Harga kambing aqiqah

Harga kambing aqiqah , kletikan adalah platform digital marketing dengan Brand Jogja Digital Clinic adalah jasa pemasaran melalui online kambing aqiqah khusus di kota jogja,bogor,tangerang,solo dan bekasi. Harga kambing aqiqah banyak di cari di karenakan kebutuhan stiap bulannya semakin meningkat. Setiap bulan keluarga yang akan menyelenggarakan hajad aqiqah selalu ada, menurut data pemerintah, perputaran bisnis kambing setiap bulan sangat tinggi, dulu orang mengira perputaran itu hanya sekitar penjual sate kambing namun hal itu tidak sepenuhnya benar, bisnis aqiqah ternyata menyumbang keuntungan yang sangat besar, untuk itulah artikel ini di buat, Jika anda adalah salah satu pemilik usaha kambing aqiqah yang memerlukan jasa pemasaran kambing aqiqah secara online atau bahkan membutuhkan harga kambing aqiqah silahkan hubungi kami di 081 915554933

harga kambing aqiqah murah
salah satu contoh harga kambing yang ada di jogja

Wah, senangnya yang baru dapat momongan. Babby nya tentunya lucu dan menggemaskan ya? Jadi buru – buru pengin balik kerja nih demi menggendongnya. Oh iya, apakah anak anda sudah di aqiqah? Jika belum, yuk mulai cari tahu harga kambing aqiqah yang murah!

Informasi Terbaru tentang jasa aqiqah jogja

Harga kambing aqiqoh bisa saja anda peroleh dengan harga yang cukup murah. Namun, sekalipun murah harus memenuhi syarat ya! Apa sih syaratnya? Syarat yang utama dan pertama kambing ini harus sehat dan gemuk.

Jika kambing yang hendak dijadikan aqiqah tidak sehat, maka sebaiknya jangan dibeli. Sebab, kondisi kambing yang tidak sehat sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Kambing yang tidak sehat biasanya dagingnya mengandung parasit atau bibit penyakit. Ditakutkan, parasit ini akan menular ke tubuh manusia yang mengkonsumsi dagingnya. Oleh karena itu, upayakan daging yang hendak di jadikan aqiqah sehat.

Mengapa harus gemuk? Kambing harus gemuk agar saat dimasak menghasilkan daging yang banyak. Sehingga anda dapat menghidangkan daging yang banyak pula untuk para tamu yang di undang untuk turut mendoakan si anak.

Berbicara soal aqiqah, kapan sih waktu yang dianjurkan oleh Alloh dan rosul? Yuk, kaji soal ini sebentar. Agar anda bisa menentukannya dengan gampang! Waktu yang dianjurkan oleh rosul adalah segera setelah lahir yaitu pada hari ke-7, hari ke-14 dan seterusnya sampai orang tua mampu melaksanakannya.

Harga kambing aqiqah di bulan haji

Meskipun rosul memerintahkan untuk aqiqoh sesegera mungkin setelah lahir yaitu pada hari ke-7. Namun islam merupakan agama yang mudah dan selalu memberi keringanan. Keringanan ini disebut ruksoh. Jika orangtua belum mampu melaksanakannya pada hari tersebut, maka bisa di laksanakan di hari lain saat anda sudah memiliki cukup dana.

Nah, bagi anda yang berniat meng aqiqah anaknya di waktu yang sudah terlewat dari 7 hari, coba deh pilih waktu yang tepat agar mendapatkan harga kambing aqiqah yang murah. Waktu yang tepat mendapatkan kambing murah yaitu pada saat hari – hari biasa yaitu tidak pada hari dimana mendekati hari raya haji atau hari raya qurban.

Pasalnya, pada musim ini banyak pedagang yang menaikkan hargakambing dagangannya itu. Sebab, para pedagang ini beranggapan seberapapun harganya pasti dibeli karena butuh. Dan qurban sendiri memiliki tenggang waktu yang harus dilakukan pada waktu yang telah ditentukan. Jadi, bisa dipastikan harga kambing di bulan haji mahal. Lain dengan aqiqah yang bisa diganti di hari – hari biasa.

Nah, jadi anda bisa memilih hari – hari lain selain bulan haji untuk mendapatkan harga kambing aqiqah yang murah ya!

harga kambing aqiqah

Tips mendapatkan harga kambing aqiqah yang murah

Adapun tips agar anda mendappatkan harga kambing aqiqah yang murah namun berkualitas adalah sebagai berikut :

  1. Membeli kambing aqiqah di luar bulan haji/ bulan mendekati hari raya qurban

Seperti yang sudah di tulis di atas bahwa harga kambing akan cenderung naik di bulan qurban. Oleh sebab itu, membeli kambing untuk aqiqah di bulan ini bisa mendapatkan harga yang jauh lebih mahal ketimbang hari lain. Kecuali, jika anak anda lahir di bulan ini dan segera di aqiqah di bulan ini jua.

  1. Membeli kambing langsung dari peternak

Jika kita membeli kambing langsung dari peternak, maka dipastikan harganya jauh lebih murah ketimbang ke pedagang yang biasa menjual kambing nya di pasar. Mengapa? Sebab peternak ini menawarkan harga asli. Sedangkan pedagang di pasar sudah memungut uuntung dari modal membeli dagangannya ini. oleh karena itu, membeli kambing langsung ke peternaknya bisa menjadi lebih murah.

  1. Membeli kambing jauh – jauh hari sebelum hari H

Untuk mendapatkan harga kambing aqiqah yang murah bisa dilakukan dengan cara membeli kambing yang masih berukuran kecil. Cara ini agak repot, namun bisa menjadikan anda mengenal cara memelihara kambing. Dari kambing yang anda beli ini, anda bisa memeliharanya dahulu. Otomatis, jika anda membeli kambing yang masih kecil harganya masih murah. Yang perlu dilakukan adalah merawat kambing ini dengan baik supaya teetap sehat dan gemuk.

Tempat Aqiqah jogja terbaik bisa baca di sini  https://kletikan.com/aqiqah-jogja/

Itulah tips agar anda bisa mendapatkan harga kambing aqiqah yang murah. Anda bisa memilih salah satu tips tersebut.

Nah, setelah mengetahui tips mendapatkan harga kambing aqiaqh yang murah dan sudah menentukan kapan waktu pelaksanaannya, yuk intip tips masak daging aqiqah agar tidak berbau amis!

Tips memasak daging aqiqah agar tidak amis

  1. Penyembelihan yang benar

Daging kambing yang amis bisa disebabkan dari penyembelihan yang kurang tepat. Tekhnik menyembelihnya tidak sempurna. Tekhnik yang benar seharusnya menyembelih saat si hewan menarik nafas. Bukan pada saat menghembuskan nafas. Hal ini berhubungan dengan pembuluh darah si kambing. Jika pas menyembelihnya saat menghembuskan, dipastikan daging akan berbau. Sebab pembuluh darah pecah dan menyebar.

  1. Jangan cuci daging

Upayakan pada saat mengiris – iris daging di tempat yang bersih. Hal ini agar daging tak perlu dicuci saat hendak memasaknya. Sebab, jika deging kambing dicuci akan mengakibatkan bau.

  1. Balurkan jeruk nipis pada daging

Dengan membalurkan jeruk ni[pis, bisa mengurangi bau amis pada daging kambing

  1. Membubuhkan daun jeruk dan jahe pada bumbu

Selanjutnya adalah membubuhkan daun jeruk dan jahe serta kunyit pada bumbu agar bau amis semakin hilang. Sebab, ketiga benda ini memiliki bauan yang khas sehngga dapat mengalahkan bau amis pada daging.

 

Hem … gampang ya? Oke, lanjut ke tips berikutnya ya! Anda bisa kok menggelar acara syukuran aqiqoh dengan harga kambing yang murah. Bagaimana caranya? Ini tips nya!

Kebutuhan dapur yang perlu dipersiapkan untuk acara aqiqah

Untuk menyelenggarakan sebuah acara aqiqahan, diperlukan juga persiapan dapur. Hal ini terlihat sepele, namun jika dihitung – hitung hampir menyentuh angka jutaan. Apa saja kebutuhannya?

 

  1. Beras

Beras merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi saat acara aqiqah. Beras ini yang nantinya akan dimasak menjadi nasi untuk makan daging kambing.

  1. Minyak

Minyak digunakan untuk memasak baik daging kambing itu sendiri maupun memasak sayur pelengkap seperti capcay dan sebagainya. Selain itu, kerupuk biasany juga dibutuuhkan untuk pelengkap menyantap olahan daging kambing aqiqah.

  1. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih merupakan bumbu utama untuk memasak daging kambing menjadi berbagai masakan.

  1. Bumbu lain

Bumbu lain seperti jahe, kunyit, kemiri, ketumbar, garam, lengkuas, sereh daun salam, daun jeruk dan asih banyak lagi bumbu yang lain.

  1. Sayuran

Sekalipun sudah ada olahan kambing, sayuran masih diperlukan untuk dimasak dan dihidangkan oada saat tasyakuran. Sebab, sayuran ini yang nantinya akan menjadi penyegar.

  1. Buah – buahan

Buah yang paling lazim untuk dipersiapkan adalah semangka dan jeruk. Jadi anda pilih salah satu dari buah ini sebagai makanan pencuci mulut

  1. Dus kotak nasi / staerofoam

Dus kotak nasi dibutuhkan untuk menempatkan nasi dan olahan daging yang akan dijadikan oleh – oleh untuk para tamu. Jadi, selain makan di rumah anda, para tamu ini biasanya diberi oleh – oleh berupa makanan dari olahan daging kambing.

  1. Plastik

Plastik dibutuhkan untuk membungkus berbagai makanan. Terutama gulai yang berkuah.

 

Nah, jadi pada saat anda akan menyelenggarakan acara tasyakuran pastikan benda – benda di atas sudah ada di dapur anda ya!

Lalu, berpa sih kira – kira rupiah yang perlu dipersiapkan untuk menyelenggarakan acara aqiqah untuk 100 orang undangan? Yuk, kitra coba susun bersama!

Pertama, kita beri judul anggaran acara aqiqah pada selembar kertas. Kemudian tulis semua kebutuhan dan beri harga esuai dengan harga yang sedang berlaku sekarang.

 

  1. Kambing = 3.000.000 @ 1 ekor (sesuaikan jika 2 ekor)
  2. Beras = 12.000 @ 30 kg = 360. 000
  3. Minyak=12.000 @ 5kg = 60.000
  4. Bawang merah = 15.000 @ 3kg = 45.000
  5. Bawang putih = 20.000 @ 4kg = 80.000
  6. Kerupuk = 15.000@ 5kg = 75.000
  7. Bumbu lain = 200.000
  8. Sayuran = 200.000
  9. Buah – buahan = 300.000
  10. Dus kotak nasi = 600.000
  11. Plastik – plastik= 100.000

 

Nah, itu dia kira – kira rupiah yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan acara aqiqah. Jadi, anda harus menabung sebelumnya ya! Sebab dan ternyata, angka nya cukup tinggi. Oleh karena itu, untuk memangkas sedikit pengeluaran kalian harus bisa memilih harga kambing aqiqah yang murah.

harga kambing aqiqah jogja