Cara Membuat Cafe Yang Menarik

Cara Membuat Cafe Yang Menarik , Anda membangun bisnis cafe karena Anda tertarik dengan banyak orang, kopi, kue, roti, dan senang melayani pelanggan. Ini hal yang bagus. Tapi Anda juga membangun bisnis dan bisa mengontrol bisnis jadi hal yang sangat penting. Anda harus pastikan membuat cafe yang menarik.

Anda perlu menentukan target, memenuhi deadline, memenuhi standar, dan menetapkan target untuk Anda dan para staf, punya waktu untuk mengurus pembukuan, bertemu supplier, melakukan wawancara, melatih staf, memastikan mereka mematuhi peraturan, memikirkan marketing, mengecek penjualan, menciptakan produk baru, dan sebagainya.

Ada banyak hal yang perlu dipikirkan. Kebanyakan hal ini menyenangkan. Anda punya kebebasan untuk melakukannya  karena ini memang bisnis  Anda sendiri.

Lalu bagaimana untuk memastikan Anda membuat cafe yang menarik?

Pastikan cafe terlihat segar, baru, dan menarik

Photo credit: Google

Ketika Anda membangun sebuah cafe, Anda perlu pastikan tampilannya selalu segar dan menarik. Produk Anda terlihat bagus dan pelanggan sangat menyukai apa yang Anda lakukan. Tapi untuk berapa lama? Hal yang sama dari hari ke hari bisa terasa membosankan.

Jadi pastikan Anda punya rangkaian produk dan buat sekonsisten mungkin. Orang suka bila tahu apa yang bisa diharapkan dari cafe Anda. Tapi pastikan Anda punya item tertentu yang mungkin bersifat musiman dan ubah sesekali.

Idealnya, Anda perlu punya sesuatu yang baru dan seru setiap minggu. Ketika pelanggan masuk Anda harus bisa tawarkan sesuatu yang segar dan baru untuk mereka.

Anda bisa tawarkan kopi, yang Anda butuhkan adalah tambahan mesin penggiling kopi. Anda bisa siapkan roti di siang hari. Bagaimana dengan minuman yang dibuat oleh barista Anda? Libatkan para staf dan nikmati menu yang berganti-ganti.

Hubungi Cara Meramaikan cafe di sosmed

Ergonomis jadi faktor penting

Photo credit: Google

Pastikan layout dan area untuk membuat kopi cukup leluasa agar barista mudah bergerak dalam melakukan tugasnya dan tidak berebut tempat dengan staf lain.

Pastikan area kerja ini tertata dengan akses yang mudah untuk menjangkau bagian bawah, tempat penyimpanan kopi, dan kulkas tempat menyimpan susu. Ketinggiannya cukup untuk mengakses cangkir, penggiling, aksesoris, dan area penyimpanan atas.

Penataan yang tepat juga disertai penempatan tempat cuci untuk membersihkan dengan mudah dan cepat. Juga tempatkan cash register dekat dengan area kerja barista. Ini agar di jam sibuk barista bisa mendengar pesanan pelanggan dan mulai membuatnya dan ia bisa bekerja dengan efisien.

Staf Anda adalah aset

Photo credit: Google

Ini sangat benar. Tak peduli betapa bagus penawaran Anda, bila staf tidak menyajikannya dengan standar tinggi maka kualitasnya akan menurun. Anda membutuhkan staf yang baik dan berkualitas.

Anda perlu habiskan waktu bersama mereka dan melatih serta mengajarkan mereka. Buat mereka merasa dihargai dan lakukan yang terbaik untuk menjelaskan ke mereka apa yang Anda inginkan.

Kebanyakan waktu Anda kemungkinan dihabiskan bersama staf. Mereka membutuhkan panduan tapi bukan orang yang selalu mengawasi mereka. Merek perlu kebebasan dan tanggung jawab.

Dan Anda perlu mempercayai mereka, ini bisa jadi hal paling sulit. Anda kadang harus biarkan mereka bekerja sendirian dan yakin kalau mereka akan menjaga pelanggan.

Ini mungkin hal paling sulit tapi tentu yang paling penting juga. Cari orang yang sangat peduli tentang pelayanan dan ingin membuat orang lain senang.

Buat sistem

Photo credit: Google

Apa yang terjadi bila Anda tidak di cafe? Apakah cafe masih tetap beroperasi atau akan tutup? Apakah ada petunjuk yang menjelaskan bagaimana melakukan semuanya? Idealnya harus ada.

Tiap hal yang Anda lakukan di cafe harus punya prosedur, mulai dari membuka check list hingga menyajikan kue. Apakah Anda bisa tidak ke cafe selama sehari? Bagaimana untuk satu minggu?

Lakukan ini dengan benar dan Anda bisa menikmati hari libur. Lagi pula, Anda manusia yang butuh waktu untuk menjernihkan pikiran dan kembali segar untuk bekerja.

Pelanggan adalah royalti

Photo credit: Google

Memang seperti itu bukan? Tapi kadang ini bisa sulit. Anda mungkin akan sangat mengapresiasi hal ini tapi kadang staff Anda bisa menganggap pelanggan sebagai “masalah.”

Beberapa pelanggan lebih banyak menuntut dibanding yang lain dan ini seharusnya tidak jadi masalah. Para staf perlu menyadari kalau pelanggan yang membayar gaji mereka, bukan Anda.

Bila team Anda memperlakukan pelanggan sebagai royalti, Anda akan mendapat keuntungan. Orang umumnya memperlakukan Anda seperti Anda memperlakukan mereka.

Jadi selalu pastikan Anda menghargai pelanggan, jangan pernah meremehkan. Ucapkan  terima kasih karena mereka sudah datang ke cafe Anda, karena sebenarnya mereka punya banyak pilihan tempat untuk dikunjungi.

Kenali apa yang Anda punya

Photo credit: Google

Tahukah Anda apakah Anda lebih baik tahun ini dibanding tahun lalu? Kopi mana yang penjualannya paling baik? Kapan waktu sepi di siang hari dan kenapa?

Ada ide tentang seberapa banyak  budget untuk pegawai? Berapa margin keuntungan Anda?

Akan sangat baik bila Anda tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini. Memahami hal ini berarti Anda memahami bisnis lebih baik yang pada gilirannya membuat Anda lebih punya kontrol.

Rotasi antara berbisnis dan libur

Ingat, Anda bukan saja seorang barista. Jadi rencanakan giliran Anda. Dedikasikan waktu untuk mengurus bisnis Anda. Dan nikmati momen tersebut.

Keluarkan uang untuk peralatan penting seperti mesin espresso

 

Photo credit: Google

Memang ini sangat benar. Mengeluarkan uang pada peralatan penting seperti mesin espresso atau mesin penggiling bisa menghemat uang untuk jangka panjang. Bila Anda tidak bisa membelinya, mungkin dengan menyewanya.

Buat aturan penting

Photo credit: Google

Tetapkan aturan seperti:

  • Pelanggan tidak boleh duduk di meja yang kotor
  • Selalu menyambut pelanggan dan mengucapkan terima kasih
  • Memberi pelanggan kesempatan untuk melihat menu dan membuat keputusan
  • Pengalaman pelanggan harus mudah dan rileks.

Promosikan multiple sales

Photo credit: Google

Sebuah kafe tidak bisa menghasilkan uang yang cukup untuk membayar banyak tagihan hanya dari penjualan kopi saja. Kopi mungkin jadi hal utama yang membuat pelanggan datang, tapi Anda harus sediakan produk lain bila Anda ingin sukses.

Sebagai target, kopi harus tidak lebih dari 40 persen penjualan mingguan dan transaksi dua item penjualan per pelanggan sudah tepat.

Jadi pastikan ketersediaan pendamping kopi seperti kue-kue dan pastikan cafe menawarkan minuman dingin dan makanan panas memperoleh multiple sales.

Batasi pilihan yang terlalu beragam

Photo credit: Google

Banyak orang yang baru dalam bisnis cafe mengira pilihan dan produk yang beragam menjadi kunci keuntungan dalam berkompetisi. Mereka lupa kalau pelanggan yang datang hanya lapar atau haus atau keduanya, dan pilihan yang sangat beragam bagi kebanyakan orang menciptakan kebingungan.

Jadi cukup sediakan kategori yang perlu, dengan penawaran yang terbatas. Misalnya, pilihan 3 rasa sudah cukup, 3 ukuran, dan 3 jenis makanan atau minuman sudah cukup. Ingat, tiap item yang Anda tambahkan butuh manajemen dan biaya.

Tinggalkan komentar