Keuntungan Memasarkan Bahan Material Dengan Digital Marketing

Industri konstruksi bangunan semakin berkembang dari hari ke hari. Bisnis bahan material Anda membutuhkan rencana pemasaran yang kuat untuk dapat membuat Anda berbeda dari yang lain.

Bisnis bahan material, meski dalam skala kecil, melibatkan banyak hal mulai dari pengaturan anak buah dan juga mengurus pembelian bahan material yang harganya fluktuatif. Semua tugas ini membutuhkan strategi perencanaan marketing. Bisnis bahan material juga membutuhkan strategi digital marketing untuk membuatnya semakin sukses.

Kenapa strategi digital marketing dibutuhkan oleh bisnis bahan material? Karena digital marketing punya banyak manfaat yang akan sangat disayangkan bila Anda tidak menggunakannya.

Berikut ini beberapa keuntungan dari strategi digital marketing:

Digital marketing adalah bentuk marketing yang paling kuat

Photo credit: Google

Digital marketing punya potensi untuk mengubah cara Anda menjangkau dan mendekati pelanggan. Ada banyak contoh nyata bagaimana taktik digital marketing membantu bisnis seperti bisnis Anda menjangkau target market dan mempengaruhi konversi.

Dengan strategi yang tepat dan implementasi yang efektif, bisnis berskala kecil bisa meningkatkan jangkauan dan konversi dalam hanya hitungan bulan.

Menggunakan taktik digital marketing adalah cara paling efektif dari segi biaya untuk memasarkan bisnis Anda

Photo credit: Google

Salah satu manfaat paling penting dari digital marketing adalah sangat efektif dari segi biaya untuk memasarkan bisnis Anda.

Ketika bicara tentang marketing tradisional, sangat sulit untuk bisnis berskala kecil dengan anggaran terbatas untuk berkompetisi dengan bisnis yang lebih besar. Tapi, dengan taktik marketing digital yang murah, bisnis berskala kecil bisa mendapat keuntungan lebih besar.

Coba bayangkan, bisnis kecil bisa menjangkau 1000 orang untuk memperkenalkan produk dan layanan mereka dengan biaya sangat kecil untuk menggunakan media sosial. Akan makan biaya besar bila marketing dilakukan melalui surat kabar maupun iklan di TV.

Meski taktik marketing tradisional juga sering punya variasi biaya yang tersembunyi, biaya satu-satunya dalam digital marketing adalah waktu. SEO, marketing konten, dan media sosial butuh waktu untuk bisa berhasil. Tapi masih ada taktik digital marketing seperti pay per click dan iklan media sosial yang bisa memberi hasil lebih cepat.

Digital marketing adalah bentuk marketing yang paling terukur

Photo credit: Google

Bagaimana Anda tahu kalau marketing Anda berhasil? Cara satu-satunya untuk mengetahui dengan pasti adalah mengukur kesuksesan Anda. Akan sulit untuk melacak keberhasilan kampanye marketing tradisional seperti iklan radio atau surat kabar, tapi tiap taktik digital marketing yang Anda gunakan bisa terukur. Manfaat inilah yang jadi alasan kenapa Anda perlu gunakan digital marketing.

Analisa digital marketing tidak membuat Anda mengira-ngira apakah marketing Anda berhasil. Dengan mengukur kampanye digital marketing Anda secara real time, Anda bisa lihat taktik mana yang berhasil dan mana yang tidak.

Lalu, Anda bisa sesuaikan kampanye marketing untuk mendapat kesuksesan yang lebih besar. Anda bisa juga mengambil pelajaran dari apa yang telah Anda dapat dalam proses untuk meningkatkan kampanye marketing di masa mendatang.

Misalnya, Anda ingin menciptakan kampanye marketing media sosial untuk produk baru. Anda memutuskan untuk menerbitkan sejumlah postingan media sosial dalam periode 2 minggu.

Dengan analytic media sosial, Anda bisa lihat postingan mana yang paling populer untuk audiens target dan mana yang mendapat paling banyak konversi. Anda lalu bisa gunakan ini untuk mencoba memperoleh kembali kesuksesan ini di kampanye selanjutnya.

Analytic digital marketing membuat Anda bisa lebih efektif menggunakan sumber daya dan mengalokasikan anggaran marketing Anda. Karena Anda tidak lagi menerka tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak, Anda bisa menurunkan pengeluaran yang tidak perlu dan fokus pada strategi yang lebih mungkin meningkatkan ROI Anda.

Salah satu manfaat terbesar dari digital marketing adalah memungkinkan Anda menargetkan pembeli ideal

Photo credit: Google

Ketika Anda membeli ruang billboard atau ruang iklan di majalah, Anda seperti menembak di kegelapan dan mengira-ngira kalau iklan yang Anda buat akan menjangkau audiens yang Anda incar.

Meski ada cara untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan dengan taktik marketing tradisional, tapi tidak menawarkan kemampuan penargetan yang sama seperti digital marketing.

Dengan digital marketing Anda bisa pastikan kalau pelanggan yang tepat melihat konten Anda. SEO memudahkan Anda menjangkau pelanggan yang mencari website untuk konten dan topik yang relevan dengan bisnis Anda.

Sedangkan pay-per-click, display, dan iklan media sosial memungkinkan Anda menargetkan mereka yang paling mungkin tertarik di produk atau layanan Anda berdasarkan informasi demografik dan karakteristik umum.

Dengan meningkatkan penargetan, Anda bisa bekerja untuk mendapat hasil lebih. Dengan digital marketing, Anda tidak lagi harus khawatir Anda menghabiskan uang di iklan yang tidak menjangkau mereka yang mungkin tertarik di produk Anda.

Dengan kemampuan targeting yang canggih, taktik digital marketing memungkinkan Anda untuk dengan nyaman mengetahui kalau Anda fokus pada usaha marketing di strategi yang benar-benar berhasil.

Kebanyak orang memulai perjalanan belanja melalui online

Photo credit: Google

Coba pikirkan seberapa sering Anda membuka Google atau mesin pencarian lain untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Pelanggan Anda juga demikian ketika mulai melakukan pencarian produk atau layanan yang bisa membantu mereka memecahkan masalah terbesar mereka.

Faktanya, menurut Vimeo, 93 persen pengalaman online dimulai dengan mesin pencarian. Sebelum pelanggan menyadari produk dan layanan apa yang mereka butuhkan, mereka akan mulai mencari jawaban untuk bertanya dan untuk mengetahui tentang kesulitan mereka.

Ini menghadirkan kesempatan bagus untuk bisnis kecil untuk terhubung dengan pelanggan potensial dan mengedukasi mereka selama tahap awal perjalanan berbelanja. Dengan menciptakan konten yang relevan dan menarik yang mengoptimasi mesin pencari, Anda bisa tingkatkan visibilitas online dan menjangkau pelanggan lebih luas.

Pelanggan ada di media sosial, dan digital marketing membantu Anda menjangkau mereka

Photo credit: Google

Mungkin daftar manfaat yang paling penting dari digital marketing adalah ini. Tak peduli apa industri bisnis Anda, ada kemungkinan besar pembeli Anda menghabiskan waktu di saluran media sosial seperti Facebook atau Twitter. Menurut sebuah data, sekitar sepertiga dari populasi dunia menggunakan platform media sosial secara teratur.

Digital marketing memungkinkan Anda menjangkau pengguna mobile dan smartphone

Photo credit: Google

Kebanyakan orang yang surfing di internet untuk mendapat informasi kebanyakn melakukannya dengan menggunakan smartphone dan ini menjadi celah untuk strategi digital marketing Anda.

Digital marketing bisa membantu Anda menjangkau market yang besar ini. Saat ini mobile marketing menghasilkan traffic yang tinggi, serta juga mempengaruhi perilaku berbelanja pelanggan.

Tinggalkan komentar