Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Minim

Tiap orang bisa memulai bisnis yang menghasilkan uang. Anda tidak butuh pengetahuan teknis untuk tahu cara memulai bisnis online. Anda tidak perlu tahu bagaimana membangun website, dan Anda tidak membutuhkan pengetahuan programming.

Anda juga bisa tinggal di mana saja, mengatur jadwal sendiri dan bekerja seminimal mungkin, tergantung seberapa besar dan seberapa cepat Anda ingin bisnis ini tumbuh.

Dan yang paling penting Anda tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa mendapat banyak keuntungan bisnis dan menjalankannya tanpa uang sama sekali, karena ada banyak layanan gratis yang memfasilitasinya.

Misalnya, Anda bisa membuat website atau blog gratis menggunakan WordPress. Atau Anda bisa manfaatkan situs pihak ketiga seperti Amazon atau Ebay untuk menjual produk.

Berikut ini beberapa cara memulai bisnis online dengan sedikit atau bahkan tanpa modal sama sekali:

Drop Shipping

Photo credit: Google

Yang dimaksud bisnis dropship online adalah, sebagai pemilik bisnis kecil, Anda tidak perlu menjaga inventaris produk atau menangani pengiriman ke pelanggan.

Ini mengurangi risiko finansial dan Anda tak perlu memiliki gudang penuh barang yang mungkin tidak Anda jual. Anda juga tidak repot mengirim pesanan ke seluruh wilayah. Faktanya, di bisnis dropship Anda tidak perlu menyimpan produk sama sekali.

Tapi Anda bekerja dengan perusahaan yang spesialis dalam dropship. Begini cara kerjanya:

  • Anda membuat daftar produk untuk dijual di website
  • Ketika pelanggan melakukan pembelian, Anda membeli produk dari pihak ketiga dengan harga yang lebih rendah. Proses ini sama dengan mem-forward pesanan dari pelanggan, prosesnya bisa dibuat secara otomatis.
  • Dropshipper Anda lalu mengirim produk ke pelanggan.

Cukup mudah bukan? Dengan drop shipping, Anda bisa tawarkan banyak produk, jadi biaya operasi untuk bisnis Anda sangat rendah.

Kekurangan bisnis dropship

Photo credit: Google

Tidak ada risiko untuk Anda karena Anda bahkan tidak membeli produk. Lalu, apa yang jadi kekurangan dari model bisnis dropship? Anda harus temukan dropshipper yang bereputasi baik dan bisa diandalkan untuk mengirim barang ke pelanggan. Bila pesanan terlambat atau barang tidak keluar, atau produk kualitasnya buruk, Anda yang akan disalahkan.

Selain itu, karena market ini sangat kompetitif, marginnya, yakni perbedaan antara harga grosir dan harga Anda menjual produk, akan lebih rendah.

Satu cara untuk unggul dalam kompetisi di bisnis dropship adalah dengan mem-privat label produk Anda. Dengan begitu Anda tidak menjual brand produk yang sama, tapi Anda bisa gunakan brand sendiri dan menghadapi kompetisi yang lebih kecil.

Marketing afiliasi

Photo credit: Google

Marketing afiliasi mirip dengan dropship tapi ada beberapa perbedaannya. Dengan model ecommerce ini, Anda tidak perlu menjaga atau menyimpan produk, dan Anda tidak perlu khawatir tentang pengiriman produk ke pelanggan.

Pada dasarnya Anda memilih niche yang menguntungkan untuk online bisnis Anda, dan  lalu Anda mencari partner afiliasi yang punya produk di niche tersebut.

Anda menawarkan produk untuk dijual, misalnya, di blog atau website ecommerce Anda. Tiap produk punya link unik yang mengarah ke akun partner afiliasi.

Prospek yang mengklik link dibawa ke kereta belanja partner  afiliasi Anda untuk proses checkout. Setelah mereka membeli, pembelian terekam, dan Anda menerima komisi. Nominalnya bervariasi tergantung partner afiliasi, tapi biasanya 5 sampai 25 persen atau 50 persen lebih untuk produk informasi digital.

Anda hanya punya risiko kecil dan tidak perlu investasi juga. Perbedaan besar antara bisnis ini dan dropship adalah bisnis model ini hanya mengharuskan Anda menyediakan link untuk diklik pelanggan dan kemudian penjual yang mengurus semuanya.

Yang Anda perlu lakukan adalah melakukan marketing untuk membuat prospek membeli (melalui media sosial, email marketing, blog, atau metode yang Anda pilih). Tapi setelah mereka klik link afiliasi, semua di luar kendali Anda. Anda tidak perlu mengirim produk atau menjawab pertanyaan pelanggan.

Blogging

Photo credit: Google

Bila Anda punya keahlian atau ketertarikan dalam sebuah subjek, berarti Anda siap untuk mulai menghasilkan uang dari blog. Dengan layanan seperti Blogger, Anda bisa memulai blog, secara gratis. Anda bisa juga ciptakan situs sendiri dan memilih hosting yang murah.

Anda mungkin mengira blogging hanya tentang menulis. Dan bisa saja, bila itu yang ingin Anda lakukan. Tapi postingan blog berupa tulisan baru permulaan saja. Anda bisa posting foto, video, dan link ke situs lain dan artikel lain.

Konten seperti apa yang perlu Anda siapkan? Apa saja yang menarik bagi prospek. Topik tentang cara melakukan sesuatu, tren di niche Anda, atau tips dan trik.  Yang paling penting, Anda perlu sediakan konten yang bermanfaat.

Dari blogging, Anda bisa hasilkan uang dengan banyak cara:

Google AdSense

Photo credit: Google

Iklan pay per click ini muncul di blog Anda. Tiap kali seseorang meng-kilk iklan (yang sebaiknya sesuai dengan niche Anda), Anda bisa menghasilkan uang. Sedikit demi sedikit, lalu menjadi banyak. Anda hanya perlu mendapat kode dari Google, menempatkannya di website, dan iklan akan secara otomatis muncul di blog.

Google hanya akan menunjukkan iklan yang relevan dengan blog, agar menjadi pengalaman bagus untuk pengunjung dan memaksimalkan jumlah klik yang Anda dapat, sehingga lebih banyak income untuk Anda.

Sediakan konten yang bermanfaat

Photo credit: Google

Bila blog Anda membosankan atau informasinya bisa ditemukan di tempat lain, tak akan ada orang yang mau membacanya. Jangan ragu untuk menambahkan personalitas Anda dalam blog.

Menerbitkan konten secara teratur

Photo credit: Google

Orang selalu ingin hal yang baru, jadi pastikan Anda menerbitkan artikel atau video secara konsisten. Bisa satu postingan setiap hari atau tiga kali dalam seminggu. Coba buat jadwal yang sama.

Setidaknya coba jadwalkan satu postingan, video atau konten lain dalam satu minggu.

Video online

Photo credit: Google

Tentu Anda pernah menonton video YouTube. YouTube jadi website yang paling populer di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna menonton ribuan dari jutaan jam video tiap harinya.

Anda bisa gunakan YouTube untuk menghasilkan uang. Anda tidak perlu ciptakan video yang viral, tapi bila bisa dilihat oleh banyak orang, itu hal yang bagus.

Anda bisa ikuti strategi yang terbukti memaksimalkan view video secara teratur. Anda bisa ciptakan konten bermanfaat, yang menarik, yang orang ingin lihat. Bentuknya bisa beragam, bisa video cara melakukan sesuatu atau bicara tentang topik yang orang tertarik.

Anda bisa hasilkan uang dari iklan. Langkah pertama adalah membuat akun YouTube dan mulai mengupload video. Lalu monetasi pengaturan YouTube Anda. Pada dasarnya ini memberi Google akses untuk menyertakan iklan AdSense di video Anda, yang bisa Anda lihat ketika Anda menonton video Anda. Ketika penonton mengklik iklan itu, Anda mendapat bayaran.

Kesempatan lain untuk menghasilkan uang dari saluran YouTube adalah melalui sponsorship. Perbanyak follower dan banyak perusahaan akan senang membayar Anda untuk mempromosikan atau menyebut produk dan layanan mereka di video Anda.

Berikut beberapa tips untuk menciptakan video yang terlihat profesional (tidak membutuhkan peralatan mahal):

  • Anda bisa gunakan smartphone atau kamera video sederhana. Tapi pastikan pencahayaannya bagus agar apa yang ada di video bisa terlihat jelas
  • Pastikan audionya jelas. Pastikan suara AC atau bising tidak merusak kualitas audio
  • Gunakan software editing yang sederhana seperti iMovie untuk memasukkan judul di awal video dan mengeditnya.

Ingat, video Anda sederhana saja tapi sediakan konten yang menarik, bisa juga yang lucu.

Dan untuk menambah jangkauan video Anda, pastikan untuk mempostingnya di halaman bisnis Facebook, Twitter, blog, dan channel lain.

Anda membutuhkan bantuan tentang cara memulai bisnis online? Atau membutuhkan agensi internet marketing untuk membantu Anda membangun bisnis.

Jogja Digital Clinic jawabannya. Jogja Digital Clinic menyediakan jasa digital marketing dan pemasaran terbaik untuk UKM di wilayah Jogja dan sekitarnya. Jogja Digital Clinic didirikan oleh praktisi digital marketing Edi Budiyanto yang telah memiliki banyak pengalaman di bidang ini.

Di Jogja Digital Clinic, kami menawarkan teknik dan strategi untuk membantu Anda meroketkan bisnis sesuai dengan keunikan karakteristik produk yang Anda miliki.

 

Butuh Jasa Digital Marketing??

Bingung Mencari Jasa Digital Marketing yang tepat untuk mengembangkan Bisnis Anda??
Jangan Khawatir, Langsung hubungi Admin Kami
Klik Icon Whatsapp Di Bawah Ini​

★★★★★

Tinggalkan komentar