Tips Memilih Digital Marketing Course Yang Tepat

Bila Anda ingin mengikuti digital marketing course, Anda punya banyak pilihan. Pencarian online atau dengan scrolling di Twitter atau Facebook, Anda bisa lihat sejumlah perusahaan dan pebisnis mempromosikan desain digital marketing course mereka untuk membantu Anda sebagai pemilik bisnis.

Bagi orang yang ingin fokus dalam digital marketing, memilih digital marketing course punya peran penting terhadap kesuksesan meraka. Anda perlu luangkan waktu dan menilai digital marketing course mana yang sesuai dnegan tujuan dan minat Anda. Ada banyak digital marketing course untuk semua level, beberapa bidang yang dipelajari dalam course antara lain:

  •       Search Engine Optimization
  •       Search Engine Marketing
  •       Affiliate Marketing
  •       Social Media Marketing’
  •       Email Marketing
  •       Inbound Marketing
  •       Social Media Optimization
  •       Web Analytics
  •       PPC Marketing
  •       Internet Marketing

Tapi bagaimana menentukan pilihan untuk mendapat digital marketing course terbaik?

Memang, digital marketing course bisa sangat menguntungkan. Pilihan digital marketing course yang tepat bisa mengajarkan Anda metode paling efektif dalam email marketing, iklan Facebook, SEO, affiliate marketing, dan banyak lagi. Bila Anda ingin mulai membangun website untuk bisnis, misalnya, tapi tidak tahu dari mana memulainya, maka mengikuti digital marketing course bisa menghemat kerja keras Anda.

Tidak hanya pemula yang bisa menikmati manfaat dari digital marketing course. Dunia digital marketing selalu berubah. Setelah Anda merasa menguasai semuanya, Anda perlu tahu, akan ada hal yang berubah yang perlu Anda pelajari kembali. Anda perlu jadi orang terdepan yang mengetahui hal ini dan mengikuti digital marketing course akan membuat Anda tetap relevan di mata audiens.

Satu hal yang penting adalah menemukan digital marketing course yang tepat, berikut ini tipsnya:

Minta rekomendasi

Photo credit: Google

Tanya ke taman atau kerabat apakah mereka punya rekomendasi terkait kursus online tentang digital marketing. Tanyakan apakah mereka menyukai kelas yang diikuti, apa yang mereka tidak sukai, dan apakah ada kemungkinan mereka mengikutinya lagi. Bila Anda mendapat referensi ke salah satu course yang dipercaya, maka mungkin Anda tidak perlu mencari-cari lagi.

Bila tidak ada teman atau kerabat yang mengikuti kelas seperti  ini, berarti Anda perlu usaha lebih keras untuk mencarinya. Coba cari di group Facebook untuk para blogger dan marketer untuk mendapat rekomendasi mereka. Coba baca review dan testimoni dari banyak orang.

Perlu diingat, siapa saja bisa membuat website yang bagus dan menjual produk ke Anda. Bila Anda tidak melakukan pencarian dengan baik, Anda bisa saja kena tipu. Jadi bila sulit menemukan referensi, Anda harus terus mencari.

Pastikan perusahaan yang  menawarkan digital marketing course relevan

Photo credit: Google

Sudah pasti, jangan mengikuti digital marketing course yang Anda temukan di website yang kelihatannya dibuat tahun 2006. Ini sama saja menyerahkan uang tanpa mendapat keuntungan apa-apa. Beberapa cara lain untuk memastikan Anda membayar ke perusahaan atau pemilik bisnis yang tepat adalah :

  • Mereka mencantumkan alamat pada akhir nama domain (bukan gmail atau hotmail)
  • Mereka aktif pada setidaknya satu atau dua platform media sosial
  • Mereka merespon dengan cepat dan profesional
  • Situs mereka memiliki tanggal copyright terbaru
  • Anda bisa sedikit mengetahui tentang course yang mereka tawarkan.

Pertimbangkan niche Anda

Photo credit: Google

Sebagai affiliate marketer, Anda akan lebih sukses dengan menentukan niche spesifik untuk diri Anda. Dengan menjadi lebih spesifik tentang klien dan subjek yang Anda kuasai, Anda sebenarnya bisa mendapat audiens yang lebih luas.

Kenapa demikian? Karena Anda akan terhubung dengan orang di tingkat yang lebih personal. Ketika Anda bicara ke audiens luas, orang tidak merasa secara emosi tertarik pada Anda dan apa yang Anda tawarkan. Tapi ketika Anda bicara spesifik tentang minat, harapan, dan impian mereka, maka Anda bisa terhubung dengan mereka.

Jadi ketika Anda mencari digital marketing course, jangan takut untuk mencari yang spesifik juga. Bila Anda fokus pada teknologi terbaru, cari apakah ada course yang spesifik mempelajari niche Anda. Kursus yang lebih spesifik bisa memberi pembahasan yang lebih mendalam.

Bonus yang ditawarkan

Photo credit: Google

Apakah digital marketing course yang Anda pilih menawarkan seperti ebook atau panduan digital? Apakah Anda mengikuti kelas yang menawarkan jaminan uang kembali? Semua ini adalah bonus tambahan yang bisa membantu Anda membuat keputusan.

Ketika Anda menemukan beberapa course yang mengklaim sebagai institusi digital marketing terbaik, Anda perlu cek reputasi mereka. Sekarang bukan zamannya Anda harus percaya orang begitu saja. Manfaatkan teknologi. Cari di internet review yang baik dan buruk tentang mereka. Selain melakukan pencarian di internet. Pastikan Anda mengunjungi secara langsung dan lihat infrastruktur belajarnya, pelatihnya, dan sebagainya.

Pelatih

Photo credit: Google

Pelatih adalah orang yang akan membantu Anda memahami konsep dan industri digital marketing. Lakukan riset tentang kredibilitas pelatih, reputasinya, dan kualitasnya dalam industri digital marketing.

Pelatih harus ahli dalam industri ini dan punya sejumlah pengalaman untuk bisa jadi pelatih terbaik.

Kurikulum

Kursus yang ditawarkan harus sesuai dengan standar industri digital marketing yang terbaru dan update.

Sertifikasi

Photo credit: Google

Sertifikasi harus dari lembaga yang punya otoritas dalam digital marketing. Apakah Anda perlu mencari institusi yang memberikan sertifikasi dari Google  atau tidak?

Isi pelatihan

Photo credit: Google

Digital marketing course merupakan pelatihan profesional untuk meningkatkan keahlian industrial dan sekaligus membantu meningkatkan karir. Jadi ketika memilih digital marketing course yang murah, coba pikir dua kali. Jangan pilih pelatihan yang tidak relevan.

Bandingkan untuk melihat relevansinya dengan konteks industri digital marketing. Pelatihan yang menyertakan semua hal yang digunakan di industri ini, bersama dengan fasilitas dan tool yang dibutuhkan, jadi pilihan yang tepat.

Biaya digital marketing course

Photo credit: Google

Yang terakhir tapi juga penting adalah soal harga. Tentu harga kursus jadi faktor penting, tapi bukan yang utama. Kursus yang lebih murah akan menghemat uang dalam jangka pendek, juga untuk jangka panjang, ketika Anda mencari pekerjaan dan menunjukkan skill di industri ini. Anda bisa temukan digital marketing course dengan diskon besar, tapi Anda perlu melihat institusi dan kursusnya secara menyeluruh.

Pendidikan seperti investasi. Investasi yang baik, mendapat hasil yang baik. Bila hanya mempertibangkan harga, Anda tidak akan menemukan yang tepat. Anda ingin mengikuti digital marketing course untuk karir dan bukan untuk menghemat uang. Jadi pilih institusi yang membangun kapabilitas Anda dalam menangani berbagai projek dengan efisien dan membuat Anda tetap update di trend dan teknologi terbaru.

Tinggalkan komentar