Cara membangun tim dan Reseller

cara membangun tim online | Ketika Anda membangun bisnis atau perusahaan tentunya Anda membutuhkan tim. Tidak mungkin Anda menjalankan semuanya sendiri, dibutuhkan tim super untuk mendukung tercapainya visi misi bisnis Anda. Membentuk superteam tentu tidaklah mudah, dibutuhkan usaha, perjuangan, inovasi, kesabaran, kerja keras, dan tentunya energi positif untuk membentuk dan memanajemen superteam. 

Sebenarnya Apa Itu Supertim…… ?

Tim adalah sekelompok orang yang bekerja berdasarkan tujuan atau goal tertentu. Dimana sebenarnya, tiap orang dalam tim memiliki goals pribadi yang menguntungkan mereka. Misalnya, mereka mungkin akan melakukan suatu pekerjaan dengan cara tertentu demi mempercepat kenaikan jabatan atau gaji, dibandingkan kenaikan atau promosi tim. Tentunya banyak sekali anggota tim Anda yang begini. Karena pada dasarnya orang akan memikirkan dan mengutamakan dirinya sendiri. Sangat sulit untuk menemukan orang yang loyal dan lebih mementingkan visi misi tim atau perusahaan dibandingkan visi misinya sendiri. Oleh karena itu, jika Anda sudah memiliki super tim yang solid, mengutamakan visi misi bersama perusahaan, mendedikasikan tenaga, pikiran, dan waktunya demi perusahaan, jagalah dan pertahankan mereka. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan supertim tapi mereka tidak menyadarinya, atau bahkan selalu gagal membentuknya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan kami bahas cara atau langkah membangun super tim yang solid dan hebat. 

cara membangun tim online

Superteam dapat bekerjasama dengan efektif dan efisien, mereka terbiasa dan dapat mengatasi perubahan dengan baik. Tim ini merupakan tim super yang selalu siap dengan segala tantangan yang ada. Solusi adalah hal pertama yang tertanam dalam diri mereka. Sehingga berbagai masalah tidak lagi menjadi momok mengerikan. Namun, masalah adalah sesuatu yang selalu dinanti untuk dituntaskan agar kinerja tim selalu bertumbuh kearah yang lebih baik. Pada dasarnya superteam bekerja untuk menyelesaikan tugas sesuai job desk nya masing-masing, meningkatkan kinerjanya, menyelesaikan masalah dan menghadapi tantangan. Superteam berisi orang-orang yang memiliki dedikasi tinggi untuk pekerjaan mereka dan fokus mereka untuk melakukan yang terbaik untuk tim. Mereka terus berusaha memperbaiki diri sendiri dan memastikan bahwa seluruh anggota tim saling mendukung menuju kebaikan. Oleh karena itu, tingkat kepercayaan dan loyalitas antara satu sama lain di superteam sangatlah tinggi. Dapat dipastikan dengan segala aspek tersebut, super team adalah tim hebat yang selalu memberikan kinerja yang terbaik untuk mencapai goals. 

Kenapa Anda Membutuhkan Superteam?

Dunia kerja sedang menghadapi perubahan besar-besaran dengan pensiunnya generasi Baby Boomer dan banyaknya generasi Millenial yang memasuki dunia kerja. Apalagi dengan adanya Covid-19 yang memberikan dampak besar di seluruh dunia. Sebelumnya kita telah terbiasa dengan dunia digital dan online. Namun, saat ini semua aktivitas benar-benar berpindah ke dunia digital untuk meminimalisir interaksi di dunia nyata. Oleh karena itu, di bidang apapun saat ini sedang banyak dibutuhkan keahlian yang dimiliki oleh generasi millenial. Seperti mengelola sosial media, promosi, iklan, toko online, branding, entertainment, dsb. Selain itu dapat dilihat pengaruh milenial & gen Z adalah perubahan work life balance, dari yang sebelumnya “hidup untuk bekerja” sekarang berubah menjadi “bekerja untuk hidup”. Milenial dan gen Z menginginkan lebih dari bekerja saja. Pekerjaan bukanlah jalan untuk mengamankan status ekonomi saja. Namun, pekerjaan mereka benar-benar menjadi media aktualisasi diri, sesuatu yang benar-benar mereka sukai atau sesuai jati diri. Oleh karena itu tidak heran jika Anda sering mendengar istilah “kutu loncat”. Hal ini terjadi karena ketika mereka merasa tidak cocok atau tidak menyukai sesuatu di tempat kerja, milenial dan gen Z tidak akan ragu-ragu untuk berhenti dan mencari pekerjaan lain.

Dengan work ethic yang seperti ini, sebenarnya mereka memiliki dedikasi yang tinggi untuk pekerjaan. Dengan pengelolaan yang baik, generasi millenial dan Z dapat membentuk super tim yang hebat yang dapat menghadapi segala masalah dan membesarkan perusahaan Anda. Tidak hanya itu, mereka juga akan meningkatkan budaya perusahaan dan kinerja tim yang sangat krusial untuk menjaga karyawan dan meminimalisir keluar masuknya karyawan baru. 

6 Langkah Membangun Super Tim

  1. Buatlah Visi, Misi, dan Tujuan yang Jelas

Setiap supertim yang sukses di berbagai bidang bisnis, memiliki visi & misi untuk tim mereka. Sehingga mereka bekerja dan melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan yang sama. Tujuan yang dibuat juga harus menciptakan aktivitas yang dilakukan bersama. Sehingga kekompakan tim juga dapat terbentuk dan menguat. Selain itu, pastikan bahwa tujuan tim Anda sesuai dengan visi misi perusahaan. Pastikan juga bagaimana tim tersebut melakukan pekerjaannya untuk mencapai visi misi tersebut. Goals atau tujuan yang jelas pada tim akan membuat tim Anda bekerja lebih fokus dan memiliki ukuran tertentu yang dituju. Dampingilah tim Anda untuk mengukur progress tim dan bisnis Anda. Dengan tercapainya tujuan atau goals tim dan mendapatkan hasil yang bagus pula, akhirnya memberikan dampak yang positif pada tim & perusahaan.

  1. Rekrut Orang yang Tepat untuk Tim

Setiap orang yang Anda rekrut  akan memiliki dampak yang besar pada kesuksesan tim tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk merekrut orang yang tepat! Kita tentunya menyadari bahwa tim seringkali sudah terbentuk sejak lama dan mereka bertahan. Tentu tim ini sudah berisi orang-orang yang loyal, tetap pertahankan tim ini dan kelola sedemikian rupa agar tetap dapat mendukung kesuksesan bisnis Anda. Anda memiliki beberapa pilihan, salah satunya membentuk tim baru atau merekrut orang untuk masuk ke tim yang sudah ada sebelumnya. Yang jelas, untuk kedua pilihan tersebut Anda harus memilih orang yang tepat. Rekrutlah orang-orang yang akan memberikan kontribusi pada tercapainya goals tim yang otomatis juga akan mensukseskan bisnis Anda. Banyak perusahaan yang merekrut karyawan atau anggota tim baru hanya berdasarkan kinerjanya, tanpa mempertimbangkan apakah orang tersebut akan cocok dengan tim yang ada. Padahal sebenarnya pada suatu perusahaan maupun bisnis yang terpenting adalah kerja tim, apa gunanya memiliki anggota tim yang memiliki kinerja yang sangat baik tapi tidak bisa bekerjasama dengan orang lain? Pastikan bahwa orang yang Anda rekrut adalah orang yang sesuai dengan budaya tim yang ada. Ini merupakan hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan ketika membentuk superteam. Karena setiap tim memiliki warnanya sendiri, dan tidak semua orang akan cocok. 

  1. Bangun Kepercayaan

Pada tiap hubungan apapun, khususnya hubungan kerja tentunya memerlukan komunikasi yang jelas dan saling percaya satu sama lain. Dalam sebuah tim, tingkat kepercayaan sangatlah penting. Ketika tidak ada keraguan antar anggota tim, maka dapat dipastikan tim tersebut akan solid dan saling mendukung satu sama lain. Oleh karena itu kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam membangun super tim san superteam harus saling mempercayai satu sama lain.

  1. Keterbukaan Satu Sama Lain

Keterbukaan adalah salah satu proses membangun kepercayaan, hubungan, dan transparansi dalam tim. Jika Anda melihat hasil survey hubungan antar karyawan di sebuah perusahaan, maka Anda akan menemukan banyak komplain atau masalah komunikasi. Hal ini tentunya membuat kita sadar bahwa komunikasi adalah hal yang sangat penting meskipun sering kita abaikan. Jika Anda ingin meningkatkan budaya perusahaan, budaya tim, atau meningkatkan kinerja tim, kuncinya ada di komunikasi. Tingkatkanlah komunikasi antar orang, antar tim, dsb. Karyawan atau anggota  tim Anda tentunya ingin tahu kondisi perusahaan yang sebenarnya. Mereka membutuhkan cukup informasi untuk melakukan pekerjaan, mengetahui alasan mengapa mereka melakukan pekerjaan tsb, mereka ingin didengar dan mereka menginginkan komunikasi yang jelas dan transparan antar tim.

  1. Orientasi Pada Solusi

Ketika timbul masalah di sebuah tim, maka segeralah cari akar permasalahan tersebut dan selesaikanlah. Karena, ketika ada masalah yang mengganjal dan belum benar-benar selesai akan memberikan dampak negatif dalam tim. Baik itu pada hubungan antar orang dan kinerja tim secara keseluruhan. Sebaiknya buatlah budaya kerja seprofesional mungkin, dan berikan fasilitas untuk bisa menyelesaikan masalah tanpa menyalahkan dan menimbulkan sakit hati. Sehingga meski timbul masalah apapun, dapat terselesaikan dengan baik dan terhindar dari masalah yang lebih rumit di masa depan.

  1. Motivasi & Apresiasi Anggota Tim

Sebagai pemimpin sebuah super tim, Anda harus selalu memotivasi, menghargai, melibatkan, dan mengapresiasi semua anggota tim Anda. Memberikan pujian, apresiasi, feedback, dan pengakuan ketika anggota tim telah menyelesaikan pekerjaan atau mencapai suatu goals adalah hal yang penting. Dengan begitu, Anda akan membuat semua anggota tim merasa dihargai, dibutuhkan, dan mereka merasa telah benar-benar memberikan kontribusi terhadap kesuksesan tim. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara memotivasi setiap individu, karena setiap orang akan memiliki pendekatan dan cara yang berbeda. Ketika Anda telah memahami bagaimana cara memotivasi mereka, maka Anda bisa menghargai dan mengapresiasi tiap individu dengan lebih baik lagi. Tentunya apresiasi dan motivasi tidak dilakukan jika tidak berdampak untuk perusahaan. Anggota tim yang terapresiasi dan termotivasi dengan baik, tentunya akan memberikan kinerja yang terbaik untuk perusahaan Anda. 

  1. Hargai Anggota Tim Anda

Respek atau menghargai adalah salah satu kunci dari setiap hubungan kerja yang baik. Sangat penting bagi Anda para leader, untuk menghargai seluruh anggota tim Anda dan membangun respek antar anggota tim. Jika Anda benar-benar ingin membentuk superteam, maka Anda harus memikirkan bagaimana cara untuk menghargai tiap individu dengan merata. Anda harus menghargai sepenuhnya baik dari pikiran, perasaan, pengalaman, dan skills yang mereka miliki. 

  1. Challenge Tim Anda

Superteam perlu ditantang agar terus tumbuh. Berikanlah target yang menantang untuk tim, tentunya buatlah target yang masuk akal sehingga tim akan termotivasi untuk mencapainya. Dengan terus belajar, menyelesaikan masalah, dan berusaha mencapai target akan membuat tim Anda lebih solid. Selain itu, tantangan dan target juga akan membuat tim Anda siap menghadapi masalah apapun di masa depan.  Target tantangan ini dimaksudkan untuk menaikkan kapasitas individu maupun tim. Mereka di push untuk bekerjasama dalam mencapai suatu tujuan dan menghadapi segala tantangan bersama.

  1. Rutinkan Aktivitas Team Building  

Aktivitas team building sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan rasa saling memiliki, saling membutuhkan, dan kebersamaan tim. Sehingga tim akan tetap solid dan kuat. Semua aktivitas team building tentunya akan membantu menguatkan hubungan dalam tim, menyelesaikan masalah, membangun komunikasi yang lebih baik, dan membantu tim untuk bekerjasama dengan efektif dalam mengerjakan sesuatu. Chemistry yang baik akan terbangun melalui team building, jangan ragu dan luangkanlah waktu untuk melaksanakan tim building. Investasikan sedikit saja waktu untuk kebersamaan tim Anda, karena Anda bekerja dengan manusia bukan robot. 

Kesimpulan

Membangun super tim membutuhkan banyak tenaga, usaha, dan kerja keras. Namun, dijamin tidak akan rugi. Anda berinvestasi pada kesuksesan bisnis Anda dengan membentuk super team terhebat. 9 cara diatas adalah berbagai cara yang perusahaan kami terapkan dalam membentuk superteam. Diantaranya kami memiliki program team building yang disebut Fast Track. Melalui program tersebut tim dibangun dan dibentuk untuk memiliki rasa yang sama, visi misi yang sama, yang akhirnya mendukung visi misi perusahaan. Sehingga mereka dapat mencapai visi misi pribadi melalui tercapainya visi misi perusahaan. Membentuk supertim bersama generasi millenial dan generasi Z adalah bekerja dengan hati, dimana aktualisasi diri adalah hal yang penting. Buatlah superteam Anda dan sukseskan bisnis Anda sekarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *