Panduan Digital Marketing Dengan Video

Digital marketing Video , Sebuah brand membutuhkan video untuk strategi marketing. Ide ini bukan sesuatu yang baru, yang berubah adalah seberapa pentingnya video pada tiap platform.

Video tidak lagi jadi bagian kecil dari rencana marketing Anda. Video bisa jadi pusat dari usaha kampanye Anda, terutama strategi media sosial Anda.

Kenapa Anda perlu fokus pada digital marketing dengan video?

Photo credit: Google

Video bermanfaat lebih dari sekedar untuk hiburan. Video pada landing page bisa meningkatkan tingkat konversi hingga 80 persen, dan dengan hanya menyebutkan kata “video” pada subjek email, bisa meningkatkan kemungkinan email dibuka hingga 19 persen. Sebanyak 90 persen pelanggan juga mengatakan video membantu mereka membuat keputusan untuk membeli.

Anda membutuhkan Jasa Pembuatan Video Promosi ? Jasa Pembuatan Video

Tapi video tidak hanya mengubah bagaimana market bisnis dan cara pelanggan berbelanja, video juga mengubah bagaimana team sales mengubah prospek dan bagaimana team layanan mensupport pelanggan. Singkatnya, video sangat bermanfaat untuk seluruh bagian bisnis Anda, tidak hanya untuk brand awareness.

Video bisa jadi alat serbaguna untuk team sales, dan video bisa lebih dari sekedar meningkatkan engagement.

Jenis-jenis digital marketing dengan video

Sebelum memulai, Anda perlu tentukan jenis video yang ingin Anda ciptakan. Berikut ini daftarnya untuk lebih memahami pilihan Anda.

Video demo

Photo credit: Google

Video demo menunjukkan bagaimana produk Anda bekerja, baik dengan mengajak penonton melihat software dan bagaimana cara menggunakannya atau dengan unboxing produk dan mengujinya.

Video brand

Video brand biasanya diciptakan sebagai bagian dari kampanye iklan yang lebih besar, menunjukkan visi, misi, atau produk dan layanan sebuah perusahaan. Tujuan dari video brand adalah membangun kesadaran perusahaan dan juga menarik audiens target.

Video event

Photo credit: Google

Apakah bisnis Anda mengadakan conference, diskusi, menggalang data, atau jenis event lain? Tayangkan wawancara dan presentasi menarik dari acara ini.

Video wawancara ahli

Photo credit: Google

Merekam wawancara dengan ahli internal atau pemimpin di industri Anda jadi cara untuk membangun kepercayaan dan otoritas terhadap audiens target. Cari influencer di industri Anda, baik mereka berbagi cara pandang atau tidak, tayangkan diskusi ini di depan audiens.

Video edukasi atau cara melakukan sesuatu

Photo credit: Google

Video instruksional bisa digunakan untuk mengajarkan audiens sesuatu yang baru atau membangun dasar pengetahuan yang mereka butuhkan untuk lebih baik memahami bisnis dan solusi Anda. Video ini juga bisa digunakan oleh team sales dan team layanan ketika bertemu pelanggan.

Video penjelasan

Jenis video ini digunakan untuk lebih baik membantu audiens memahami kenapa mereka membutuhkan produk atau layanan Anda.

Video animasi

Photo credit: Google

Video animasi bisa jadi bentuk yang bagus untuk konsep yang butuh visual kuat atau untuk menjelaskan layanan atau produk abstrak.

Video studi kasus dan testimoni pelanggan

Prospek Anda ingin tahu kalau produk Anda bisa dan akan memecahkan masalah spesifik mereka. Satu cara terbaik membuktikan ini adalah dengan menciptakan video studi kasus yang menampilkan pelanggan yang loyal dan puas. Bawa mereka ke depan kamera untuk menjelaskan masalah dan bagaimana perusahaan Anda membantu mereka memecahkannya.

Video siaran langsung

Photo credit: Google

Video siaran langsung memberi penonton tampilan khusus, misalnya di balik layar perusahaan Anda. Ini juga membuat penonton bertahan lebih lama dan tingkat engagement jadi lebih tinggi.

Penonton menghabiskan waktu hingga 8,1 kali lebih lama dengan video live. Wawancara, presentasi, atau event siaran langsung mendorong penonton berkomentar dengan pertanyaan.

Video 360 derajat dan VR (virtual reality)

Photo credit: Google

Dengan video 360 derajat, penonton menggulung mouse untuk melihat konten dari tiap sudut, seolah mereka secara fisik berada di dalam konten. Gaya video ini membuat penonton mengalami sebuah lokasi atau event, misalnya mengeksplorasi antartika.

VR membuat penonton menavigasi dan mengontrol pengalaman mereka. Video ini biasanya dilihat melalui alat seperti Oculus Rift atau Google Cardboard.

Video Augmented Reality (AR)

Photo credit: Google

Di vidoe ini, ditambahkah lapisan digital untuk apa yang Anda sedang lihat. Misalnya, Anda menunjuk kamera handphone di ruang tamu dan AR membuat Anda bisa melihat berapa bantal ada di ruangan tersebut. Aplikasi IKEA Place jadi contoh tepat untuk ini.

Personalisasi pesan

Video bisa jadi cara kreatif untuk melanjutkan percakapan atau merespon seseorang melalui email atau teks.

Anda bisa merekam ketika Anda berada di meeting penting atau memberi rekomendasi personal. Video ini menciptakan momen yang unik untuk prospek Anda dan bisa mengarahkan mereka ke pembelian produk.

Anda membutuhkan jasa digital marketing ?

Proses pembuatan digital marketing dengan video

Photo credit: Google

Sebelum Anda bersiap, merekam, atau mengedit, mulailah dengan percakapan tentang tujuan dari video Anda. Kenapa? Tiap keputusan yang dibuat selama proses pembuatan video akan kembali lagi ke tujuan video Anda dan tindakan apa yang Anda ingin audiens lakukan setelah menontonnya.

Dan tentu, tanpa tujuan yang jelas, Anda bisa terjebak melakukan rekaman dan mengedit berulang-ulang, dan menghabiskan banyak waktu.

Biasanya ada banyak pemain terlibat ketika membuat video. Bagaimana Anda memastikan mereka sejalan?

Buat kuesioner menggunakan Google Forms dan sampaikan ke para stakeholder. Dengan begitu, Anda bisa mengajukan pertanyaan yang sama dan mengumpulkan jawaban di satu tempat.

  • Siapa audiens target Anda? Persona apa yang Anda targetkan?
  • Apa tujuannya? Apakah untuk meningkatkan brand awareness? Meningkatkan penjualan? Meluncurkan produk baru? Lalu apa yang Anda ingin audiens lakukan setelah menonton video Anda?
  • Dimana video akan ditayangkan? Di Facebook? Di balik form landing page? Anda perlu mulai dengan satu lokasi target, tempat dimana Anda tahu audiens akan menemukan video Anda, sebelum menggunakannya di saluran lain.
  • Kapan video dijadwalkan? Video yang Anda buat selama beberapa bulan akan punya budget yang sangat berbeda dibanding video yang dibuat dalam beberapa hari.
  • Bagaimana anggarannya? Pembuatan video bisa mahal, tapi tidak harus demikian. Lakukan riset dan buat parameter yang realistis, terutama sebelum Anda menjawab pertanyaan selanjutnya.
  • Kreativitas apa yang dibutuhkan? Dengan anggaran dan skill yang ada, pikirkan kreativitas apa yang dibutuhkan. Apakah Anda membutuhkan desainer untuk menciptakan grafik? Apakah Anda akan menciptakan video animasi atau video live?

Awalnya mengedit video dan melakukan digital marketing dengan video bisa terasa tugas yang berat, tapi dengan sedikit latihan dan kesabaran, Anda bisa dengan mudah menghasilkan konten berkualitas tinggi yang unik untuk brand Anda.

Dengan 71 persen pelanggan menonton lebih banyak video online dibanding tahun sebelumnya, brand tidak bisa lagi mengabaikan popularitas video. Untungnya menciptakan konten yang bagus bisa jadi lebih mudah.

Anda bisa ubah tulisan blog menjadi video atau menciptakan tutorial produk. Menggunakan video untuk menunjukkan informasi di cara yang baru dan menarik tentu membuat penonton senang.

Ambil kamera Anda, mulailah merekam dan lihat tingkat engagement meningkat. Waktunya membuat video sebagai bagian penting dari strategi marketing Anda.

Tinggalkan komentar