Cara Memasarkan Klinik Kesehatan dengan Sukses

Anda pasti sudah mengetahui bahwa dunia digital marketing semakin berkembang. Jasa dan barang apa saja dapat dipasarkan secara online. Sebagai orang yang bergerak di bidang kesehatan Anda harus tahu cara  memasarkan klinik kesehatan dengan sukses.

Klinik kesehatan yang dimaksud tentu saja klinik dalam arti luas, seperti klinik gigi, klinik 24 jam, klinik kecantikan, hingga prakter dokter di jam-jam tertentu atau 24 jam. Jika konsumen barang adalah orang yang membutuhkannya, pasar klinik kesehatan adalah orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan.

Meski belum sebanyak produk dan jasa lain, pelaku bisnis klinik kesehatan mulai melirik cara online untuk pemasaran. Digital marketing yang dapat Anda ketahui lebih dekat di Kletikan. Sebuah jasa digital marketing untuk semua bidang dan berbagai keperluan.

Pemasaran secara online yang dilayani oleh Kletikan, mencakup beberapa bidang dengan uraian singkat di bawah ini.

Strategi Pemasaran Klinik Kesehatan Online yang Jitu

Berdasarkan pengalaman sendiri dan beberapa klien yang sudah dibantu dalam meningkatkan pemasaran bidang usaha kesehatan, Kletika biasanya menyarankan beberapa stretegi pemasaran online.

Beberapa strategi tersebut, antara lain:

  1. Meningkatkan Awareness

Konsumen klinik kesehatan adalah masyarakat di sekitarnya. Meski pemasaran dilakukan secara online, konsumennya tidak akan terlalu jauh.

Namun, seringkali masyarakat di sekitar tidak menyadari benar keberadaaan klinik baru yang ada di wilayahnya.

Itu sebabnya Anda harus meningkatkan awareness. Misalnya dengan menyelenggarakan event tertenu seperti senam lansia.

Secara online, Anda dapat mendaftarkan klinik di Goolgle Bisnis. Dengan mendaftarkan, siapa saja yan berada memerlukan layanan kesehatan dan berada di jangkauan wilayah terdekat akan diarahkan peta menuju klinik.

  1. Membuat Iklan Click to Call

Illan click to call merupakan layanan yang ada pada facebook atau Adwords. Di sini yang mengkilk dalah orang-orang yang membutuhkan jasa. Di mana pendaftaran dilakukan secara online menggunakan ponsel pintar atau gadget.

  1. Membuat Iklan Call Only

Selain iklan click to call, aplikasi Adwords juga menyediakan iklan call only. Sebuah iklan yang cara memanfaatkannya juga mendaftarkan langsung saay dibutuhkan.

Misalnya,  seseorang yang sebelumnya pernah melihak iklan klinik. Saat dirinya atau keluarga sakit, maka dia akan kembali ke iklan untuk menekan call only. Sampai di klinik, pasien langsung mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

  1. Membuat Pengikat Janji dengan Pasien

Pengikat janji hanya dapat dilakukan apda pasien tertentu yang memerlukan rawat jalan beberapa kali.

Dengan pengikat, diharapkan pasien akan datang kembali ke klinik Anda.

Alat online yang dapat digunakan untuk ini dapat berupa Google Calendar atau email.

  1. Memasarkan Ulang Melalui Email dan Facebook

Memasarkan ulang berlaku untuk klinik yang sudah lama ada dan ingin meningkatkan jumpah pengunjung.

Anda dapat memperkenalkan diri kembali melalui media sosial, website, dan email marketing ke seluruh basis data yang dimiliki.

Pemasaran ulang bertujuan pula untuk meningkatkan awarness.

Selain secara online, Anda dapat dan perlu pula menyebarkan brosur secara manual.

itulah beberapa cara memasarkan klinik kesehatan secara online. Beberapa cara mungkin Anda belum kenal atau pahami. Anda dapat mencarinya secara detil di Google search atau langsung saja berhubungan dengan Kletikan. Di Kletikan semua dijelaskan dengan terperinci dan langkah mudah sehingga Anda dapat langsung mempraktekkannya.

baca juga Cara Memasarkan klnik

Cara Meningkatkatkan Jumlah Kunjungan Pasien

Saat ini klinik kesehatan dalam berbagai bentuk ada di sekitar dalam jarak yang saling berdekatan. Bagi Anda yang baru saja berbisnis di bidang ini atau ingin meningkatkan omzet, perlu cara menarik pasien sendiri yang jitu.’

Langkah dan tips menarik pasien tersebut dibagi ke dalam beberapa bagian, yaitu:

  1. Memberikan Layanan yang Efisien

pasien dan keluarga mau datang ke suatu klinik jika layanannya efisiein. Mereka tidak menunggu lama kedatangan dokter. Selain itu, dokter dan perawat, serta semua yang berhubungan dengan mereka juga ramah.

Dokter memberi penjelasan kepada pasien dan keluarga tentang penyakit secara detil. Selain itu, dokter juga mau ditanya apa saja.

Tidak ada kesombongan jika pasien mempertanyaken efektivitas obat yang diterima.

Dokter juga datang tepat waktu sesuai jadwal yang ada. Kasihan mereka yang sakit jika harus menunggu terllau lama.

Jika ternyata dokter tidak datang tepat waktu, hendaknya disampaikan kepada pasie dan keluarga sehak mereka datang lebih awal. Pekerjaan menunggu bukanlah suatu hal yang menyenangkan.

Perawat juga demikian. Melayani dengan senyum setiap pasien dan keluyarga yang datang.

Mengapa harus demikian? Karena mereka yang sakit atau keluarganya pasti khawatir. Kegalauan dan kekhawatiran akan terobati jika semua yang berhubungan di rumah sakit bersikap baik.

  1. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Karyawann klinik meliputi perawat, bagian administrasi dan pendaftaran, customer service, dan mungkin jua dokter.

Anda perlu menegaskan kepada semua karyawan visi dan misi. Sampaikan pula cara berhubungan dengan pasien. Jika perlu, ikursertakan mereka pada pelatihan agar kinerja meningkat.

Khusus bagi bagian kebersihan, ingatkan selalu untuk membersihkan atau menyapu setiap beberapa jam sekali. Kebersihan merupakan performa lain dari klinik kesehatan.

  1. Memberi Harga yang Masuk Akal

Maukah Anda datang ke klinik dengan harga yang mahal dan pelayanan pas-pasan?

Tentu saja tidak!

Harga ini sudah harus Anda perhitungkan sejak awal. Misalnya, berapa jasa dokterm jasa perawat, jasa laboatorium tertentu, dan harga obat jika tersedia langsung.

Jangan mengambil keuntungan terlalu besar. Jika perlu sesekali berikanlan diskon. Meski asien dan keluarga orang yang mampu secara ekonomi, ada yang sedang sakit. Mungkin saja sakir pasien kronis atau akut dan membutuhkan biaya besar,

  1. Memanfaatkan Teknologi

Memanfaatkan teknologi yang dimaksud tentu saja digital.

Anda harus mempelajari cara marketing email, click to call, dan sebagainya. Jika perlu klinik bisa saja mempunyai akun ssial emdia sendiri yang bisa update setiap hari. Ini cara memperkenalkan diri kepada pasien baru dan meningkatkan awarness mereka.

Tiga cara pertama merupakan hal yang berhubungan dengan performa. Anda tidak dapat meningkatkan kunjungan pasien jika ketiganya tidak diperhatikan. Meski cara memasarkan klinik kesehatan sudah dilaksanakan, pasien yang datang mungkin tidak kembali lagi. pada akhirnya kenaikan omzet tidak dicapai.

Jadi, ketika Anda akan memulai bisnis kesehatan semua harus direncanakan. Misalnya, dengan melihat contoh marketing plan klinik kecantikan. Bisnis ini memerlukan modal besaar untuk ijin praktek dan perlengkapan, Anda tidak dapat membuatnya tanpa perencanaan matang.

Khusus untuk poin nomor empat, memasarkan klinik dengan teknologi atau secaa digital, Kletikan jagonya.

Cara Sukses Praktek Dokter

Membuka praktek dokter merupakan bagian dari klinik kesehatan. Namun, praktek dokter biasanya klinik dalam skala lebih kecil, hanya terdiri dari satu sampai dua orang dokter. Kebanyakan praktek dokter dibuka untuk gigi dan pelayanan umum. Jarang sekali praktek dokter spesialis penyakit dalam atau kandungan. Dokter spesialis dapat Anda temui di klinik lebih besar.

Membuka praktek dokter sendiri, meski artinya memulai usaha sendiri, memberi keuntungan cukup besar. Jika sukses, nama Anda sebagai dokter lebih dikenal. Selain itu, pemasukan juga akan meningkat.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana cara meningkatkan omset klinik kesehatan berskala kecil ini. Beberapa cara yang sering disarankan untuk diterapkan oleh Kletikan, antara lain:

  1. Memiliki Surat Ijin Prakte

Jika Anda membuka praktek dokter sendiri, pastikan sudah mempunyai Surat Ijin Praktek atau SIP. begitu pula jika klinik memperkejakan dokter sebagai karyawan.

SIP ini penting sebagai bukti bahwa Anda lulus ilmu kedokteran dan telah mempunyai ijin praktek sendiri atau emnjadi dokter profesional. Bukti Anda telah memenuhi syarat untuk praktik kedokteran.

Di Indonesia, SIP diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 512  /MENKES/PER/IV/2007 Tentang Izin Praktik dan Pelaksanaan Praktik Kedokteran.

SIP mempunyai manfaat, yaitu:

  • Pengendalian aktivitas medis, di mana tidak sembarang orang dapat membuka praktek dokter. Dengan demikian pemerintah dapat memantau kegiatan medis di wilayah tertentu.
  • Meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan, dengan vara mengorganisassi pekerja medis untuk ditempatkan di instansi-instansi pemerintah yang memerlukan.
  • Memberikan kepastian hukum kepada masyarakat pengguna jasa kesehatan. Semua tindakan yang dilakukan terahdap pasien tidak sembaran karena sesuai prosedur medis dan didasari dengan ilmu.

Dengan semakin berkembangnya dunia digital, pemerintah juga kini menerbitkan sSIP online.

  1. Menganalisa Pasar

Sama dengan pendirian usaha lain, klinik kesehatan juga didirikan dengan analisis pasar.

Anda harus mengetahui kebutuhan medis masyarakat sekitar dan standar kesehatan yang dimiliki.

Anda tidak dapat mendirikan klinik gigi misalnya, jika itu bukan menjadi bagian penting bagi masyarakat.

Jika disekitar klinik terdapat banyak remaja, Anda mungkin saja membuka klinik gigi dengan orientasi kecantikan, seperti pasang kawat dan meratakan gigi. Sementara dengan masayarakat usia lanjt, klinik gigi yang dibutuhkan adalah perawatan, seperti penambalan dan pencabutan.

Saat analisa pasar, perhatikan pula pesaing yang ada di sekitar.

  1. Menerapkan Strategi Pemasaran Jitu

Bagian selanjutnya adalah menerapkan strategi pemsaran yang jitu.

Strategi ini sudah dibahas di bagian sebelumnya, yaitu meliputi peningkatan awarness, menggunakan iklan click to call, email marketing, dan sebagainya.

  1. Manajeman Penetapan Tarif

Penetapan tarif meliputi tarif dokter, tarif perawat, dan harga obat, serta penggunaan fasilitas yang ada.

Semuanya sering kali dijadikan satu ketika membayar.

Anda harus memperhitungkan hal ini sejak awal agar tidak memasang terlalu tinggi yang memberatkan pasien tetapi tidak pula terlalu rendah yang berakibat rendahnya fee yang diperoleh tenaga medis.

  1. Memberkan Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik ini meliputi pelayanan tenaga kesehatan, kinerja karyawan, dan petugas yang bekerja di klinik.

Pelayanan dan kebersihan merupakan performa klinik yang pertama kali dlihat oleh pasien dan keluarga yang berkunjung.

  1. Memberikan Kemudahan Pembayaran

Meski tidak berpengaruh langsung, Anda sebaiknya juga memberi kemudahan pembayaran kepas pasien. Apalagi saat keluarga sakit berat, terkadang uang cash tidak dibawa.

Jadi, siapkan cara mudah seperti pembayaran dengan transfer atau uang elektronik lain. Jika pasien rawat inap, berikanlan kemudahan masuk terlebih dahulu baru mengurus administrasi.

Dengan memperhatikan 6 cara memasarkan klinik kesehatan, khusus praktek dokter di atas, Kletikan telah mengantarkan beberapa orang ke arah lebih sukses. Banyak dari mereka yang kemudian sudah mempunyai klinik lebih besar dan bekerja sama dengan beberapa dokter.

Contoh Iklan Klinik Kesehatan

Di atas, Anda mungkin sudah membaca berbagai tips seputar cara memasarkan klinik kesehatan.

Dari semua yang telah diuraikan, ada bagian terpenting yaitu bagaimana beriklan atau mempeomosikan klinik kesehatan secara online.

Iklan secara online, misalnya dalam cara mengembangkan klinik kecantikan harus memperhatikan strategi berikut.

  1. Menggali Kebutuhan Masyarakat

Kebutuhan masyarakat yang dimaksud terkait dengan target pasar di atas.

Namun, jika Anda membuka praktek dokter online yang jangkauannya lebih luas, Anda hanya perlu menyesuaikan.

Praktek dokter online yang saat ini banyak berdiri di internet biasanya memebri saran dan onat secara daring pula. Dokter tidak bertatap muka dengan pasien.  Harga dan pelayanan lain dapat ditekan. Namun, Anda harus memastikan bahwa dokter dapat menganalisa penyakit pasien secara benar. Perlu dokter yang berpengalaman di bidang ini.

  1. Menyusun Rencana Promosi dengan Target yang Tepat

Promosi secara online juga perlu disusun dengan target yang tepat, sama dengan usaha lain.

Jika Anda ingin promosi menggunakan facebook atau layanan click to call di sini, pastikan audience akun adalah sasaran Anda, meski facebook sudah mempunyai data sendiri ketika menampilkan iklan.

Survei terhadap media dan konten iklan sangat diperlukan.

  1. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Teknologi digital memang merupakan teknologi yang berkembang sangat cepat. Teknologi ini

Perhatikan saja berapa kali dalam setahun algoritma dan WhatsApp dan facebook berubah dan bertambah.

Lima tahun lalu belum ada WA bisnis dan sudah dua tahun ini mulai diperkenalkan.

Hal-hal seperti di atas harus Anda ketahui untuk memasrkan ajsa klinik kesehatan secara online.

Namun, jika ingin praktis Anda dapat langsung berhubungan dengan Kletikan. Perusahaan ini memebrikan konsultasi gratis. Selian itu, Kletikan juga menyelenggarakan pembelajaran online dan membantu tgas digital Anda.

  1. Meningkatkan Kunjungan Website

Website dapet menjasi sarana iklan dan promosi yang bagus.

Anda dapat membuat konten kesehatan yang kemudian di bagian dalamnya diberi tulisan untuk menuju layanan kesehatan yang ada.

Tentu saja ini dapat berhasil jika website mempunyai banyak pengunjung. Artinya Anda harus memahami SEO. Pengunjung website ini dapat pula dinaikkan dengan mengoptimalkan akun emdia sosial yang dimiliki.

SEO dan optimaliasasi akun media sosial, seperti facebok dan instagram dapat Anda tanyakan pengoperasiannya juga kepada Kletikan. Panduan digital marketing berbagai usaha.

  1. Membuat Konten yang Menarik

Konten dapat berupa video, artikel, dan foto jika di website.

Konten ini harus menarik agar meningkatkan pengunjung.

Pembaca atau penikmat video biasanya lebih suka dengan konten yang bukan melulu iklan.

Coba saja perhatikan, di Youtube mungkin kebanyakan iklan akan dilewati pemitsanya kecuali ebnar-benar menarik. Berbeda jika iklan tersebut masuk secara terselubung dalam video Youtube. Misalnya, iklan es krim yang dimakan oleh Youtuber cilik.

Khusus untuk iklan ini, jadikan diri Anda konsumen dan lihat apa yang disukai. Buatkan konten yang demikian sehingga banyak pula yang menyukainya.

Kelima strategi di atas dapat kamu pelajari saat kursus atau belajar online digital marketing dengan Kletikan. Bagi Anda yang ingin lebih praktis, menggunakan jasa digital marketing Kletikan juga mudah dan terjangkau.

Semua yang Anda butuhkan seputar digital marketing jelas tersedia.

Tertarik? Kunjungi saja website kletikan.com. Testimoni, portofolio, profil pemilik, hingga artikel tentang strategi pemasaran ada dalam website.

jadi, jangan pernah ragu! Saatnya Anda tahu dan praktek cara memasarkan klinik kesehatan secara online dari Kletikan. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *