Harga Geomembrane

Harga Geomembran , Harga Geomembrane 2018 , Harga Geomembrane Eceran, untuk Tambak , Garam dan proyek lainya. HDPE, Liutex dan Huitex

Terjangkau untuk Berbagai Kebutuhan, Manusia adalah makhluk yang sangat kreatif dalam memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Berbagai macam zat atau bahan atau barang dibuat dan selalu diperbaiki fungsinya. Plastik menjadi bahan yang paling banyak digunakan di muka bumi. Namun, zat ini tidak dapat diurai dengan cepat jika Anda membuangnya. Diciptakanlah plastik yang dapat digunakan bebebera kali dengan spesifikasi tinggi. Geomembran merupakan plastik yang demikian. Harga geomembran juga sangat terjangkau.

harga geomembrane
klik di gambar geomembrane untuk terhubung ke wa

Pengertian Geomembran

Tidak semua orang mengenal geomembran. Bahan ini termasuk produk yang masih baru ditemukan.

Geomembran adalah produk plastik yang berbentuk lembaran dengan jenis HDPE / LLDPE / PVC  yang dibuat dengan teknologi paling modern dan canggih sehingga mempunyai berat jenis dan ketebalan tertentu yang terukur dan tidak berubah.

Sama dengan jenis plastik yang lain, geomembranemempunyai kelebihan, antara lain kedap cairan, mudah dibentuk, dapat disambung dan digabungkan (umumnya dengan tehnik pemansasan atau hot wedge / extruder), dan cepat dapat diperbaiki jika ada kerusakan.

Berdasarkan kelebihannya, harga geomembran tergolong lebih terjangkau dari bahan lain.

Jenis Geomembran

Jenis geomembrane telah disebutkan sepintas dalam pengertiannya. Secara lebih jelas, geomembran dikelompokkan berdasarkan density atau berat jenisnya dan tekstur permukaannya.

Berdasarkan berat jenis atau density, jenis geomembran terbagi menjadi dua, yaitu:

  • HDPE atau High Density Polyethilene, sebuah geomembran dengan berat jenis cukup tinggi. Berat jenis yang cukup tinggi  menyebabkan bahan ini akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam cairan.

HDPE dibagi lagi menjadi beberapa jenis geomembran sesuai ketebalannya, seperti 0,5 mm ; 0,75 mm ; 1,0 mm ; 1,5 mm ; 2,0 mm sampai 2,5 mm.

  • LLDPE atau Low Density Polyethilene, sebuah geomembran yang dibuat dengan berat jenis lebih rendah dibandingkan HDPE. Hal ini nanti akan disesuaikan dengan penggunaannya.

Bahan LLDPE mempunyai sifat lebih lentur dan tahan terhadap benda tajam. Akibatnya, jenis geomembran ini lebih awet untuk berbagai keperluan dibandingkan jenis HDPE.

Variasi ketebalan LLDPE, sama dengan HDPE, yaitu 0,5 mm ; 0,75 mm ; 1,0 mm ; 1,5 mm ; 2,0 mm ; sampai 2, 5 mm.

Berdasarkan permukaannya, jenis geomembran dibagi menjadi:

  • Geomembrane dengan permukaan halus
  • Geomembrane dengan permukaan halus

Ketika Anda membeli geomembran, jenis permukaan ini akan terbagi lagi menjadi dua macam, dihitung permukaan dua sisi atau satu sisi.

Tentu saja, jenis produk plastik ini akan mempengaruhi harga geomembran di Jakarta yang akan kita bahas dalam sub judul tersendiri.

Manfaat Geomembran

Sebelum kita membahas geomembran lebih lanjut, Anda harus mengetahui manfaatnya. Ini akan mempengaruhi secara subjektif pandangan Anda tentang mahal atau tidaknya suatu barang. Semakin banyak manfaat dan kemudahan yang diberikan suatu barang tertentu, maka Anda akan menilainya lebih murah. Satu barang untuk berbagai keperluan dengan harga cukup tinggi dibandingkan harga beberapa barang untuk berbagai manfaat.

Manfaat geomembran, antara lain:

  1. Menyalurkan Limbah

Limbah pabrik atau industri seringkali mencemari semua yang dilewatinya. Perusahaan terkadang membuat saluran tertentu agar limbah sampai ke pembuangan. Namun, karena sifat limbah cukup beracun dan mudah beraksi dengan zat lain, seringkali di tengah jalna limbah menetes ke tanah.

Limbah yang menetes ke tanah akan mencemari tanah. Apalagi jika ini terus terjadi. Tanah yang tercemar akan mencajdi racun jika dikonsumsi manusia. Penyakit atau gangguan kesehatan, seperti gangguan pernapasan dan kulit sering terjadi.

Saluran yang dibuat dari geomembran akan mengamankan limbah yang dibuang. Limbah dijamin tidak akan menetes ke tanah dan mencemarinya.

  1. Membangun Kontruksi Jalan

Mirip dengan kegunaan geomembran pada limbah.

Geomembran pada kontruksi jalan dibuat untuk melapisi tanah yang basah dan selalu tergenang air. Jalan yang seperti ini jika dibangun atau dibuat kontruksi di atasnya, membutuhkan ketebalan dan kekuatan tertentu agar lebih aman dan tidak anjlok.

Penggunaan geomembran yang diletakkan pada lapisan atas tanah yang basah akan mempercepat pekerjaan. Tanah tidak perlu dipadatkan. Air yang berada di bawah tidak akan terserap ke atas karena adanya geomembran.

  1. Menampung Sampah pada TPA

Tempat pembuangan akhir sampah atau TPA akan sangat bagus jika menggunakan geomembran. Geomembran  ini diletakkan di atas tanah yang akan djadikan tempat pembuangan sampah. Dengan sifat yang dimiliki, sampah yang tercemar tidak akan mempengaruhi tanah di sekitarnya. Warga di sekeliling TPA tidak akan mengeluhkan pencemaran tanah.

 

  1. Membuat Kolam atau Tambak Ikan

Bagi Anda yang baru akan memulai usaha di bidang pertanian tambak ikan atau udang geomembran akan sangat berguna.

Umumnya pada saat permulaan Anda hanya akan membuat kolan dengan cara mengali tanah. Untuk menghemat dana, tanah yang sudah digali diberi terpal di atasnya sebelum diisi air. Namun terpal plastik sangat mudah bolong. Jika dipakai berulang-ulang Anda harus sering menggantinya.

Penggantian terpal plastik degan geomembran akan sangat menguntungkan. Geomembran lebih tahan lama. Meski harganya sedikit lebih mahal dibandingkan terpal tetapi keawetannya akan membuktikan hal lain.

Anda dapat membandingkan dana yang dibutuhkan untuk penggantian terpal dalam setahun operasional dengan pembelian harga geomembran sekali saja. Geomembran dapat tahan selama beberapa tahun.

  1. Menyempurnakan Lapangan Golf

Lapangan golf yang indah menjadi kelebihan tersendiri. Orang tidak hanya berolahraga di sini tetapi sekaligus berekreasi. Danau atau kolam buatan di tenagh lapangan rumput hijau akan menambah keindahan.

Untuk menghemat biaya dan memepercepat pengerjaan, danau atau kolam di tengah ditambahkan geomembran. Pekerja hanya perlu menggali kolam sesuai ukuran yang dibutuhkan Selanjutnya, mereka tidak perlu menyemen atau membeton bagian permukaan kolam bagian dalam agar dapat menampung air.

Lapisi saja geomembran dengan rapi dan tidak tampak luar, maka kolam buatan sebentar saja sudah dapat dinikmati. Air tidak akan merembes ke tanah.

  1. Penyetokan pada Tambang Batu Bara

Stock pile atau kolam penempatan biasanya digunakan dalam penambangan batu bara dan tambang lain. Dengan cara yang sama dengan pembuatan tambak ikan dan danau buatan di lapangan golf, Anda akan mudah membuat stock pile.

  1. Membuat Kolam Heap Leach

Pada tambag emas, tidak hanya membutuhkan stock pile. Di berbagai tempat yang diperkirakan terdapat emas, Anda biasanya akan membuat wilayah pribadi di mana hanya Anda yang berhak mencari emas di wialyah tersebut. Penggunaan geomembran dapat membantu pembuatan heap leach.

  1. Membuat Kolam Renang

Meski belum banyak yang menggunakan teknologi ini, pembuatan kolam renang atau kolam air di taman hiburan juga dapat menggunakan geomembran. Konsep dan cara pembuatannya sama dengan pembuatan kolam lain yang telah disebutkan di atas.

harga geomembrane

Keuntungan Geomembran Dibandingkan Bahan Lain

Mahalkah harga geomembrane? Sebelum kita membahasnya, perhatikan keuntungan berikut terlebih dahulu.

  • Impermeability tinggi, sangat tidak dapat menyerap air atau dilalui air.
  • Geomembran mempunyai keseragaman ketebalan dan density sesuai permintaan. Quality control pembuatannya sudah terjamin,
  • Sangat efektif dan ekonomis karena harganya terjangkau jika dibandingkan dnegan bahan  lain yang perlu sering diganti.
  • Kontruksi geomembran atau pemasangannya sesuai keinginan sangat mudah dan cepat. Geomembran menghemat banyak waktu Anda.
  • Struktur geomembran sagat feleksibel sehingga mudah dibentuk sesuai tempat dan kebutuhan.
  • Geomembran tidak hanya kedap air, bahan ini tahan terhadap kondisi asam, basa, dan peaagruh bakteri sehingga lebih tahan lama.

Faktor –Faktor yang Mempengaruhi Harga Geomembran

Telah dijelaskan di atas, bahwa geomembranemempunyai jenis yang berbeda-beda. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi harga geomembran, seperti juga produk lain. Jika Anda tertarik untuk membeli geomembran ketahui faktor-faktor yang mempengaruhi harga geomembran di bawah ini.

  1. Jenis Geomembran

Di atas telah disebutkan bahwa jenis geomembran ada dua jenis. Jenis LLDPE yang lebih kentur dan tahan benda tajam mempunyai harga lebih mahal dibandingkan HDPE. HDPE sama kedap air, tahan basa, dan asam. Namun kekakuannya membuatnya mudah tergores benda tajam.

  1. Ketebalan Geomembran

Selanjutnya harga geomembran dipengaruhi oleh ketebalan yang Anda butuhkan. Geomembran untuk kolam ikan memerlukan yang lebih tipis dibandingkan geomembran untuk aliran limbah dan TPA. Hal ini terkait untuk pengamanan limbah agar tidak mencemari lingkungan skeitar.

Harga geomembrane semakin tebal akan semakin tinggi.

  1. Permukaan Geomembran

Permukaan geomembran juga mempengaruhi harganya. Jika Anda membutuhkan geomembran untuk TPA dan limbah tentu cukup menggunakan geomembran dengan permukaan kasar di kedua sisi. Namun, jika menyangkut performa seperti geomembran untuk kolam air di taman hiburan maka geomembran yang halus sangat diperlukan.

Kehalusan permukaan, satu atau dua sisi, akan menentukan harga geomembran yag Anda pesan.

  1. Pemasangan Geomembran

Selanjutnya, harga geomembrane dipengaruhi oleh pemasangan. Bentuk, luas, dan kemudahan tempat yang akan dipasang berpengaruh besar. Jika Anda memerlukan geomembran yang dibentuk sesuai keinginan, misalnya di danau buatan lapangan golf, maka pengerjaan memerlukan tehnis tersendiri. Berbeda dengan membuat tambak ikan yang hanya berbentuk balok atau kubus.

  1. Lokasi Pemasangan

Lokasi pemasangan yang jauh dan area sulit, seperti penambangan sangat berpengaruh pada harga geomembran. Lokasi penambangan biasanya tidak dapat ditempuh dengan berkendara. Pekerja harus menempuhnya dengan berjalan kaki. Biaya di sini akan bertambah,

  1. Konsultasi Pemasangan

Sebelum Anda bertransaksi dan setuju dengan semua pelayanan yang diberikan, maka Anda biasanya akan berkonsultasi. Apalagi jika Anda termasuk awam mengenal kontrusi geomembran. Beberapa penjual akan memberikan kosnultasi gratis, bahkan sebelum transaksi deal kepada smeua pertanyaan. Namun, perusahaan lain mungkin saja hanya mau menjawab konsultasi ketika transaksi sudah terjadi degan memeprhitungkan biaya jasa konsultasi dan tidak.

Artikel Sejenis :

Harga Geomembrane
Jual Geomembrane

Memilih Penjual Geomembran Terbaik

Setelah Anda mengetahui manfaat dan faktor-faktor yang mempengaruhi harga geomembrane, tertarikkah untuk membelinya?

Jika Anda mensearch di Google, akan terlihat banyak sekali penjual geomembran. Anda akan bingung memilih. Semua penjual tentu saja memberikan penawaran yang terbaik sesuai versi masing-masing. Anda perlu mengetahui cara memilih penjual geomembran yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Pilihlah tempat memebli geomembran dengan langkah-langkah berikut:

  1. Penjual Online Fast Respons

Biasanya penjual yang Anda lihat di Google merupakan penjual online. Anda tidak perlu datang ke tempat penjualan dan memilih geomembran yang cocok bagi. Pada dasarnya geomembran yang dijual hampir sama. Yang membedakan hanya jenis, ketebalan, dan merek.

Jika Anda tertarik untuk membeli, kirimlah beberapa pesan ke penjual. Tunggulah beberapa saat untuk menerima balasan dari pesan Anda. Penjual yang membalas pertama adalah yang paling cepat responsnnya. Perhatikan pula jawaban yang diberikan, apakah sesuai dengan pesan yang Anda kirim.

Penjual yang cepat dalam merespons konsumen, biasanya akan baik pula dalam melayani segala kebutuhan lain.

  1. Testimoni dan Rekomendasi Positif

Setelah memperoleh jawaban yang fast respons, bukalah web dengan teliti. Perhatikan testimoni yang ada pada web. Testimoni yang baik, umumnya akan menyertakan foto dan perusahaan konsumen yang pernah menggunakan jasanya. Bukan hanya testimoni dengan nama dan singkat.

Testimoni perlu agar Anda yakin sudah memilih penjual dengan harga geomembran terjangkau. Apalagi jika Anda baru akan memulai usaha.

Akan lebih baik lagi jika Anda memperoleh rekomendasi dari teman perihal penjual sebelum Anda bertransaksi lebih lanjut.

  1. Produk yang Dijual Bervariasi Jenisnya

Langkah ketiga setelah testimoni adalah memilih pemjual yang memiliki geomembran bervariasi jenis dan ketebalannya. Ini penting agar nantinya Anda dapat menyesuaikan harga geomembran dengan budget dan kebutuhan.

Variasi produk juga menunjukkan bahwa penjual merupakan perusahaan berkualitas dengan konsumen yang cukup luas.

  1. Penjual memberi Konsultasi Gratis Pemasangan

Di atas telah disebutkan bahwa konsultasi menegnai pemasangan termasuk yang memepengaruhi harga geomembran. Nah, Anda perlu mencari penjual yang memberikan konsultasi gratis.

Konsultasi gratis akan menekan harga geomembran secara keseluruhan.

  1. Membandingkan Harga Geomembran Beberapa Toko Sejenis

Jika Anda masih ragu dengan pilihan penjual yang sudah dibuat, sebaiknya membandingkan harga geomembran dengan toko sebelah. Harga yang dibandingkan bukan hanya harga dalam bentuk angka tetapi juga pelayanan yang diberikan.

Anda sebaiknya menghitung harga geomembran keseluruhan, harga produk ditambah harga konsultasi pemasangan dan pemasangan itu sendiri.

  1. Lokasi Penjual

Terakhir, lokasi penjual yang harus Anda pertimbangkan. Mengapa? Karena geomembran bukan produk yang dapat dengan mudah dikirim melalui jasa pengiriman. Kebanyakan geomembrane dikirm oleh penjual  ke tempatnya langsung. Oleh karena itu, kebanyakan penjual akan memberikan harga geomembran keseluruhan termasuk ongkos pengiriman dan pemasangan.

Jika lokasi Anda di luar kota, kemungkinan harga geomembran akan dibebankan ongkos pengiriman.

  1. Pemasangan Tepat Waktu

Setelah Anda bertransaksi dengan perusahaan penjual geomembrane, pastikan kapan barang akan dikirm dan dipasang,

Pembayaran biasasanya dapat ditempuh melalui berbagai cara. Cara pertama, Anda hanya perlu memberi DP kepada penjual. Sisa pembayaran dilakukan COD, langsung ketika geomembran telah tibda dan dipasang. Cara kedua, dengan membayarnya langsung semua di depan.

Jika memungkinkan, Anda sebaiknya memilih cara pembayaran pertama untuk menjamin pemasangan yang tepat waktu dan berkualitas. Namun, jika penjual yang Anda pilih sudah terpercaya dan terbukti, Anda dapat memilih cara kedua. Perusahaan biasanya memberi jaminan atau garansi.

 

  1. Garansi

Garansi telah disebut sedikit dalam poin sebelumnya. Anda dapat memilih penjual atau perusahaan yang memberi garansi pada pengerjaan tepat waktu, berkualitas, dan perbaikan jika ada kerusakan geomembraneselama beberapa waktu (6 bulan sampai 1 tahun).

Garansi ini diperlukan untuk memberikan keamanan transaksi, khususunya transaksi yang dilakukan secara online. Meski sebenarnya pembelian dan penjualan geomembran tidak seratus persen online. Ketika produk diantar dan dipasang, kemungkinan And adapt bertemu dengan penjual atau orang yang bertugas memasang dan mewakili perusahaan.

Sekian artikel tentang harga geomembran dan seluk beluknya. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

 

 

 

 

 

 

 

Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan komentar