Cara Memasarkan Klinik Kecantikan di Era Digital

cara-memasarkan-klinik-kesehatan

Cara memasarkan klinik kecantikan . Dalam dunia usaha, sesuatu ada karena kebutuhan manusia. Klinik kesehatan kebanyakan lahir karena banyak orang yang terganggu kesehatannya alias sakit. Sedikit berbeda dengan klinik kecantikan yang merupakan bagian dari klinik kesehatan kulit. Klinik ini ada karena kebutuhan orang untuk tampil lebih menarik. Dengan semakin menjamurnya klinik berdiri, satu pertanyaan yang sering terpikirkan, 

Kletikan sebuah usaha di bidang jasa dan belajar digital marketing memahami benar kebutuhan setiap usaha. Termasuk klinik kecantikan.

Banyak klien yang sudah dibantu juga berasal di bidang ini. Anda dapat melihat berbagai testimoninya di website kletikan.com.

Contoh Marketing Plan Klinik Kecantikan

Sebelum Kletikan memahas tentang bagaimana cara memasarkan klinik kecantikan dan berbagai bagiannya, mari perjelas dahulu apa yang dimaksud klinik kecantikan dan apa saja layanan yang diberikan.

Anda tahu salon? Salon merupakan bagian dari klinik kecantikan dengan layanan lebih sedikit. Dapat pula dikatakan bahwa salon merupakan cikal bakal berdirinya klinik kecantikan kini.

Di salon Anda bisa melakukan perawatan rambut dan wajah, seperti creambath, cuci blow ptong rambut, facial, dan lulur. Keluar dari salon Anda akan merasa bahwa diri menjadi lebih cantik. Rambut yang kusut menjadi rapi dan tertata dan wajah yang kusam menjadi lebih cerah.

Nah, sesuai dengan namanya klinik kecantikan adalah sebuah tempat yang mengobati atau mengatasi masalah kecantikan. Semua hal yang dilakukan di salon salah satu treatmennya. Namun, namanya klinik bisa menjadi lebih luas dan melibatkan dokter kulit.

Klinik kecantikan memberikan pelayanan berupa mengobati masalah kulit berjerawat sampai melakukan opreasi plastik untuk memperbaiki penampilan kulit dan bentuknya di bagian terentu.

Anda berminat ingin membuka klinik kecantikan? Kletikan menyarankan pembuatan marketing plan sebelumnya.

Apa itu marketing plan? Sesuai dengan katanya yang merupakan bahasa Inggris artinya adalah sebuah rencana pemasaran, baik secara offline dan online.

Isi dari marketing plan yang disarankan oleh Kletikan, yaitu:

  • Merancang Tempat yang Menarik dan Nyaman

Sebagai sebuah bisnis yang menawarkan jasa memperbaiki penampilan, Anda harus menyiapkan tempat. Klinik ini berbeda dengan klinik kesehatab biasa karena umumnya pengobatan tidak dilakukan dengan obat. Ada berbagai treatment yang harus dipraktekkan langsung, seperti facial, lulur, dan sebagainya.

Anda mungkin saja mempunyai obat facial di  rumah tetapi jika ingin ditotok harus orang yang mempunyai keahlian yang melakukannya.

Oleh karena itu, usaha ini harus mempunyai tempat. Tempat dengan lokasi strategis dan nyaman harus dipilih. Minimal Anda mempunyai ruangan tertentu di rumah yang dapat dijadikan tempat awal klinik kecantikan.

  • Memahami Konsumen

Tahapan marketing plan yang selanjutnya adalah memahami kebutuhan konsumen. Jika Anda ingin mendirikan klinik kecantikan di rumah, kenali apa yang dibutuhkan orang sekitar tentang kecantikan.

Jika masyarakat hanya memiliki masalah seputar jerawat dan flek hitam, jangan membuka klinik yang menyediakan operasi pelastik.

Klinik untuk operasi pelastik sebaiknya didirikan di lingkungan konsumentertentu, seperti di daerah komplek mewah atau mall.

  • Mengadakan Promo Bulanan

Jika kedua hal di atas sudah dipenuhi, Anda dapat mengadakan promo bulanan. Misalnya diskon di hari tertentu, paket murah hanya beberapa hari, dan sebagainya.

Promo diumumkan secara manual melalui brosur dan spanduk yang terpasang.

Promo juga dapat diiklankan secara online melalui media sosial atau website dan Google Bisnis.

Dengan demikian, banyak calon konsumen mengetahuinya. Kemungkinan beberapa dari mereka akan datang dan berkunjung ke klinik semakin besar.

  • Marketing Secara Online

Beberapa klinik kecantikan khusus, dikunjungi banyak orang dari berbagai wilayah.

Misalnya, klinik berada di Jakarta Selatan tepai pelanggannya dari seluruh wilayah Jabodetabek.

Ini merupakan kekuatan marketing.

Anda dapat melakukannya dengan mempunyai website yang berisi konten kecantikanyang diselipi iklan klinik. Selain itu, Anda dapat juga dapat membuat akun media sosial klinik yang setiap hari memposting segala sesuatu yang berbau kesehatan kulit.

Melihat konten Anda, akan banyak orang yang tertarik dan percaya. Konsumen akan berdatangan dari segala penjuru wilayah.

  • Memberikan Pelayanan Optimal

Anda akan senang bukan berkunjung ke suatu tempat dengan pelayanan memuaskan?

Begitu pula dengan konsumen. Yang termasuk pelayanan klinik kecantikan adalah pelayanan pegawai yang ramah, tempat menunggu yang nyaman, dan hasil yang memuaskan. Anda mengalami perubahan lebih baik setelah dari klinik.

Pelayanan optimal akan membuat pelanggan senang kembali lagi alias menjadi pelanggan tetap. Mereka juga dapat merekomendasikan klinik Anda kepada orang lain.

  • Melakukan Evaluasi

Terakhir, lakukan evaluasi dengan mengetahui jumlah pengunjung per minggu dan apa saja yang sudah dilakukan.

Jika marketing berjalan mulus dan pengunjung ramai berarti caranya harus dilanjutkan. Jika tidak, gantilah dengan cara baru!

Konsep Klinik Kecantikan

Di atas telah disebutkan bahwa merancang tempat yang nyaman dan menarik merupakan salah satu marketing plan yang dibuat ketika bisnis akan dimulai.

Hal tersebut berkaitan dengan konsep. Klinik kecantikan seperti apa yang ingin dibuat. Dari sini, Anda kelak akan mudah dalam melaksanakan cara mengembangkan klinik kesehatan.

Konsep ini ada banyak macamnya. Namun, Kletikan merangkumkan beberapa di antaranya untuk Anda agar mendapat sedikit gambaran.

  • Konsep yang Disesuaikan dengan Interior

Jenis konsep pertama yang dapat Anda buat adalah konsep yang berhubungan dengan interior klinik, bukan pelayanan.

Layanannya sama mungkin denga klinik sebelah, harga juga mirip. Namun, dengan interior klasik yang nyaman membuat konsumen lebih suka datang ke tempat Anda.

Konsep interior dapat dirancang atau didesain sebagaimana interior rumah.

  • Konsep Ecodesain

Konsep ecodesain berhubungan dengan interior, peralatan, dan bahan yang digunakan. Semuanya dibuat yang ramah lingkungan dan ramah konsumen.

Interior dibuat menarik dengan bahan daur ulang. Untuk peralatan dab bahan kecantikan dibuat dan dicari yang aman, seperti tidak menyebabkan kanker dan menggangu ekosistem karena limbahnya.

  • Customized dan Personalized

Konsep ini tidak berhubungan sama sekali dengan interior dan peralatan. Yang terpenting tempat dibuat senyaman mungkin.

Di konsep ini peralatan dibuat selengkap mungkin. Pelayanan diberikan dengan berbagai piliha sesuai kebutuhan konsumen. Tempat juga dibuat dengan berbagai versi sesuai selera.

Konsep ini mengedepankan konsumen sebagai subjek.

  • Perawatan dan Bedah Plastik

Ada pula klinik kecantian yang mengkhususkan diri pada perawatan dan bedah plastik. Misalnya, membuat bentuk hidung menjadi lebih mancung, pipi lebih tirus, perut menjadi lebih tipis, dan sebagainya.

Di konsep ini Anda memerlukan dokter yang benar-benar ahli dan mempunyai ijin praktek. Keahlian bedah plastik tidak dimiliki oleh dokter biasa.   Alat dan bahannya juga harus dipilih yang paling aman. Jangan sampai keinginan menjadi cantik terjadi sebaliknya.

  • Lain-lain

Anda dapat memilih berbagai konsep di atas. Tentu saja ada konsep lain yang tidak dijelaskan dan dapat Anda cari tahu sendiri, seperti klinik berkonsep khusus perawatan wanita, perawatan seluruh tubuh, khusus perawatan wajah, dan sebagainya.

Itulah beberapa konsep klinik kecantikan yang dapat dibuat. Anda yang baru akan membuka klinik kecantikan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan Kletikan. Jasa ini menyediakan konsultasi gratis sebagai layanan terbaik. Dengan demikian, Anda dapat melanjutkan ke cara memasarkan klinik kecantikan yang lebih terarah.

Cara Mempromosikan Klinik Baru

Anda telah membuat perencanaan marketing dan konsep klinik kecantikan yang dibuat. Klinik juga sedang dalam persiapan.

Bagaimana cara mempromosikannya di saat masih baru? Pastinya saat ini Anda belum mempunyai pelanggan.

Sebenarnya cara ini sudah terangkum dalam marketing plan. Namun, secara khusus Kletikan memberi beberapa tips yang dapat Anda ikuti di bawah ini.

Cara memasarkan klinik kecantikan baru, sama dengan strategi pemasaran praktek dokter, yaitu:

  • Menggunakan Sosial Media

Di Indonesia, sosial media seperti Youtube, Instagram, facebook, dan Twitter masih emnjadi sarana pemasaran terbaik. Apalagi platform media sosial saat ini mempunyai fitur yang lebih lengkap.

Facebook, misalnya saat ini mempunyai fitur facebook ads dan market place yang membuat Anda lebih leluasa menawarkan apa saja. Selain itu, ada kesempatan membuat postingan video, siaran langsung, dan cerita Anda yang tayang selama 24 jam.

Demikian pula dengan platform sosial media lain.

Sosial media juga dapat digunakan dan berhubungan dengan media online lain, seperti website dan linknya.

  • Memberi Potongan Harga

Potongan harga atau diskon dapat Anda berikan ketika launching klinik kecantikan.

Anda dapat menyebarkan hal di atas memalui sosial media atau broadcast ke teman-teman di kontak WhatsApp.

Diskon menjadi ajang Anda menarik konsumen di awal dengan harga lebih murah dibandingkan dengan klinik lain yang sejenis.

Sebagai klinik baru, diskon dapat menjadi ajang uji coba konsumen. Jika pelayanan optimal, mereka akan menjadi pelanggan tetap.

  • Memberi Paket Pelayanan Harga Lebih Terjangkau

Selain diskon, Anda dapat pula membuat paket pelayanan.

Contoh paket pelayanan, misalnya paket facial, lulur dan message. Paket lain, seperti totok wajah yang dipadukan dengan lulur dan creambath.

Paket biasanya memberi harga lebih miring dibandingkan dengan harga satuan. Ini juga membuat konsumen mencoba berbagai perawatan sekaligus meski awalnya mereka tidak membutuhkan.

  • Bekerjasama dengan Perusahaan Obat dan Rumah Sakit

Sebagai klinik baru, Anda dapat pula bekerja sama dengan perusahaan obat atau rumah sakit untuk berbagai pelayanan.

Bentuk kerja sama misalnya memberi diskon tertentu kepada pasien dari rumah sakit untuk perawatan tubuh setelah sembuh dari sakit.

Anda juga dapat menumpang titip brosur di perusahaan obat atau membuat paket yang berhubungan dengan mereka. Contoh setiap pembelian obat seharga tertentu memeproleh diskon di klinik sebesar 50 persen.

  • Bekerjasama dengan Konsumen

Promosi dapat juga bekerja sama dengan konsumen lho!

Jika pelayanan baik, konsumen biasanya dengan senang hati merekomendasikan klinik kecantikan kepada teman, keluarga dan kerabat.

Anda dapat meningkatkan semangan rekomendasi tersebut. Contoh, memberi diskon ketika konsumen merekomendasi seorang pelanggan baru, dua orang, dan seterusnya.

Konsumen tentu akan senang memperoleh diskon dengan cara demikian. Mereka bersemangan mengajak temannya untuk datang ke klinik bersama.

  • Membuat Iklan yang Menarik

Iklan yang menarik dapat Anda buat di depan klinik. Biasanya ini berupa slogan klinik, seperti “membuat kulit semakin bercahaya”, dan sebagainya.

Iklan secara online dapat berupa foto testimoni, video, dan artikel yang dapat dipasang di website dan sosial media. Anda dapat melihatnya di berbagai contoh iklan klinik kesehatan.

Bagaimana Trik Supaya Pengunjung Klinik Ramai?

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap usaha yang didirikan menginginkan keuntungan maksimal. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi yang dikemukakan Adam Smith, memperoleh keuntungan sebesar mungkin dengan pengorbanan sekecil mungkin.

Untuk memeproleh keuntungan tersebut, klinik harus ramai. Sesuatu yang menjadi layanan jika Anda menghubungi Kletikan. Kletikan akan membuat klinik Anda, baru atau lama ramai pengunjung.

Apakah bisa? Tentu saja! Kletikan didirikan berdasarkan pengalaman yang dikembangkan oleh pemiliknya. Jadi, semua sudah terbukti.

Kletikan membocorkan sedikit trik agar pengunjung atau cara memasarkan klinik kecantikan sebagai berikut.

  1. Memilih lokasi yang ideal, sesuai dengan target pasar dan konsep klinik. Minimal, letak atau lokasi klinik mudah dicapai, tidak jauh berada dalam gang. Jika demikian, konsumen akan malas mencari dan mendatanginya.
  2. Memperkerjakan karyawan yang kompeten karena klinik kesehatab bukan seperti berjualan produk. Ini mencakup diri seseorang. Obat yang diberikan harus aman. Begitu pula dengan pelayanan operasi pelastik.
  3. Menerapkan sistem pemesanan agar konsumen tidak terlalu lama menunggu pelayanan. Menunggu bagi  banyak orang suatu hal yang membosankan. Sistem tunggu dapat dibuat dengan pesanan online atau booking lewat telepon.
  4. Mempunyai sebuah website dan mengetahui bagaimana cara meningkatkan pengunjungnya. Ini penting untuk membuat jangkauan klinik lebih luas. Anda dapat mengetahui caranya melalui Kletikan.

Cara Meningkatkan Omzet Klinik Kecantikan

Klinik kesehatan, meski berbentuk klinik kecantikan omzetnya meningkat jika pengunjungnya meningkat. Trik dan tips meningkatkan jumlah oengunjung di atas dapat Anda laksanakan. Namun, secara keseluruhan memasarkan klinik kecantikan dirangkumkan kembali oleh Kletikan sebagai berikut.

  • Promosi berbasis online, seperti sudah dijelaskan sedikit di atas. Promosi berbasis online dapat dilakukan melalu media sosial dan website dengan konten yang menarik.

    Sekali lagi, Anda dapat berkonsultasi dan mendapatkan promosi berbasis online dengan beekrja sama dengan Kletikan.
  • Menawarkan gift card, kartu yang dibuat dan mendapat hadiah di saat promosi tertentu. Biasanya kartu ini banyak diterapkan pada swalayan tetapi dapat juga diterapkan apda klinik kecantikan.
  • Menggunakan refferral program atau bekerja sama dengan konsumen menjadi cara lain meningkatkan omzet klinik kecantikan. Anda memberika diskon atau pelayanan tertentu kepada konsumen yang membawa teman atau kerabat untuk datang ke klnik.

    Program ini dapat membuat konsumen menjadi pelanggan tetap sekaligus membuat pengunjung bertambah.
  • Membuat loyalty program sering pula digunakan oleh berbagai klinik kecantikan. Loyakty program yang paling umum adalah memberi gratis pelayanan ketika konsumen sudah datang sepuluh kali dan kelipatannya.

    Konsumen tentu akan senang sekali dengan pelayanan gratis ini dan akan berusaha datang lebih sering untuk memperolehnya.
  • Fokus pada perawatan tertentu dapat membantu klinik yang baru dibuka.

Di awal Anda dapat membuka klinik khusus perawatan jerawat, klinik sedot lemak, klinik khusus refleksi atau message, klinik totok wajah, klinik perawatan wajah secara tradsional, dan lain-lain.

Itulah ulasan kali ini tentang cara memasarkan klinik kecantikan bersama Kletikan. Jasa dan kurdud digital marketing terpercaya berbasis teori yang sudah dibuktikan oleh pengalaman dan testimoni konsumen. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *