5 Masalah Dalam Digital Marketing Yang Bisa Merusak Website Anda

Masalah digital marketing berikut ini tidak hanya mempengaruhi traffic, tapi juga punya dampak negatif pada perilaku pelanggan pada website.

Memilih platform yang buruk untuk sebuah website

Photo credit: Google

Salah satu masalah dalam digital marketing adalah salah memilih platform untuk membangun website. Setelah Anda mulai menginvestasikan waktu dan sumber daya pada website, tidak mungkin menggantinya dengan yang lain setelah Anda tahu platform yang anda pilih tidak memenuhi kebutuhan Anda.

Platform yang tidak tepat bisa menyebabkan banyak masalah non teknis. Loading halaman yang sangat lambat membuat pengunjung meninggalkan website dan tidak mau kembali lagi. Juga, beberapa platform tidak menggunakan instalasi plugin, yang bisa membantu SEO dan membuat manajemen data lebih mudah.

Karenanya, ketika memilih platform yang sesuai, Anda perlu pertimbangkan semua pilihan dan fungsi yang platform tawarkan.

Pengeluaran total dari platform website berarti menginvestasikan banyak uang untuk mengubah konten, tapi juga menginstal ulang plugin yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

Karena bila Anda telah membeli dan menginstal plugin di platform sebelumnya, ada kemungkinan besar Anda tidak bisa lagi menginstalnya di website yang baru secara gratis. Selain itu, tidak tiap plugin cocok untuk semua platform website yang Anda pilih.

Sebenarnya ada banyak platform yang bisa Anda pilih. Salah satu yang populer adalah WordPress. Platform ini memiliki variabel untuk menciptakan berbagai website, misalnya toko online. Karena banyaknya pilihan tema WordPress, Anda bisa pilih template yang sesuai dengan bisnis Anda.

Beberapa tema WordPress bahkan menawarkan fungsi yang lebih, yang bisa membantu pengaturan strategi harga, fitur produk, payment gateaway, dan banyak fitur bermanfaat untuk memperoleh strategi marketing terbaik.

Untuk mempercepat kerja harian dengan konten, ada baiknya memilih platform yang akan membuat Anda lebih mudah menambahkan konten, untuk menarik perhatian Google. Google suka ketika konten baru ditambahkan ke website secara teratur.

SEO yang buruk

Photo credit: Google

Masalah yang sering terjadi dalam digital marketing adalah kurangnya perhatian untuk SEO, yang bisa secara langsung terkait dengan traffic yang rendah.

Traffic yang  rendah dan kebutuhan untuk menghasilkan traffic jadi salah satu tantangan terbesar bagi sebuah perusahaan.

Membangun SEO harus dengan proses yang sistematis dan jangka panjang, sayangnya, sekarang tidak cukup membangun SEO dengan hanya punya judul dan menggunakan H1, H2, H3.

Wajar ketika perusahaan membuat kesalahan dalam SEO yang seharusnya tidak perlu, misalnya, membiarkan link tidak teroptimasi di website, lupa memberi nama gambar, tidak meriset kata kunci yang tepat, tidak menyertakan kata kunci di deskripsi meta atau di permalink, kurang konten berkualitas di halaman web, dan sebagainya.

Banyak masalah marketing ini bisa diatasi dengan berbagai plugin SEO, seperti Yoast, yang bisa dipasang langsung pada WordPress, dan bisa mengingatkan pengguna tentang SEO yang kurang.

Tentu, tidak ada plugin yang bisa menggantikan optimasi kompleks dengan menerapkan teknik SEO on-page dan off-page, tapi ini setidaknya bisa membantu halaman web jadi lebih SEO friendly.

Konten yang ketinggalan zaman

Photo credit: Google

Salah satu kesalahan besar dalam digital marketing yang sering tidak dianggap penting, adalah konten yang ketinggalan zaman. Konten yang tidak up to date tidak hanya buruk dari segi SEO dan menyebabkan traffic menurun, tapi juga sangat berpengaruh pada perilaku pelanggan. Pelanggan berhenti datang ke website karena tidak ada yang berubah dan tidak ada konten baru yang ditambahkan.

Hasilnya adalah penurunan tingkat konversi dan penurunan penjualan pada situs ecommerce.

Untuk bisa menambahkan konten secara teratur dan nyaman, user friendly administration interface jadi sebuah keharusan. Dengan user friendly administration interface, website berbasis WordPress bisa menggunakan CMS yang mudah digunakan. Ini membuat manajemen konten bisa lebih mudah.

Anda membutuhkan konsultan digital marketing ? Hubungi kami!

Tidak menggunakan trend terkini

Photo credit: Google

Masalah digital marketing lainnya adalah tidak memperbaharui website dan mengabaikan maintenance-nya.

Saat ini, trend teknologi berubah sangat cepat, inovasi baru, plugin, dan tool bermunculan. Karenanya perlu untuk mengetahui semua perubahan di pasar dan secara teratur menerapkan inovasi agar bisa menjalankan bisnis ecommerce yang sukses.

Berikut ini beberapa trend yang terbaru:

  • Multi language plugin

Photo credit: Google

Multi language plugin membantu penciptaan website multi bahasa dan ekspansi bisnis online ke pasar asing.

Keuntungan lainnya, konten bisa diadaptasi ke kelompok target berdasarkan negara asal dan waktu pelanggan.

  • Mobile First Design

Photo credit: Google

Semakin meningkat jumlah pengguna yang mengunjungi website dari smartphone. Fenomena ini mempengaruhi pembangunan website, sehingga responsivitas menjadi sebuah keharusan. Terutama ketika Google menyatakan kalau mereka lebih suka website yang responsif di hasil pencarian.

Saat ini tuntutan website yang responsif atau website versi mobile telah meningkat sehingga Mobile First Design sangat penting.

  • Implementasi AMP

Photo credit: Google

AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah sebuah open source yang menyelaraskan loading website pada alat mobile.

AMP menciptakan website versi mobile friendly dengan konten terbuka cukup cepat dan pengguna tidak harus menunggu item loading satu per satu, termasuk gambar atau video.  Ada AMP plugin yang bisa diinstal langsung ke WordPress.

Data tidak diukur dan dievaluasi

Photo credit: Google

Masalah kritis dalam digital marketing adalah tidak adanya manajemen data. Demi kesuksesan website komersil, penting untuk mengumpulkan data pengguna yang lalu digunakan untuk analisa perilaku pelanggan. Menurut hasil dari analisa ini, ada kemungkinan untuk mengubah tidak hanya strategi marketing, tapi juga websitenya.

Misalnya, bila laporan menunjukan pelanggan pergi karena proses belanja yang lama atau pengaturan shopping cart yang buruk, berarti proses pembelian langsung perlu disederhanakan melalui perubahan struktur website.

Anda membutuhkan tool yang tepat untuk memperoleh kontrol terhadap data pelanggan, meningkatkan tingkat konversi, atau untuk bisa menghitung ROI dengan lebih efektif.

Ada banyak tool marketing yang memberi Anda penjelasan lengkap dimana pelanggan berasal dan apa yang mereka lakukan pada website. Tool ini bisa menampilkan dashboard analisa realtime dan menawarkan banyak fitur analitik bermanfaat juga.

Anda membutuhkan Jasa Digital marketing ? Hubungi kami!

Dengan menggunakannya Anda bisa dengan tepat mengenal pelanggan dan memperoleh data yang dibutuhkan untuk pengembangan  bisnis ke depannya.

Tool yang paling dikenal untuk melacak traffic dan pengukuran data adalah Google Analytics yang tersedia untuk siapa saja secara gratis. Anda bisa juga gunakan tool yang berbayar.

Bila Anda tidak yakin tool berbayar bisa memenuhi kriteria Anda, Anda masih bisa gunakan edisi trial lebih dulu. Dengan menggunakan free trial Anda bisa mengetahui tool mana yang paling tepat untuk pengukuran data website dan mana yang sebanding dengan harganya.

Ada banyak masalah digital marketing yang tanpa sengaja muncul dalam proses strategi marketing. Beberapa masalah digital marketing tidak secara signifikan mempengaruhi performa bisnis, tapi ada yang bisa merusak website Anda.

 

Tinggalkan komentar