Apakah Konsultan Bisnis Online Bisa Membantu Menjalankan Bisnis Anda?

Ada satu kondisi yang membuat pemilik bisnis menyadari kalau mereka membutuhkan bantuan dan berpikir, “Apa saya perlu menggunakan jasa konsultan bisnis online?”

Jawabannya, “tergantung.”

Baik Anda memulai bisnis baru atau mengembangkan yang sudah ada, menggunakan jasa konsultan bisnis online bisa jadi cara efektif. Tapi menggunakan konsultan yang salah bisa membuat Anda keluar biaya banyak dan Anda juga akan buang waktu serta tenaga.

Jadi tantangan untuk pemilik bisnis adalah memahami peran konsultan bisnis online dalam bisnisnya, dna mengetahui bagaimana dan kapan menggunakan jasa konsultan bisnis online.

Apa yang dilakukan konsultan bisnis online?

Photo credit: Google

Konsultan bisnis online adalah ahli dari luar perusahaan Anda yang membantu memberi solusi untuk masalah yang Anda hadapi di perusahaan. Konsultan yang baik jadi sumber untuk pengetahuan tertentu. Konsultan bisnis online yang baik memberi pengetahuan, skill, dan proses untuk meningkatkan kondisi klien.

Konsultan bisnis online punya jadwal yang bebas, bisa punya banyak klien, dan kerja samanya berdasarkan kontrak atau per projek. Bergantung perusahaannya, konsultan bisa bekerja sendiri atau punya team, yang biasanya mencakup satu project manager dan dua orang penganalisa.

Konsultan bisnis bisa membantu mengembangkan strategis marketing dan sales online, ekspansi dan pengembangan bisnis, bahkan mengeksekusi ide dan rekomendasi.

Kami menyediakan jasa konsultan digital marketing.

Tahapan dan proses konsultasi mencakup:

  • Sebelum konsultasi. Sebelum mulai bekerja, Anda dan team Anda mengatur kesepakatan.
  • Periode konsultasi. Biasanya mencakup pencarian, riset, dan presentasi rekomendasi akhir yang menyelesaikan masalah.
  • Setelah konsultasi. Anda dan konsultan bisa memilih memperpanjang kesepakatan atau mengimplementasikannya sendiri.

Kenapa orang menggunakan jasa konsultan bisnis online?

Photo credit: Google

Pemilik bisnis menggunakan jasa konsultan bisnis online sebagai cara yang efektif, karena kurangnya pengetahuan dan skill dalam perusahaan mereka, sekaligus cara untuk membawa perspektif yang segar, objektif, dan profesional ke dalam perusahaan.

Berikut ini 3 alasan paling utama kenapa klien menggunakan konsultan bisnis online:

Untuk menemukan masalah

Photo credit: Google

Di banyak area, bisnis bisa menimbulkan gejala masalah, seperti penurunan penjualan, masalah cash flow, dan manajemen internal yang tidak bisa menemukan masalah yang terjadi. Di kasus ini, konsultan bisa mengamati gejala dalam operasi perusahaan, melakukan tes, meriset, dan menentukan akar masalahnya.

Menciptakan solusi

Photo credit: Google

Pada beberapa kasus, Anda bisa punya tujuan yang tidak bisa diraih karena kurang skill atau karena bukan kompetensi perusahaan Anda. Menggunakan jasa konsultan bisnis online bisa menghemat waktu dan uang, dan akhirnya mencapai hasil yang lebih baik.

Optimasi

Photo credit: Google

Pada beberapa kasus, perusahaan bisa tumbuh sangat cepat dan Anda punya banyak hal yang bisa dilakukan dengan lebih baik, tapi Anda tidak tahu dimana harus memulainya.

Konsultan bisa memberi perspektif segar, mengevaluasi area bisnis Anda, dan menentukan proses dan prosedur untuk meningkatkan tingkat produktivitas.

Dimana mencari konsultan bisnis online?

Photo credit: Google

Mencari konsultan bisnis online bukan hal yang sulit. Anda bisa selalu mencarinya di intenet.  Atau minta rekomendasi dari teman atau penyedia layanan.

Yang sulit adalah menemukan konsultan bisnis online yang tepat. Ini kenapa pentingnya “mutual consulting interview.” Anda bicara ke konsultan secara langsung atau melalui telepon, interaksi langsung akan memberitahu Anda tentang konsultan dengan lebih baik dibanding review dari website.

Percaya instink Anda. Apakah mereka merasa tertarik dengan bisnis Anda dan tertarik bekerja sama dengan Anda? Apakah Anda yakin mereka bisa melakukan apa yang mereka katakan dalam waktu tertentu?

Kadang relasi antara Anda dan konsultan tidak berjalan baik. Ketika ini terjadi, jangan merasa ragu untuk menghentikan kerja sama bila semua tidak berjalan sesuai harapan.

Keuntungan menggunakan jasa konsultan bisnis online

Berikut ini manfaat yang bisnis Anda butuhkan ketika menggunakan konsultan bisnis online:

Anda memperoleh skill baru

Photo credit: Google

Peran penting dari konsultan bisnis adalah memastikan bisnis mengikuti strategi, metodologi, dan trend. Ketika konsultan menerapkan metodologi ini, Anda bisa meminta penjelasan detail tentang bagaimana penerapannya.

Ini waktu yang tepat  untuk belajar skill bisnis baru. Skil ini bisa bermanfaat untuk jangka panjang, terutama bila kontrak kerja dengan konsultan bisnis telah berakhir.

Sudut pandang dari luar perusahaan

Photo credit: Google

Pemilik bisnis mendedikasikan energi, uang, dan waktu untuk menjalankan bisnis. Ini kenapa kebanyakan pemilik bisnis memperlakukan bisnis mereka layaknya bayi.

Wajar bila team internal gagal mendeteksi masalah tertentu yang terjadi di perusahaan karena terlalu dekat dengan masalah dan tidak bisa melihatnya. Sebuah organisasi tidak bisa mendeteksi masalah penting yang mungkin secara negatif berdampak pada mereka saat ini atau di masa depan. Ini sebabnya kenapa sudut pandang baru dibutuhkan untuk mendeteksi masalah, dan disinilah peran konsultan bisnis. Konsultan punya mata seperti elang yang bisa melihat masalah di perusahaan dengan cepat dan merekomendasikan solusi yang dibutuhkan.

Khususnya bisnis keluarga membutuhkan konsultan karena mereka tidak di posisi yang tepat untuk mengetahui masalah sebenarnya yang mempengaruhi perusahaan.

Hemat waktu agar bisa fokus pada aspek lain yang menguntungkan bisnis

Photo credit: Google

Menjadi tugas berat bagi manager bila harus memecahkan semua masalah perusahaan di samping juga harus menyelesaikan tugasnya sendiri. Kadang perusahaan tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikan masalah.

Tapi konsultan punya waktu untuk mengumpulkan data, formulasi, dan mengimplementasi kebijakan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah perusahan. Pemilik bisnis bisa mendedikasikan waktunya untuk aspek bisnis lain yang memberi keuntungan lebih besar.

Keuntungan bagi pegawai

Photo credit: Google

Pegawai biasanya melakukan yang terbaik di area keahlian mereka. Tapi bisa jadi tugas berat jika pegawai menjalankan tugas di area yang di luar skill mereka.

Ini biasanya membutuhkan banyak usaha, waktu, dan skill. Pegawai bisa merasa dibebani dengan lebih banyak tugas tanpa kompensasi yang layak. Mereka juga mungkin tidak tertarik dengan prosesnya, dan ini tidak baik untuk bisnis Anda.

Jika ada Kendala dalam Pemasaran jasa digital marketing.

Menggunakan jasa konsultan bisnis online bisa membantu menyadari tujuan jangka pendek di cara yang murah sekaligus tetap membuat pegawai senang dan termotivasi.

Kesimpulan

Photo credit: Google

Konsultan bisnis online bisa membantu Anda menjalankan bisnis, dengan merencanakan strategi bisnis dan mengeksekusinya.

Tapi ingat, tidak semua konsultan bisnis sama, dan tidak semua bisnis atau projek bisnis sama. Anda perlu pertimbangkan apakah perlu menggunakan jasa konsultan bisnis online dan berapa lama Anda akan menunggu hasilnya serta berapa banyak Anda bisa membayar konsultan. Lalu Anda perlu cari konsultan yang Anda merasa sangat cocok.

Tinggalkan komentar