Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Minim

Tiap orang bisa memulai bisnis yang menghasilkan uang. Anda tidak butuh pengetahuan teknis untuk tahu cara memulai bisnis online. Anda tidak perlu tahu bagaimana membangun website, dan Anda tidak membutuhkan pengetahuan programming.

Anda juga bisa tinggal di mana saja, mengatur jadwal sendiri dan bekerja seminimal mungkin, tergantung seberapa besar dan seberapa cepat Anda ingin bisnis ini tumbuh.

Dan yang paling penting Anda tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa mendapat banyak keuntungan bisnis dan menjalankannya tanpa uang sama sekali, karena ada banyak layanan gratis yang memfasilitasinya.

Misalnya, Anda bisa membuat website atau blog gratis menggunakan WordPress. Atau Anda bisa manfaatkan situs pihak ketiga seperti Amazon atau Ebay untuk menjual produk.

Berikut ini beberapa cara memulai bisnis online dengan sedikit atau bahkan tanpa modal sama sekali:

Drop Shipping

Photo credit: Google

Yang dimaksud bisnis dropship online adalah, sebagai pemilik bisnis kecil, Anda tidak perlu menjaga inventaris produk atau menangani pengiriman ke pelanggan.

Ini mengurangi risiko finansial dan Anda tak perlu memiliki gudang penuh barang yang mungkin tidak Anda jual. Anda juga tidak repot mengirim pesanan ke seluruh wilayah. Faktanya, di bisnis dropship Anda tidak perlu menyimpan produk sama sekali.

Tapi Anda bekerja dengan perusahaan yang spesialis dalam dropship. Begini cara kerjanya:

  • Anda membuat daftar produk untuk dijual di website
  • Ketika pelanggan melakukan pembelian, Anda membeli produk dari pihak ketiga dengan harga yang lebih rendah. Proses ini sama dengan mem-forward pesanan dari pelanggan, prosesnya bisa dibuat secara otomatis.
  • Dropshipper Anda lalu mengirim produk ke pelanggan.

Cukup mudah bukan? Dengan drop shipping, Anda bisa tawarkan banyak produk, jadi biaya operasi untuk bisnis Anda sangat rendah.

Kekurangan bisnis dropship

Photo credit: Google

Tidak ada risiko untuk Anda karena Anda bahkan tidak membeli produk. Lalu, apa yang jadi kekurangan dari model bisnis dropship? Anda harus temukan dropshipper yang bereputasi baik dan bisa diandalkan untuk mengirim barang ke pelanggan. Bila pesanan terlambat atau barang tidak keluar, atau produk kualitasnya buruk, Anda yang akan disalahkan.

Selain itu, karena market ini sangat kompetitif, marginnya, yakni perbedaan antara harga grosir dan harga Anda menjual produk, akan lebih rendah.

Satu cara untuk unggul dalam kompetisi di bisnis dropship adalah dengan mem-privat label produk Anda. Dengan begitu Anda tidak menjual brand produk yang sama, tapi Anda bisa gunakan brand sendiri dan menghadapi kompetisi yang lebih kecil.

Marketing afiliasi

Photo credit: Google