Keuntungan cara memasarkan franchise dengan online

cara memasarkan franchise , Dengan Googling perusahaan waralaba Anda, kemungkinan Anda bisa melihat konversi yang telah terjadi. Penggunaan tool media digital seperti media sosial, blog, situs video, forum diskusi dan situs review sudah semakin luas.

Konsumen berpindah dari sarana tradisional untuk berbagi dan menerima informasi menjadi menggunakan media sosial sebagai bentuk utama komunikasi.

Ini membuat istilah marketing media sosial menjadi konsep yang umum. Banyak perusahaan waralaba mulai memanfaatkan digital marketing, mulai dari untuk memonitor reputasi online hingga mengembangkan komunitas online yang loyal. Sedangkan perusahaan lain tidak melakukan apapun meski media sosial terus memperkuat kehadirannya di kehidupan konsumen.

Perlukah bisnis waralaba Anda menggunakan strategi digital marketing?

Photo credit: Google

Kebanyakan orang mencari melalui online untuk meriset sebuah produk, layanan, atau perusahaan sebelum melakukan pembelian. Pencarian sering berawal di website perusahaan, tapi tidak berakhir sampai di sana. Langkah kedua biasanya mengunjungi situs ulasan dan forum diskusi.

Mereka membaca ulasan, mengajukan pertanyaan dan menerima feedback dari konsumen lain sebelum melakukan kontak dengan perusahaan. Orang berkumpul di dunia maya untuk membaca, chat, berbagi dan mengeluh meski perusahaan Anda punya kehadiran online atau tidak.

Perusahaan Anda harus ada di sana lebih dulu, mendengar feedback mereka, merespon dan mendorong agar mereka dekat dengan brand Anda.

 

konsultasi dan Informasi lebih lanjut

Keuntungan menggunakan digital marketing untuk perusahaan waralaba

Photo credit: Google

Berikut ini beberapa keuntungan memasarkan waralaba dengan digital marketing:

  • Marketing dengan harga terjangkau. Tidak perlu anggaran besar untuk melakukan digital marketing.
  • Pengguna bisa dengan mudah membagikan pesan ke teman dengan satu kali klik pada tombol.
  • Memperkuat brand. Melalui media sosial Anda bisa bangun dan memperkuat reputasi online.
  • Membangun kredibilitas.
  • Meningkatkan traffic. Strategi digital marketing yang terencana dengan baik akan menghasilkan lebih banyak traffic ke website Anda.
  • Mendekati pelanggan. Terhubung dengan pelanggan dan respon feedback di real time.
  • Digital marketing ¬†punya kapasitas untuk memperluas jangkauan pesan perusahaan serta menarik perhatian banyak orang.

Meski kebanyakan perusahaan waralaba menyadari keuntungan digital marketing, banyak yang belum menggunakan strategi digital marketing untuk perusahaan waralaba mereka. Kenapa? Bisa karena terbatasnya sumber daya atau karena mereka tidak tahu dimana memulainya.

Ada juga perusahaan waralaba yang telah mulai menggunakan strategi digital marketing, tapi tidak tahu cara mengukurnya, cara mengintegrasikannya, atau meningkatkannya.

Pertimbangkan manfaatnya, dan mulai gunakan strategi digital marketing untuk perusahaan waralaba untuk membantu Anda membangun dan mulai berkomunikasi dengan mereka yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Seperti bentuk lain marketing, Anda bisa secara aktif mengatur dan mendapat hasil terbaik dari strategi marketing untuk franchise Anda.

Strategi marketing untuk waralaba

Strategi internet marketing yang pemilik franchise bisa gunakan untuk meningkatkan traffic website, meningkatkan konversi, dan rating click-through lebih tinggi, antara lain:

Mulai dengan desain website

Photo credit: Google

Anda perlu buat website yang unik untuk bisnis waralaba Anda. Pastikan konten yang Anda buat unik. Bila Google mendeteksi ada konten duplikat, Google akan hanya menunjukkan satu halaman di hasilnya, dan Anda tidak bisa tahu yang mana. Jadi pastikan tiap konten unik.

Website juga harus mobile friendly dengan konten yang menarik, dan harus menyediakan pengalaman yang lancar dan bebas stres.

Tiap lokasi franchise harus juga mengandung lokasi landing page tersendiri, dengan optimasi untuk kata kunci lokasi agar pencari bisa dengan mudah menemukan franchise paling dekat dari mereka.

Anda juga perlu menggunakan tool untuk membuat mudah melacak performa kunci indikator, termasuk kunjungan website, konversi, dan peringkat pencarian lokal. Anda perlu gunakan formulir yang mudah diisi untuk mengumpulkan informasi kontak.

Konten pada website

Photo credit: Google

Advertising jadi komponen kunci dari keseluruhan strategi digital marketing, tapi nilai konten yang bermanfaat dan relevan tidak bisa diremehkan. Marketing konten adalah cara fantastis untuk menjangkau audiens karena memberi mereka informasi berguna kapan saja ketika mereka mendekati brand Anda.

Ini membuat lebih banyak mata melihat website Anda dan membangun asosiasi positif dengan perusahaan. Terlebih, konten berkualitas bisa memberi otoritas di industri tertentu. Menunjukkan keahlian Anda di cara ini penting untuk waralaba baru yang mencoba membangun reputasi.

Meningkatkan kehadiran media sosial Anda

Photo credit: Google

Meski aktivitas media sosial Anda tidak secara langsung berdampak pada peringkat pencarian, tapi ada peran sangat penting dalam digital marketing untuk waralaba. Untuk pemula, media sosial adalah cara orang berinteraksi dengan brand. Mereka ingin tahu Anda dan membangun kepercayaan terhadap Anda, dan Anda perlu aktif mendorong hubungan ini. Selain itu, kampanye Facebook PPC memungkinkan penargetan dan bisa menghasilkan ROI sangat tinggi.

Strategi Facebook mencakup menciptakan halaman utama untuk perusahaan Anda, lalu membangun sub halaman pada tiap lokasi waralaba. Pengaturan ini memastikan konsistensi brand di seluruh waralaba, membuat pengaturan halaman jadi simpel, dan memastikan pengguna bisa dengan mudah menemukan lokasi yang terdekat dari mereka.

Manfaatkan email marketing

Photo credit: Google

Email marketing masih sangat dibutuhkan dan jadi bagian penting dari strategi digital marketing untuk waralaba.

Strategi email marketing untuk waralaba mencakup mengumpulkan lead dan menempatkannya di database pusat. Kemudian mencari desain paling efektif untuk target market.

Anda perlu menerapkan strategi marketing komprehensif untuk memastikan pelanggan merasa dihargai. Ini bisa berupa mengirim email follow up setelah pembelian, mengirim newsletter bulanan untuk memberitahu pelanggan dan prospek hal baru dari Anda dan memberikan penawaran eksklusif serta diskon ke pelanggan.

Search Engine Marketing (SEM atau SEO)

Photo credit: Google

Search engine optimization penting untuk perusahaan waralaba Anda. Ketika seseorang mencari layanan Anda di Google, Bing, atau mesin pencarian lain, mereka siap untuk melihat konten Anda. Tujuan dari SEO adalah membuat Anda di peringkat setinggi mungkin di hasil pencarian.

Anda harus berada di 3 peringkat teratas. Sebanyak 55 persen pencari mengklik website yang ada di 3 peringkat teratas.

Ada 3 hal yang dibutuhkan untuk punya peringkat bagus untuk perusahaan waralaba Anda:

  • Anda membutuhkan konten yang unik, relevan, dan luar biasa. Konten harus memberi nilai ke pengunjung dan menjawab pertanyaan yang ada di pencarian mereka.
  • Anda perlu website yang cepat, aman, mobile friendly, dan terstruktur yang membuat mudah mesin pencari temukan, baca, dan mengindeksnya.
  • Kehadiran web harus menunjukkan perusahaan punya otoritas, sebagai pemimpin di industri Anda. Meski perusahaan waralaba biasanya tidak punya masalah untuk mendapat link dari website media, vendor, supplier, partner dan sebagainya, mereka sering kesulitan dengan struktur dan konten website.

Tinggalkan komentar