Bagaimana Cara Dapat Uang Dari Internet? Ini Jawabannya!

Salah satu hal menarik dari internet adalah Anda bisa menjalankan bisnis sendiri dari rumah. Yang Anda butuhkan hanya koneksi internet, dan Anda bisa dapat uang dari internet.

Menekuni dunia online membebaskan Anda dari jam kantor, dari jam 9 pagi hingga 5 sore, dan Anda punya lebih banyak waktu untuk bepergian, menjalankan hobi, serta menghabiskan waktu bersama keluarga.

Kelebihan lain adalah ada banyak cara dapat uang dari internet. Sebagai permulaan, yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi niche market yang menguntungkan yang sesuai dengan Anda. Setelah itu, Anda tidak perlu mempekerjakan staf, menyewa kantor, atau membeli furniture yang mahal.

Berikut ini beberapa cara dapat uang dari internet:

Marketing afiliasi

Photo credit: Google

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang marketing afiliasi sebagai salah satu cara untuk dapat uang dari internet. Begini cara kerjanya:

  • Sebagai pebisnis di dunia digital, Anda membutuhkan kehadiran web baik berupa website, blog, platform media sosial, landing page, sales page, atau situs ecommerce. Tapi daripada menjual produk sendiri, Anda menjual produk perusahaan lain. Anda bisa gunakan kombinasi ini bila suka, selama Anda bisa menyampaikan pesan marketing ke publik.
  • Lalu, pilih niche market afiliasi, satu saja dengan banyak pelanggan potensial. Cari di sosial media trend yang sedang digandrungi.
  • Sediakan konten penting dan pesan marketing yang tertarget pada prospek.
  • Ketika pelanggan di platform digital dan mengklik untuk melakukan pembelian, maka mereka akan dibawa ke situs afiliasi partner Anda untuk melengkapi transaksi, dan Anda mendapat komisi untuk tiap penjualan yang selesai. Yang menarik adalah Anda tidak perlu berurusan dengan pengiriman atau layanan pelanggan.

Baca Juga paparan dari Praktisi DIgital marketing

Blogging

Photo credit: Google

Bila Anda menyediakan konten berkualitas secara teratur, Anda menarik orang ke informasi niche dan produk Anda. Pembaca Anda merasa senang membaca untuk mencari tahu dan membeli.

Orang kemungkinan besar membeli produk Anda, baik lewat iklan atau link afiliasi di postingan Anda. Kenapa? Karena Anda telah memberikan konten tertarget dan orang telah mempercayai Anda.

Selain itu, Anda membuat situs atau bagian depan toko menarik di mata Google dengan secara teratur menambahkan informasi bermanfaat dalam bentuk artikel, video, dan sebagainya. Ini menghasilkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google, jadi Anda bisa muncul di halaman pertama Google.

Ingin website Anda berada di halaman pertama hasil pencarian Google? Anda membutuhkan agensi digital marketing terpercaya? Di Jogja Digital Clinic Anda dapatkan apa yang Anda cari. Jogja Digital Clinic didirikan oleh Edi Budiyanto (Edi Sourdjan) dan Hafied Salman. Beliau berprofesi sebagai internet marketer dan memiliki usaha Sourdjan Online sejak tahun 2008.

Dikenal sebagai Edi Sourdjan, beliau merupakan Praktisi dan ahli di bidang SEO, Pelatihan, dan Workshop.

Niche ecommerce

Photo credit: Google

Sebagai pebisnis internet pemula, Anda tidak berkompetisi dengan ecommerce besar. Anda juga tidak perlu gudang atau sistem logistik untuk menjual barang.

Yang Anda butuhkan untuk sukses adalah mempersempit fokus. Dengan kata lain, cari niche Anda. Dengan begitu Anda bisa tampak sebagai ahli dan muncul di peringkat tinggi hasil pencarian.

Yang paling penting adalah harus ada market untuk niche Anda. Misalnya, Anda punya passion dalam puisi kuno abad 16, tapi Anda tidak akan menarik banyak pembaca.

Sebaiknya, cari tren yang sedang hot dan market yang sedang terjadi saat ini dan kombinasikan dengan pengetahuan Anda. Perhatikan berita, feed media sosial, dan item yang best selling untuk tahu apa yang market inginkan.

Punya saluran YouTube sendiri

Photo credit: Google

YouTuber tingkat atas bisa menghasilkan uang puluhan juta tiap tahun. Tapi Anda tidak butuh jutaan penonton untuk menghasilkan uang dari YouTube.

Beberapa ide untuk video bermanfaat antara lain how-to (cara melakukan sesuatu) seperti resep, unboxing (ketika Anda membuka produk untuk penonton), review makanan dan tempat, video musik, komedi, dan sebagainya.

Berikut ini cara dapat uang dari YouTube:

  • Buat saluran YouTube, yang jadi tempat untuk video-video Anda.
  • Upload video secara konsisten ┬ádan spesifik ketika menjelaskan konten di video Anda. Pastikan video Anda berkualitas tinggi dan mengandung konten bermanfaat dan menghibur. Anda tidak butuh kamera bagus untuk memulai, smartphone sudah cukup sebagai permulaan.
  • Sebarkan di platform media sosial seperti Facebook dan daftar email marketing Anda. Anda perlu bagikan video di media sosial atau embed ke blog atau website.
  • Respon komentar dari penonton. Tugas Anda adalah menarik dan mempertahankan penonton.
  • Monetisasi dengan membiarkan YouTube menyertakan iklan di video Anda. Ketika penonton mengklik iklan, Anda berbagi fee dengan Google. Semakin banyak penonton, semakin banyak penghasilan untuk Anda.

Menjual ebook

Photo credit: Google

 

Internet telah mengubah dunia penerbitan tradisional. Sekarang semakin banyak pembaca ebook. Anda tidak perlu menjadi penerbit dengan kantong tebal untuk dapat uang dari internet.

Sebagai pebisnis tunggal, Anda bisa menjual ebook langsung dari website sendiri. Anda bisa jual karya Anda. Cukup upload ke website dan mulai publikasi di platform media sosial, di daftar email, blog, website, dan sebagainya.

Google AdSense

Photo credit: Google

Bila Anda mengunjungi sebuah website, Anda akan lihat iklan Google. Iklan ini ada dimana-mana. Tidak hanya mudah memasang Google AdSense di website dasar, tapi ini juga bisa menguntungkan setelah website mulai memiliki jumlah traffic yang memadai.

Satu hal bagus tentang Google AdSense adalah pengaturannya yang mudah. Bila Anda punya blog atau website, Anda bisa sign up untuk akun Google AdSense gratis. Dari sini, Google akan memberi Anda kode unik yang bisa Anda tempel di website. Google akan melacak view halaman, traffic, dan pendapatan Anda.

Mengembangkan aplikasi

Photo credit: Google

Baik di iPhone atau Android, ada aplikasi yang banyak orang gunakan. Anda mungkin tidak bisa berkompetisi dengan developer besar. Tapi jika Anda punya waktu untuk melihat kebutuhan yang orang punya, Anda bisa ciptakan aplikasi yang memenuhi kebutuhan mereka, misalnya cara baru untuk menyimpan foto.

Jangan panik bila Anda bukan programmer. Anda orang yang punya ide. Anda bisa gunakan jasa orang untuk menciptakannya. Ada banyak programmer yang menyediakan jasa di harga yang terjangkau. Tentu jumlah yang Anda bayar ke programmer bergantung kompleksitas aplikasinya.

Anda bisa ciptakan aplikasi yang berfungsi baik di smartphone, Android, dan iPhone. Dengan begitu akan memaksimalkan jumlah pelanggan Anda.

Webinar

Photo credit: Google

Ingin tahu cara dapat uang dari internet? Strategi lainnya adalah menggunakan webinar untuk memasarkan produk atau layanan. Anda bisa gunakan webinar untuk mempromosikan kursus online yang Anda punya.

Dengan webinar Anda bisa menawarkan banyak tip dan saran secara gratis, biasanya dalam format live. Di akhir, Anda tunjukkan produk atau layanan dengan tujuan agar ada yang tertarik.

Misalnya Anda gunakan Webinar untuk memasarkan kursus public speaking. Anda berikan tips gratis selama Webinar, dan tawarkan kursus Anda di bagian akhir pada orang yang ingin membayar. Apapun yang Anda jual, tidak sulit untuk membangun Webinar dan menarik orang untuk sign up di iklan Facebook.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar