Harga Geomembrane

Harga Geomembran , Harga Geomembrane 2018 , Harga Geomembrane Eceran, untuk Tambak , Garam dan proyek lainya. HDPE, Liutex dan Huitex

Terjangkau untuk Berbagai Kebutuhan, Manusia adalah makhluk yang sangat kreatif dalam memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Berbagai macam zat atau bahan atau barang dibuat dan selalu diperbaiki fungsinya. Plastik menjadi bahan yang paling banyak digunakan di muka bumi. Namun, zat ini tidak dapat diurai dengan cepat jika Anda membuangnya. Diciptakanlah plastik yang dapat digunakan bebebera kali dengan spesifikasi tinggi. Geomembran merupakan plastik yang demikian. Harga geomembran juga sangat terjangkau.

harga geomembrane
klik di gambar geomembrane untuk terhubung ke wa

Pengertian Geomembran

Tidak semua orang mengenal geomembran. Bahan ini termasuk produk yang masih baru ditemukan.

Geomembran adalah produk plastik yang berbentuk lembaran dengan jenis HDPE / LLDPE / PVC  yang dibuat dengan teknologi paling modern dan canggih sehingga mempunyai berat jenis dan ketebalan tertentu yang terukur dan tidak berubah.

Sama dengan jenis plastik yang lain, geomembranemempunyai kelebihan, antara lain kedap cairan, mudah dibentuk, dapat disambung dan digabungkan (umumnya dengan tehnik pemansasan atau hot wedge / extruder), dan cepat dapat diperbaiki jika ada kerusakan.

Berdasarkan kelebihannya, harga geomembran tergolong lebih terjangkau dari bahan lain.

Jenis Geomembran

Jenis geomembrane telah disebutkan sepintas dalam pengertiannya. Secara lebih jelas, geomembran dikelompokkan berdasarkan density atau berat jenisnya dan tekstur permukaannya.

Berdasarkan berat jenis atau density, jenis geomembran terbagi menjadi dua, yaitu:

  • HDPE atau High Density Polyethilene, sebuah geomembran dengan berat jenis cukup tinggi. Berat jenis yang cukup tinggi  menyebabkan bahan ini akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam cairan.

HDPE dibagi lagi menjadi beberapa jenis geomembran sesuai ketebalannya, seperti 0,5 mm ; 0,75 mm ; 1,0 mm ; 1,5 mm ; 2,0 mm sampai 2,5 mm.

  • LLDPE atau Low Density Polyethilene, sebuah geomembran yang dibuat dengan berat jenis lebih rendah dibandingkan HDPE. Hal ini nanti akan disesuaikan dengan penggunaannya.

Bahan LLDPE mempunyai sifat lebih lentur dan tahan terhadap benda tajam. Akibatnya, jenis geomembran ini lebih awet untuk berbagai keperluan dibandingkan jenis HDPE.

Variasi ketebalan LLDPE, sama dengan HDPE, yaitu 0,5 mm ; 0,75 mm ; 1,0 mm ; 1,5 mm ; 2,0 mm ; sampai 2, 5 mm.

Berdasarkan permukaannya, jenis geomembran dibagi menjadi:

  • Geomembrane dengan permukaan halus
  • Geomembrane dengan permukaan halus

Ketika Anda membeli geomembran, jenis permukaan ini akan terbagi lagi menjadi dua macam, dihitung permukaan dua sisi atau satu sisi.

Tentu saja, jenis produk plastik ini akan mempengaruhi harga geomembran di Jakarta yang akan kita bahas dalam sub judul tersendiri.

Manfaat Geomembran

Sebelum kita membahas geomembran lebih lanjut, Anda harus mengetahui manfaatnya. Ini akan mempengaruhi secara subjektif pandangan Anda tentang mahal atau tidaknya suatu barang. Semakin banyak manfaat dan kemudahan yang diberikan suatu barang tertentu, maka Anda akan menilainya lebih murah. Satu barang untuk berbagai keperluan dengan harga cukup tinggi dibandingkan harga beberapa barang untuk berbagai manfaat.

Manfaat geomembran, antara lain:

  1. Menyalurkan Limbah

Limbah pabrik atau industri seringkali mencemari semua yang dilewatinya. Perusahaan terkadang membuat saluran tertentu agar limbah sampai ke pembuangan. Namun, karena sifat limbah cukup beracun dan mudah beraksi dengan zat lain, seringkali di tengah jalna limbah menetes ke tanah.

Limbah yang menetes ke tanah akan mencemari tanah. Apalagi jika ini terus terjadi. Tanah yang tercemar akan mencajdi racun jika dikonsumsi manusia. Penyakit atau gangguan kesehatan, seperti gangguan pernapasan dan kulit sering terjadi.

Saluran yang dibuat dari geomembran akan mengamankan limbah yang dibuang. Limbah dijamin tidak akan menetes ke tanah dan mencemarinya.

  1. Membangun Kontruksi Jalan

Mirip dengan kegunaan geomembran pada limbah.

Geomembran pada kontruksi jalan dibuat untuk melapisi tanah yang basah dan selalu tergenang air. Jalan yang seperti ini jika dibangun atau dibuat kontruksi di atasnya, membutuhkan ketebalan dan kekuatan tertentu agar lebih aman dan tidak anjlok.

Penggunaan geomembran yang diletakkan pada lapisan atas tanah yang basah akan mempercepat pekerjaan. Tanah tidak perlu dipadatkan. Air yang berada di bawah tidak akan terserap ke atas karena adanya geomembran.

  1. Menampung Sampah pada TPA

Tempat pembuangan akhir sampah atau TPA akan sangat bagus jika menggunakan geomembran. Geomembran  ini diletakkan di atas tanah yang akan djadikan tempat pembuangan sampah. Dengan sifat yang dimiliki, sampah yang tercemar tidak akan mempengaruhi tanah di sekitarnya. Warga di sekeliling TPA tidak akan mengeluhkan pencemaran tanah.

 

  1. Membuat Kolam atau Tambak Ikan

Bagi Anda yang baru akan memulai usaha di bidang pertanian tambak ikan atau udang geomembran akan sangat berguna.

Umumnya pada saat permulaan Anda hanya akan membuat kolan dengan cara mengali tanah. Untuk menghemat dana, tanah yang sudah digali diberi terpal di atasnya sebelum diisi air. Namun terpal plastik sangat mudah bolong. Jika dipakai berulang-ulang Anda harus sering menggantinya.

Penggantian terpal plastik degan geomembran akan sangat menguntungkan. Geomembran lebih tahan lama. Meski harganya sedikit lebih mahal dibandingkan terpal tetapi keawetannya akan membuktikan hal lain.

Anda dapat membandingkan dana yang dibutuhkan untuk penggantian terpal dalam setahun operasional dengan pembelian harga geomembran sekali saja. Geomembran dapat tahan selama beberapa tahun.

  1. Menyempurnakan Lapangan Golf

Lapangan golf yang indah menjadi kelebihan tersendiri. Orang tidak hanya berolahraga di sini tetapi sekaligus berekreasi. Danau atau kolam buatan di tenagh lapangan rumput hijau akan menambah keindahan.

Untuk menghemat biaya dan memepercepat pengerjaan, danau atau kolam di tengah ditambahkan geomembran. Pekerja hanya perlu menggali kolam sesuai ukuran yang dibutuhkan Selanjutnya, mereka tidak perlu menyemen atau membeton bagian permukaan kolam bagian dalam agar dapat menampung air.

Lapisi saja geomembran dengan rapi dan tidak tampak luar, maka kolam buatan sebentar saja sudah dapat dinikmati. Air tidak akan merembes ke tanah.

  1. Penyetokan pada Tambang Batu Bara

Stock pile atau kolam penempatan biasanya digunakan dalam penambangan batu bara dan tambang lain. Dengan cara yang sama dengan pembuatan tambak ikan dan danau buatan di lapangan golf, Anda akan mudah membuat stock pile.

  1. Membuat Kolam Heap Leach

Pada tambag emas, tidak hanya membutuhkan stock pile. Di berbagai tempat yang diperkirakan terdapat emas, Anda biasanya akan membuat wilayah pribadi di mana hanya Anda yang berhak mencari emas di wialyah tersebut. Penggunaan geomembran dapat membantu pembuatan heap leach.

  1. Membuat Kolam Renang

Meski belum banyak yang menggunakan teknologi ini, pembuatan kolam renang atau kolam air di taman hiburan juga dapat menggunakan geomembran. Konsep dan cara pembuatannya sama dengan pembuatan kolam lain yang telah disebutkan di atas.

harga geomembrane