7 Alasan Kenapa Anda Perlu Gunakan Jasa Konsultan Marketing

Anda merasa skeptis ketika mendengar istilah “konsultan”? Anda mungkin akan terkejut ketika tahu bagaimana pebisnis merasakan manfaat dari jasa konsultan marketing.

Wajar bila Anda merasa bangga dan yakin kalau semua bisa Anda kerjakan. Tapi bila Anda membutuhkan bantuan, waktunya mempertimbangkan untuk menggunakan jasa konsultan marketing. Jasa konsultan marketing yang tepat bisa memberi Anda banyak keuntungan.

Apa yang dimaksud konsultan marketing?

Photo credit: Google

Meski ada sebagian marketer yang mengklaim sebagai konsultan, kebanyakan tidak seperti itu. Pekerjaan konsultan biasanya hasil dari karir bekerja di berbagai area marketing, biasanya dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Kebanyakan konsultan marketing punya pengalaman bertahun-tahun sebelumnya di posisi marketing sebelum akhirnya masuk ke bidang konsultan independen.

Kami menyediakan jasa konsultan digital marketing.

Perusahaan mencari konsultan dengan portofolio yang menunjukkan tingkat keberhasilan yang  tinggi. Selain itu, perusahaan mencari konsultan yang punya latar belakang pendidikan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan strategi marketing.

Ketika mencari jasa konsultan marketing, Anda punya sejumlah pilihan. Dua yang paling umum adalah menggunakan agensi yang khusus dalam bidang konsultan atau menggunakan jasa konsultan marketing freelance. Pilihan kedua semakin populer, karena kini ada jaringan online yang membuat perusahaan lebih mudah menemukannya.

Biaya untuk jasa konsultan marketing bervariasi bergantung pengalaman mereka. Konsultan yang belum banyak pengalaman mematok harga yang lebih terjangkau sedang konsultan dengan banyak pengalaman di bidangnya bisa mematok harga cukup tinggi. Semua bergantung kebutuhan Anda.

Alasan untuk menggunakan jasa konsultan marketing

Photo credit: Google

Bagaimana perusahaan tahu kapan mereka perlu gunakan jasa konsultan marketing? Apa keuntungan dari menggunakan jasa konsultan marketing?

Sudut pandang yang berbeda

Photo credit: Google

Alasan pertama untuk menggunakan jasa konsultan marketing adalah mendapat cara pandang yang berbeda. Anda mungkin sudah punya team yang sangat tepat tapi akan selalu ada hal kecil yang terlewat dari pengamatan. Sebaliknya dengan konsultan, mereka bisa masuk ke perusahaan Anda dan melihat semua dengan lebih jelas tanpa dipengaruhi oleh masalah yang membebani Anda.

Spesialisasi skill

Photo credit: Google

Konsultan marketing selalu punya latar belakang dan pengetahuan tentang bagaimana menghadapi berbagai kebutuhan, dan kebanyakan mereka punya spesialisasi skill. Misalnya, Anda perlu konsultan yang spesialis dalam optimasi PPC atau marketing konten. Ketika Anda bekerja dengan orang ini, Anda bisa dengan cepat menargetkan yang perlu dikerjakan tanpa buang waktu, uang, dan tenaga.

Mereka tahu tren dan teknologi terbaru di industri Anda

Photo credit: Google

Apakah Anda tahu tren terbaru di industri Anda? Tren terbaru apa di media sosial yang bisa berhasil untuk industri Anda? Bila Anda tidak punya jawaban untuk pertanyaan ini,  maka Anda membutuhkan jasa konsultan marketing untuk mengajarkannya.

Komitmen jangka pendek

Photo credit: Google

Banyak pemimpin bisnis, mungkin termasuk Anda, merasa punya dilema antara mempekerjakan pegawai atau menggunakan jasa konsultan. Manfaat terbesar dari menggunakan jasa konsultan marketing adalah rentang kerja jangka pendek. Anda bisa menggunakan layanan mereka untuk jangka waktu tertentu, dan lalu menghentikan kerja sama. Ini akan menghemat uang.

Menghemat waktu

Photo credit: Google

Menggunakan jasa konsultan marketing mudah dan cepat. Anda bisa menemukan masalah lebih cepat dan mencegah masalah kecil menjadi masalah besar yang perlahan membutuhkan tenaga tambahan untuk mengatasinya.

Training untuk pegawai Anda

Photo credit: Google

Anda sudah punya staf marketing, ini bagus. Bahkan mungkin Anda punya pegawai yang punya ide-ide brilian tentang marketing. Tapi apa Anda merasa perlu memberi training tentang manajemen aktivitas marketing? Apakah mereka tahu pasti cara menggunakan media sosial? Mungkin tidak. Konsultan marketing bisa memberi training ke pegawai dengan menggunakan berbagai tool marketing secara efisien.

Meningkatkan akuntabilitas

Photo credit: Google

Kadang pemilik bisnis bisa kehilangan fokus. Ini biasanya mengakibatkan kurangnya akuntabilitas. Ketika seseorang berada di posisi yang kuat, kemampuan untuk bersikap otonom sering menutupi penilaian yang objektif. Ketika menggunakan jasa konsultan marketing, akuntabilitas kembali mendapat perannya. Konsultan akan melakukan meeting dan menetapkan tujuan harus dipenuhi oleh semua pegawai.

Mencari jasa konsultan marketing yang tepat

Photo credit: Google

Konsultan marketing bisa memberi pengalaman baru di aktivitas bisnis Anda. Tapi siapa saja bisa menganggap dirinya konsultan marketing, jadi bagaimana cara memilih konsultan marketing yang tepat?

Kualifikasi dan pengetahuan

Photo credit: Google

Konsultan marketing yang baik punya latar belakang pendidikan yang sesuai. Tanyakan apakah mereka punya sertifikat untuk akreditasi yang mereka miliki.

Pengalaman

Konsultan marketing senior punya setidaknya 10 tahun pengalaman bekerja di bidang marketing.

Skill penting

Photo credit: Google

Beberapa skill penting yang perlu dimiliki konsultan marketing:

  • Mereka harus tahu perbedaan antara strategi dan taktik. Strategi menanyakan “kenapa”? Sedang taktik adalah tentang “bagaimana?”
  • Skill analitis untuk mengevaluasi aktivitas marketing yang sedang terjadi.
  • Skill memecahkan masalah
  • Kreatif
  • Pengetahuan tentang marketing tradisional dan digital marketing
  • Skill komunikasi dan copywriting.

Kami menyediakan jasa digital marketing.

Kemampuan untuk mendengarkan

Ini jadi satu hal penting. Konsultan marketing harus duduk bersama Anda dan mengetahui sebanyak mungkin tentang perusahaan Anda. Mereka akan mengajukan pertanyaan,  jangan bersikap defensif karena tugas mereka untuk membantu keberhasilan bisnis Anda.

Track record

Photo credit: Google

Lihat projek apa yang telah mereka kerjakan. Anda bisa lihat profil LinkedIn atau biografi mini mereka untuk melihat pengalaman yang mereka miliki.

Pengalaman digital

Photo credit: Google

Di era sekarang ini marketer perlu terus meng-update pengetahuan digital mereka agar sejalan dengan praktik SEO, media sosial, mobile marketing, PPC, email marketing, konten marketing, dan sebagainya.

Ada banyak spesialisasi dalam digital marketing, jadi marketer yang mengatakan mereka ahli di semua bidang marketing berarti mereka tidak transparan. Tapi konsultan marketing yang baik harus memahami bagaimana bisa menciptakan kampanye marketing yang terintegrasi.

Testimoni

Photo credit: Google

Bisakah mereka menunjukkan testimoni atau referensi dari klien lain? Anda bisa pilih konsultan marketing individual berdasarkan rekomendasi klien.

Empati

Photo credit: Google

Ingat, Anda akan bekerja sama dengan konsultan marketing, jadi akan membantu bila Anda menyukai konsultan marketing yang Anda pekerjakan. Anda mencari orang yang profesional tapi juga orang yang mau mendengarkan Anda. Mereka perlu punya ketertarikan tentang marketing dan suka membantu klien untuk mencapai tujuannya.

Kesimpulan

Photo credit: Google

Konsultan marketing yang bagus harus punya alasan untuk membuat Anda yakin kalau mereka ahli di bidang yang mereka lakukan. Untuk memaksimalkan hasil kerja sama dengan konsultan marketing, Anda perlu sediakan sebanyak mungkin informasi tentang bisnis dan masalah yang Anda hadapi. Dan yang paling penting, pastikan ekspektasi kedua pihak jelas sejak awal.

Tinggalkan komentar