Cara Berjualan di Facebook

Cara Berjualan di Facebook, Menurut sebuah data, Facebook memperoleh 60 persen dari semua traffic media sosial ke situs retail. Tapi orang tidak selalu masuk ke Facebook untuk melakukan penjualan bisa juga menggunakan fanspage atau pun ads. Orang masuk ke Facebook untuk terhubung ke yang lain secara pribadi bukan untuk berjualan supaya laris.

Jadi triknya adalah mencari tahu bagaimana terhubung dengan orang dengan konten Anda, dan ke produk Anda.

Tahukah Anda kalau Anda bisa berjualan online di Facebook? Jaringan media sosial terbesar di dunia ini menawarkan platform yang simpel dan efektif untuk penjualan online. Dan dengan besarnya jumlah pengguna, ini bisa jadi cara yang sangat efektif.

Mulai berjualan online di Facebook

Photo credit: Google

Untuk memulai, Anda pertama perlu membuat Facebook Page. Tidak seperti profil personal, Facebook Pages dimaksudkan secara spesifik untuk tujuan komersil. Pengguna nantinya bisa “like” Facebook Page Anda.

Setelah mengatur Facebook Page, Anda bisa menjual produk dengan menggunakan aplikasi yang compatible. Ada banyak aplikasi e-commerce untuk Facebook yang didesain untuk tujuan ini.

Setelah aplikasi terinstal, secara otomatis ia menarik listing produk dari situs e-commerce Anda, dan mempostingnya langsung ke halaman Facebook. Ini berarti Anda hanya perlu meng-update website kapanpun sebuah produk perlu ditambahkan, dihapus, atau diubah, karena aplikasi ini otomatis meniru apa yang terjadi pada situs Anda.

Tentang Shopify dan BigCommerce

Photo credit: Google

Salah satu aplikasi e-commerce untuk Facebook yang paling terkenal adalah Shopify. Shopify membuat toko terintegrasi sepenuhnya pada halaman bisnis Facebook yang mudah dibuat dan mobile friendly.

BigCommerce jadi alternatif lain untuk solusi e-commerce untuk Facebook Page. BigCommerce mendukung pembelian langsung, menunjukkan produk baru, dan banner grafik yang bisa disesuaikan.

Baik BigCommerce dan Shopify merupakan aplikasi berbayar, meski Anda bisa mengujinya dengan sign up untuk trial gratis.

Keuntungan besar yang Anda dapat dari BigCommerce adalah aplikasi yang menggabungkan MailChimp, Constant Contact, SurveyMonkey, dan platform lain ke toko Anda.

Tapi memiliki aplikasi e-commerce hanya satu langkah menuju menjual produk Anda di Facebook. Kecuali Anda punya pelanggan prospektif yang mengikuti halaman Anda, ini tidak akan mengubahnya ke penjualan.

Jadi, bagaimana Anda menarik pelanggan prospektif ke halaman Facebook yang baru Anda ciptakan?

Photo credit: Google

Berikut ini beberapa tips tentang cara berjualan di facebook dengan membangun follower yang kuat di Facebook:

  • Sebanyak 42 persen penggemar menyukai sebuah halaman untuk mendapat kupon atau diskon. Tawarkan promosi dan penawaran spesial, seperti produk eksklusif atau diskon satu kali untuk “like” baru.
  • Posting link ke halaman Facebook pada website Anda, blog, dan media sosial lain
  • Lakukan diskusi dengan pengguna lain
  • Pastikan Anda mulai “like” halaman lain juga
  • Gunakan #hashtag untuk mengumpulkan konten media sosial. Hashtag Facebook pada dasarnya tag yang digunakan untuk mengelompokkan percakapan diantara para pengguna. Facebook juga menawarkan 3 tips penggunaan untuk hashtag:
  1. Mencari hashtag spesifik pada bar pencarian
  2. Klik hashtag yang berasal dari layanan lain, seperti Instagram
  3. Menyusun postingan langsung dari hasil pencarian
  • Gunakan iklan Facebook untuk memperoleh traffic ke halaman Anda.
  • Dengan jutaan orang di Facebook, Anda perlu manfaatkan audiens untuk memastikan Anda memperoleh keuntungan. Dengan Facebook Custom Audience, Anda bisa beriklan ke pengunjung website atau pelanggan email. Iklan ini bisa sangat efektif karena Anda tahu lebih banyak tentang siapa yang Anda targetkan dan bisa menyesuaikan iklan seperlunya.
  • Identifikasi trending topic dan frase untuk di-posting.
  • Terbitkan gambar. Penelitian menemukan gambar menerima lebih banyak respon dibanding tipe konten lain di Facebook.
  • Berikan “like” untuk halaman Facebook lain yang terkait dengan niche bisnis Anda.

Kunci untuk berjualan online di Facebook secara efektif adalah memastikan Anda punya audiens yang relevan, dan terus bereksperimen.

Manfaat digital marketing dan jasa digital marketing kami.

Buat headline dan produk copy yang menarik

Photo credit: Google

Bila Anda menjual produk menggunakan aplikasi terintegrasi seperti melalui Shopify, Anda perlu mengedit produk melalui akun Shopify. Bila Anda memasukkan produk secara manual, maka Anda punya lebih banyak kontrol terhadap produk ini.

Anda bisa ciptakan deskripsi dasar untuk toko ketika di awal Anda membuatnya, tapi Anda juga perlu ciptakan deskripsi produk dan headline yang menarik yang akan memenangkan lebih banyak konversi.

Ketika orang mencari produk Anda di Facebook, mereka hanya akan melihat judul produk atau headline. Berikan tiap produk nama yang kuat dan menarik yang paling baik menggambarkan produk dan nilai proposisinya.

Kampanye iklan tertarget

Photo credit: Google

Ada dua cara Anda bisa promosikan produk di Facebook. Menjalankan display ad, atau share produk di postingan. Pada kedua cara ini, Anda bisa menargetkan pengikut atau menciptakan audiens yang sangat spesifik untuk tiap kampanye.

Untuk menjual lebih banyak produk, coba ciptakan custom audience di Facebook power editor berdasakan riset audiens Anda. Ini membuat Anda berada di hadapan orang yang belum pernah mendengar Anda tapi kemungkinan tertarik dengan produk Anda.

Yang lebih penting, ketika Anda menyediakan waktu untuk meriset audiens, orang yang melihat iklan Anda akan mungkin membeli produk Anda.

Penargetan akan bervariasi dari satu audiens dan industri ke yang lain, tapi tetap ada beberapa pendekatan yang mirip yang bisa Anda lakukan. Penyesuaian target iklan memungkinkan Anda secara rinci terhubung dengan audiens.

Bagikan produk terbaik Anda

berjualan di Facebook
Photo credit: Google

Anda bisa buat koleksi di toko Facebook, tapi pelanggan mungkin tidak mau melihat seluruh koleksi Anda untuk menemukan apa yang mereka cari. Untuk menghasilkan lebih banyak penjualan, campur share produk Anda di postingan lain. Fokuskan sharing ke mereka yang memberi respon paling besar.

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan toko Facebook Anda dan menguji metode mana yang menghasilkan paling banyak penjualan.

Tidak ada satu taktik yang berhasil untuk semua jenis bisnis, dan tentu apa yang berhasil akan terus berubah. Bisnis yang berjalan baik di Facebook adalah yang terus mencoba hal baru dan mengukur hasilnya. Misalnya pilihan target berbeda serta gambar bisa menghasilkan hasil yang berbeda.

Gunakan Ads Manager untuk membandingkan performa semua kampanye Anda dan fokus pada yang membawa hasil terbaik.

Yang  perlu diingat, jangan mempromosikan terlalu berlebihan ke follower. Mereka jadi follower Anda karena mereka menyukai brand dan produk Anda tapi ini tidak berarti mereka suka dengan promosi yang terus-menerus pada newsfeed. Bila mereka “unlike” atau berhenti mengikuti Anda karena Anda promosi berlebihan, akan sulit meyakinkan mereka untuk kembali pada Anda.

Tinggalkan komentar