan lebih mudah dan disarankan.

Anda tidak akan rugi untuk memulai karena konsultasi saja tidak memerlukan biaya.

Tidak perlu ragu karena Kletikan terpercaya. Jasa ini dimliki oleh Edi Budiyanto yang telah membuktikan manfaat digital marketing sejak tahun 2008 dan berhasil menyusun formulanya. Anda dapat mencari nama beliau di Google dan akan terbaca kebenarannya.

Formula atau semua yang diberikan dan diajarkan oleh Kletikan sudah dibuktikan. Anda tidak perlu ragu dalam berpartner, hasilnya akan memuaskan melalui proses yang tidak lama.

Bandingkan jika Anda mempelajari sendiri dan mempraktekannya secara trial and error!

Tips Belajar Digital Marketing Online

Bagaimana jika Anda ingin belajar marketig online secara mandiri? Bisa saja! Sudah disebutka di atas bahwa di internet banyak panduannya.

Yang terpenting, Anda harus bersabar karena prosesnya akan panjang. Ada banyak daftar matero digital online yang harus dipelajari.

Kletikan memberi tips belajar digital marketing online sebagai berikut.

  1. Riset Produk

Anda dapat melakukan riset produk dengan cara dua hal.

Yang pertama, secara manual. Anda dapat mencoba posting produk melalui social media dan lihat berapa orang yang menyukainya. Ini dapat dilakukan jika Anda mempunya pertemanan di facebook lebih dari 2.000 atau follower Instagram lebih dari 1.000.

Kedua, Anda dapat melakukan riset produk melalui Google Trends. Tentu saja dengan terlebih dahulu dengan membuka platform tersebut dan mendaftarkan akun email. Cara penggunaannya ada di internet.

Secara sederhana, setelah membukanGoogle Trends Anda dapat memasukkan kata kunci ke dalamnya dan tekan enter.

Misalnya, baju gamis anak. Produk bagus dan layak untuk dijual jika setelah kata kunci diketik muncul grafik pencarian yang menaik.

Di Google Trends Anda dapat juga membandingkan dua produk dengan dua kata kunci yang berbeda dan mirip. Bahkan, Anda dapat membandingkan 3 sampai 4 produk sekaligus. Dalam grafik akan ada garis yang menunjukka beberapa produk.

Seandainya di Google Trends, grafik menunjukkan pencarian menurun, sebaiknya coba produk baru.

Bagaimana jika sudah terlanjur mempunyai produk sedangkan trennya tidak bagus? Anda harus memperbanyak branding dengan mempromosikan keunikannya.

  1. Riset Persaingan

Riset persaingan sebenarnya juga dapat dilakukan dengan Goggle Trends yang membandingkan beberapa produk.

Cara lain adalah melalui market place. Umumnya di market place, Anda akan menemukan banyak produk sejenis dengan mengetikkan kata kunci di daftar pencarian.

Anda akan melihat penjual mana yang paling banyak diminati konsumen di sana dan apa kelebihannya.

Jika Anda adalah reseller, di market place persaingan lebih mudah dilihat. Beberapa reseller akan terlihat banting harga untuki mengejar target penjualan.

Namun, harga tidak selalu menjadi pertimbangan utama pembeli. Mereka juga akan meilhat pelayanan dan variasi produk di toko. Konsumen akan lebih senang membeli bebarapa barang pelengkap di satu toko dariada membeli di beberapa toko berbeda. Pengiriman juga lebih praktis.

  1. Membangun Database Konsumen

Sebaiknya anda mempunyai catatan semua konsumen yang sudah membeli produk, mulai dari nama, alamat, nomor WA, email, dan sebagainya. Hal ini disebut sebagai membangun database konsumen.

Database konsumen akan membuat Anda lebih mudah dalam melakukan penawaran dan mencari tahu apa yang mereka butuhkan.

Terkadang mungkin seroang konsumen tidak merasa membutuhkan sesuatu. Namun, ketika melihat produk barang atau jasa, mereka merasa pas dengan apa yang dibutuhkan selama ini.

Membangun koneksi

  1. Memilih Media Intenet Marketing

Secara umum, tidak semua media cocok digunakan sebagai internet marketing bagi Anda. Jadi, kamu harus memilih dengan benar media-media tersebut.

Di bawah ini ada beberapa media yang dapat digunakan, yaitu:

  • Facebook

Platform scial media yang tergolong paling lama. Media ini meski banyak yang sudah meninggalkannya, masih menjadi media favorit. Ini dikarenakan penggunaannya relatif mudah.

Apalagi kini, Mark sebagai pemiliknya sudah menambah banyak fitur di dalamnya. Meski aturan juga sudah lebih diperketat.

Facebook Ads menjadi salah satu fitur terbaru yang diperkenalkan dan sudah banyak digunakan pebisnis.

  • Youtube

Youtube di Indonesia baru berkembang sekitar 5 tahun terakhir. Ini diakui sebagai media yang juga cukup efektif untuk marketing.

Selain itu, media ini sendiri dapat digunakan sebagai sumber penghasilan tersendiri.

Jika Anda suka membuat video dengan konten bagus, kekinian, dan banyak disukai, Youtube akan memperoleh banyak like dan iklan.

  • SEO

SEO, singkatan dari Search Engine Optimaization. Sebuah cara tertentu agar konten, baik berupa statu, video difacebook, dan lain-lain dapat muncul di halaman pertama ketika seseorang mencarinya di Google.

Di setiap platform, cara membuatnya agar sesuai SEO berebda-beda. Ini harus Anda perlajari apapun palform atau media marketing yang digunakan.

  • Website

Website bukan media sosial. Ini merupakan halaman tersendiri khusus milik Anda yang dapat dibuat di dunia internet.

Website ini sejatinya dapat dikolaborasikan marketingnya dengan media social.

Jika Anda mencari sesuatu di Google dan diarahkan ke alamat atau link tertentu, itulah website.

Usaha yang mempunyai web sendiri akan lebih dipercaya dibandingkan hanya dengan memperkenalkannya lewat faceook atau lainnya.

  • Content

Content atau dalam bahasa Indonesia disebut konten juga bukan sebuah media. Ini merupakan sesuatu yang dapat mengisi media marketing yang dimiliki.

Konten dapat berupa tulisan, foto, dan video. Konten yang bertujuan untuk pemasaran sering disebut sebagai content marketing.

Konten ini juga mesti dipelajaris ecara khusus, berapa kali sehari sebaiknya diposting, kapan waktunya yang tepat, dan bagaimana cara membuatnya. Mengapa? Agar konten tidak menyimpang dari tujuan marketing yang ingin dicapai.

Banyak hal yang harus dipelajari bukan? Anda akan berhasil dengan kerja keras dan kesabaran.

Belajar Strategi Marketing Online

Setelah Anda belajar semua aspek yang dari marketing online, tahap selanjutnya dari belajar marketing online adalah mempelajari strategi.

Di bawah ini beberapa strategi yang dapat Anda lakukan dalam marketing online.

  1. SEO, sebuah strategi yang udah dibahas sepintas di bagian atas. Strategi SEO dapat dimulai dengan mengetahui cara penulisan artikel dengan kw dan kw turunan, di website ada yang disbeut konten sesuai Yoast, dan lain-lain.
  2. Content Marketing, ini juga sudah dibicarakan sedikit sebelumnya. Anda harus memepelajari apa saja yang termasuk strategi content marketing; bagaimana menemukan kata kunci yang tepat, bagaiamana memasukkan dalam konten, dan membuat agar website diperhitungkan dalam peringkat Google.
  3. Social Media Marketing, meliputi mencari follower sebanyak mungkin sesuai target, kapan media social tertentu paling banyak dilihat pemirsanya, postingan apa yang paling disukai, dan sebagainya.
  4. Pay Per Click, umunya digunakan oleh market place. Pay Per Click atau yang disingkat PPC, berarti iklan yang berbayar sesuai jumlah orang yang membukanya.

Misalnya, jika Anda mendaftarkan produk pada PPC sebuah marketplace. Ketika orang lain mengklik kata kunci pada daftar pencarian yang sesuai, maka produk Anda ada dalam halaman pertama. Setiap orang yang kemudian membuka produk Anda meski belum tentu membeli, dihitung pembayaran yang Anda lakukan.

PPC dibayar dimuka. Jika Anda mendepositkan uang sejumlah seratus ribu rupiah dan harga PPc adalah seribu rupiah, maka saldo akan terpotong hingga seribu orang yang membuka produk Anda.

Ini merupakan strategi yang patut dipertimbangkan. Dengan harapan dari seribu orang yang melihat dan membuka produk yang dijual, 25% saja akan membeli. Tentu ini sudah cukup menguntungkan.

  1. Affiliate Marketing, bekerja sama dengan perusahaan lain dalam marketing. Tentu saja kerjasama ini disepakati dengan pembayaran tertentu.

Di media Youtube dan Instagram, Anda mengenal endorse sebagai bagian affliate marketing.

  1. Email Marketing, sesuai dengan namanya merupakan strategi pemasaran melalui email.

Mirip dengan PPC, sebuah bisnis biasanya mengirimkan email ke banyak alamat dan berharap ssekian persen mendapat respons positif.

Meski banyak yang meragukannya, cara ini masih dianggap bagus sebagai internet marketing.

  1. Google Bisnisku, merupakan produk Google terbaru. Anda perlu mendaftarkan bisnis seperti halnya membuat akun email dan media sosial. Setelah itu, bisnis dan alamat Anda akan terbuka semua platform Google. Misalnya di Ggole Maps .

Itulah beberapa hal yang dapat dan harus Anda ketahui ketika belajar online marketing. Jangan lupa ya, jika kamu membutuhkan jasa digital merketing untuk melakukannya, pilih Kletikan! Jasa terpercaya dan terbaik yang juga memberikan konsultasi secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *