Langkah Praktis cara memasarkan hotel

cara memasarkan hotel, perkembangan digital marketing yang sangat pesat dan bermunculan para travel agent dengan budget un limeted memaksa kita harus mencari cara untuk meningkatkan occupancy, penjualan kamar supaya pendapatan hotel bisa meningkat . tentu saja strategi yang di gunakan menggunakan tehnik penjualan yang sesuai dengan perubahan pasar, yaitu kemudahan dan loyalitas.

Mengapa Anda Perlu Website untuk Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel Anda

Meningkatkan penjualan kamar hotel mungkin bukan hal yang mudah. Persaingan dunia perhotelan yang kian ketat membuat kebanyakan hotel kesulitan untuk menjual kamar hotel mereka. Tidak hanya masalah perubahan pada tren berwisata, perkembangan teknologi juga menjadi alasan mengapa meningkatkan penjualan kamar hotel menjadi kian ketat. Muncul nya banyak travel agent dan harus  berkompetisi dengan online travel agent (OTA) yang menghabiskan dana milyaran rupiah untuk beriklan di berbagai media.

Faktor utama kenapa yang diberikan OTA adalah kemudahan dan membangun loyalitas. Perkembangan tehnology saat ini mengharuskan kita sebagai Pemilik Hotel juga melakukan hal tersbut. Salah satu cara yang paling efectif dan tepat sasaran dalam membangun kemudahan dan loyalitas adalah menggunakan website dan sosial media.

Bagaimana cara kerja website hotel?

Website bukan hanya sebagai hanya sekedar branding hotel, tetapi website yang di kelola secara strategi digital marketing menjangkau pasar yang lebih luas dan memberikan banyak kemudahan. Calon customer saat ini mempunyai behavior selalu menggunakan android sebagai pusat informasi, Informasi ada dalam genggaman mereka, maka ketika calon customer sedang merencanakan liburan di suatu kota dia akan mencari informasi banyak hal, mulai dari kuliner, penginapan, transportasi, tempat wisata, bahkan oleh oleh. Cara kerja website adalah ketika calon customer sedang browsing mencari informasi diatas , maka website kita muncul di halaman pertama google, begitu juga di FB dan IG, ketika customer sedang mencari informasi di sosmed maka akun kita atau gambar kita yang akan muncul.

Tehnik ini di sebut dengan optimasi website dan optimasi sosial media

 

Kelebihan untuk database..?

Ketika customer sudah mengunjungi akun atau website kita maka secara digital data mereka sudha terekam oleh website,nama nya data pixel dan data analitic google. Fungsi data base digital ini adalah untuk menfollow up calon customer dan brand awarnes tentang brand kita. Kita semua tahu bahwa customer ketika mencari infomasi tidak untuk saat ini, tetapi untuk beberapa waktu kedepan, apakah ada jaminan minggu depan, atau bulan depan dia masih ingat dengan nama website kita ? itulah fungsi dari data base, kita bisa follow up mereka secara soft selling. Brand kita akan muncul dalam tempo waktu tertentu yang  bisa kita setting di akun sosmed mereka, bahkan ketika mereka melihat youtube atau buka email gmail brand kita akan muncul.

Coba kita bayangkan, ketika customer kita sedang mencari kuliner di jogja, kemudian dia menemukan website dna membaca artikel disana, scara otomatis data mereka kita rekam, kemudian beberapa saaat kemudian di akun sosmed baik di FB dan IG mereka selalu muncul macam macam kuliner dijogja mencuri perhatian mereka kan, ketika perhatian mereka sudah ada secara hardselling muncul brand hotel kita. Begitu juga ketika mereka mencari informasi tentang perhotelan atau penginapan.

Reservasi langsung = bebas rate parity

Alasan utama mengapa memiliki website bisa menjadi salah satu cara bagi Anda untuk meningkatkan penjualan kamar hotel adalah karena fleksibilitas yang Anda miliki dalam mengatur harga. Anda tidak terikat dengan ketentuan rate parity yang mengharuskan Anda untuk memasang harga yang sama di semua OTA; Anda bisa memasang harga termurah di website Anda dan mendorong konsumen untuk melakukan reservasi secara langsung melalui website Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar komisi pada siapapun dengan reservasi langsung melalui website Anda sendiri.

Kesimpulan dari semua diatas adalah Bagaimana memasarkan hotel dengan memberikan value yaitu Kemudahan dan membangun loyalitas ,

  • Membuat website dan akun sosmed kita mudah ditemukan oleh calon customer dengan tehnik Optimasi website (SEO) dan optimasi sosmed
  • Membangun loyalitas customer dengan follow up secara digitalist
  • Kemudahan reservasi melalui website
  • Memberikan banyak informasi terkait value di sekitar hotel dan info info yang berkaitan dengan liburan.

 

  1. Layanan kami

Ada dua hal yang kami lakukan, yang pertama adalah mengajarkan/ pelatihan dan yang kedua adalah Mengerjakan. Adapun point pointnya adalah sebagai berikut

  1. Optimasi Website sebagai aset digital
  • Ada di halaman pertama google setiap orang mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan produk , jasa dan pasar kita
  • Mengoptimalkan website sehingga mudah di temukan oleh pasar dan mendekati pasar sesuai kebiasaan dan logika pasar
  • Menjadikan website bukan hanya tempat portofolio atau memajang produk tapi bisa menghasilkan keuntungan dari pasar yang sudah di bentuk.
  • Optimasi website secara berkala secara tehnis , report dan manajemennya sehingga optimasi menjadi lebih efective dan terukur efort dan resikonya. ( low risk and High profit )
  • Goal dari SEO selain berpotensi untuk closing langsung juga untuk mengumpulkan database calon customer melalui web klien¬†
  1. Manajemen Customer service dan data base ( list building )
  • Follow up softselling dan hardselling secara digital dengan paid traffic ( fb ads dan google remarketing )
  • Membangun data base customer sehingga menjadi customer loyal
  • Memaksimalkan data base menjadi aset digital dan menjadi sumber penghasilan lain selain produk utama
  • List Building goalnya mengumpulkan database prospek yang berupa nama, email, no hp, dll.
  1. Social Media Optimation
  • Social Media yang dioptimasi adalah : Facebook profile, Facebook Fanspage, Instagram, Youtube, G+.
  • Menambah follower serta liker tertarget dan peningkatan Branding
  • Optimasi Social Media goalnya mengumpulkan database dan mendatangkan sales dari organic traffic (tanpa iklan berbayar/ads)
  • Optimasi Brand di Social Media
  • Menambah jumlah follower
  1. Strategi Digital Marketing Hotel

Untuk meningkatkan okupensi hotel kita perlu menggunakan semua hal yang tentunya menjadi potensial sumber traffic, yaitu yang berkaitan dengan penginapan, kuliner , wisata dan oleh oleh. Bukan hanya website dan sosmed yang kita optimasi tetapi Google map juga menjadi perhatian untuk kita kerjakan untuk membantu meningkatkan traffic

Tinggalkan komentar