Cara Memasarkan Produk Bahan Bangunan

Selama proses menciptakan branding untuk bisnis produk bahan bangunan dan menciptakan strategi marketing, perhatikan tips berikut untuk menciptakan strategi dan desain terbaik untuk bisnis produk bahan bangunan Anda.

Kenapa marketing dan branding penting untuk bisnis produk bahan bangunan Anda?

Photo credit: Google

Bisnis manapun harus punya strategi marketing seberapapun ukuran perusahaannya. Marketing adalah tentang bagaimana Anda berkomunikasi dengan dunia luar tentang brand, layanan perusahaan, dan kenapa klien harus memilih Anda.

Strategi marketing yang efektif fokus pada nilai jual dan menggunakan informasi tentang klien untuk membangun relasi. Ketika Anda membangun kampanye strategi marketing, Anda bisa menargetkan pelanggan potensial, menjaga relasi dengan klien lama, mengkomunikasikan informasi tentang brand ke publik atau kombinasi dari semua ini.

Ketika Anda mengembangkan strategi marketing menyeluruh atau kampanye marketing yang spesifik, salah satu faktor yang paling penting adalah brand sebagai perusahaan bahan bangunan. Punya brand yang mapan mendorong konsistensi sehingga pelanggan secara konsisten mulai mengenali perusahaan Anda.

Brand yang kuat membangun kepercayaan klien. Ketika bicara tentang projek konstruksi, klien akan lebih mungkin memilih perusahaan yang mereka kenal daripada perusahaan yang mereka tidak kenal atau punya desain brand yang buruk.

Tentukan anggaran marketing dan strateginya

Photo credit: Google

Pembeli yang mencari rumah baru tidak sembarangan mendatangi rumah mana saja atau mencari tempat di tiap perumahan. Ada kriteria tertentu untuk rumah yang mereka inginkan.

Seperti ketika Anda mencari rumah baru, Anda perlu tetapkan budget sebelum Anda mulai mencari. Menetapkan budget marketing akan membantu Anda selama proses membuat keputusan.

Budgeting juga bermanfaat ketika Anda menentukan brand perusahaan mana yang ingin Anda ajak kerja sama. Tetap memungkinkan untuk punya logo dan desain menarik dengan budget marketing kecil.

Setelah menentukan anggaran, langkah selanjutnya adalah menentukan  tujuan dari strategi marketing. Budget Anda akan berbeda untuk kebutuhan spesifik perusahaan. Apakah Anda ingin menjadi industri yang memimpin atau jadi perusahaan bahan bangunan terkemuka di area lokal atau mendapat projek tiap bulannya?

Bila Anda baru di bisnis ini atau sedang melakukan rebranding perusahaan, Anda perlu budget marketing lebih besar di beberapa tahun pertama untuk menciptakan brand baru.

Setelah brand terbentuk, Anda bisa menurunkan budget marketing. Anda tidak lagi habiskan banyak uang bila Anda menggunakan jasa branding perusahaan yang bisa menciptakan brand kuat dengan anggaran kecil.

Strategi marketing berdasarkan niche Anda

Photo credit: Google

Manfaatkan dengan baik niche Anda untuk memisahkan Anda dari perusahaan produk bahan bangunan lain di area Anda yang bisa bekerja untuk industri dan spesialisasi berbeda.

Apakah Anda biasa bekerja di properti hunian, lokasi bisnis komersil, atau keduanya? Ketika Anda mengidentifikasi area spesifik, Anda bisa ciptakan target audiens yang lebih tepat dan menggunakan beberapa istilah industri di material marketing Anda.

Ciptakan brand dengan desain logo yang profesional

Photo credit: Google

Ketika menjalankan usaha branding dan marketing, satu pertanyaan paling penting yang perlu ditanyakan adalah, untuk apa klien mengetahui tentang Anda? Apa Anda ingin dikenal karena efisiensi, bisa dipercaya, atau karena kecepatannya? Logo dan branding akan jadi cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan tentang layanan Anda.

Misalnya, bisnis produk organik biasanya punya logo dengan warna bumi dan tanaman. Bila salah satu dari toko ini menggunakan sepeda motor atau bola basket pada logo, pelanggan akan bingung tentang produk yang ditawarkan toko dan apa yang dijual di dalamnya. Bila mereka perlu waktu untuk memahami apa yang perusahaan lakukan, kemungkinan mereka tidak akan berbelanja di sana.

Ketika Anda melakukan brainstorming desain logo untuk bahan bangunan, gunakan jasa profesional untuk tahu apa yang penting bagi Anda sebagai bisnis dan apa yang paling tepat untuk industri Anda. Branding untuk bisnis bahan bangunan harus mengkomunikasikan keunggulan Anda ke klien.

Buat logo yang sesuai dengan industri konstruksi

Photo credit: Google

Logo adalah cara bagus untuk membantu klien mengingat Anda dengan mudah. Pikirkan beberapa logo yang mudah diingat seperti logo McDonald atau Nike. Pada iklan, Nike dan McDonalds bisa menampilkan logo mereka tanpa perlu menyebutkan nama perusahaan, dan pelanggan masin mengenali bisnis apa yang direpresentasikan dari simbol ini.

Ini adalah jenis brand yang mudah diingat yang ingin Anda tiru ketika Anda memutuskan desain logo perusahaan bahan bangunan. Logo bisnis bahan bagunan yang terbaik bisa mengkomunikasikan pesan melalui gambar visual. Anda ingin pelanggan melihat logo dan mengasosiasikannya dengan brand serta layanan Anda.

Logo yang menarik perhatian juga membantu menarik pelanggan baru ke bisnis Anda. Logo sering jadi kesan pertama yang diperoleh pelanggan terhadap bisnis Anda. Ketika logo lebih menarik secara visual, lebih mungkin bagi pelanggan untuk datang ke bisnis Anda. Logo adalah representasi visual dari brand Anda.

Faktor penting lain ketika menciptakan logo desain untuk bisnis produk bahan bangunan adalah unik dan artistik, meski masih tetap simpel sehingga mudah ditambahkan ke dalam berbagai media seperti kartu bisnis, tanda tangan email, website, atau iklan surat kabar. Logo yang serbaguna akan membuat Anda bisa menggunakannya pada banyak platform dan menjaga konsistensi desain.

Jangan lupakan material cetak

Photo credit: Google

Gunakan logo Anda dan tampilkan pada material cetak. Penting untuk punya strategi marketing yang menggunakan banyak saluran untuk menjangkau pelanggan potensial yang lebih luas.

Melihat logo dalam bentuk cetak jadi representasi visual yang kuat dan menjadi pengingat tentang brand Anda. Anda harus konsisten dalam desain di semua saluran agar pelanggan bisa mengasosiasikan bisnis Anda dengan satu desain atau skema warna, bukan melihat banyak versinya.

Area lain untuk menghadirkan brand adalah material seperti brosur, yang memungkinkan Anda membuat daftar layanan yang Anda sediakan dan jadi nilai jual untuk material Anda. Strategi lain bisa berupa iklan surat kabar.

Komunikasi dengan klien lama

Photo credit: Google

Strategi remarketing adalah bagian penting dalam mempertahankan klien. Jangan fokus sepenuhnya untuk mencari pelanggan baru. Pelanggan lama adalah sumber besar untuk bisnis Anda. Dan jangan remehkan ulasan positif klien di forum online atau testimoni pada situs Anda.

Berkomunikasi dengan klien yang sebelumnya bekerja sama dengan Anda akan membantu menjaga relasi dan membantu mereka mengingat brand Anda, yang membuat mereka lebih mungkin merekomendasikan bisnis Anda. Pelanggan yang kembali ke Anda bisa punya nilai yang tinggi. Bila mereka perlu bahan bangunan, tentu Anda ingin mereka kembali ke Anda.

Tinggalkan komentar