Tips Memasarkan Sewa Scaffolding

Ketika Anda berada di kawasan perkotaan, kemungkinan besar Anda akan menemukan bangunan yang sedang dalam proses konstruksi. Pembangunan ini membutuhkan kelengkapan khusus agar proses konstruksi berjalan dengan baik. Salah satu peralatan penting yang dibutuhkan oleh para pekerja bangunan adalah scaffolding.

Apa saja jenis scaffolding yang dibutuhkan dalam projek konstruksi bangunan?

Photo credit: Google

Untuk projek konstruksi bangunan bertingkat satu maupun menara pencakar langit, Anda akan membutuhkan scaffolding. Scaffolding memudahkan pekerja untuk menjangkau area yang lebih sulit, sehingga projek bisa lebih cepat selesai. Tiap pembangunan akan punya kebutuhan yang spesifik, berikut ini beberapa tipe scaffolding:

  • Birdcage Towers. Scaffolding tipe ini sangat penting untuk pembangunan yang lebih tinggi dimana dibutuhkan akses ke level atas.
  • Trestle Frames. Scaffolding jenis ini digunakan di dalam gedung dan untuk memasang pencahayaan atau unit pendingin ruangan, serta kelengkapan interior lainnya.
  • Cantilever Scaffolding. Scaffolding tipe ini sering digunakan oleh pekerja konstruksi dan digunakan di bagian depan struktur bangunan yang sedang dikerjakan.
  • Kwikstage Scaffolding. Ini merupakan tipe scaffolding yang paling populer. Konstruksinya kuat dan mudah penggunaannya, dan menjadi kebutuhan hampir di semua area konstruksi.

Tips memasarkan sewa scaffolding

Photo credit: Google

Ada banyak strategi pemasaran yang bisa Anda pelajari tentang bagaimana memasarkan sewa scaffolding baik secara online maupun offline. Bisnis sewa scaffolding perlu memanfaatkan teknik moderen dalam memasarkannya.

Masih banyak bisnis sewa scaffolding yang mengandalkan teknik pemasaran seperti Yellow Pages dan menolak untuk menggunakan website. Ketika orang membutuhkan sewa scaffolding, kemana mereka akan mencarinya? Di internet.

Berikut ini beberapa tips dalam memasarkan sewa scaffolding:

Buat website untuk bisnis Anda

Photo credit: Google

Sebagai pelaku bisnis sewa scaffolding, sebagian orang mungkin terjebak dalam metode tradisional, seperti leaflet, networking dengan pemilik projek, dan sebagainya. Ini bagus dan Anda masih tetap perlu melakukannya. Tapi bila 95 persen kompetitor Anda punya website, kenapa Anda tidak?

Website untuk bisnis sewa scaffolding Anda akan:

  • Meningkatkan jumlah pelanggan di area lokal
  • Lebih murah dibanding memasang iklan di koran
  • Terlihat lebih profesional
  • Menunjukkan portofolio Anda dari projek scaffolding sebelumnya
  • Bersaing dengan bisnis sewa scaffolding lainnya.

Memiliki website yang didesain dengan baik tidak harus jadi proses yang mahal dan lama. Meski Anda orang baru dalam bisnis sewa scaffolding, Anda bisa temukan orang yang bersedia membuatkan website dengan harga terjangkau.

Iklan di media sosial

Photo credit: Google

Saat ini, hampir semua bisnis kecil menggunakan media sosial. Tapi bagaimana Anda mengiklankan bisnis sewa scaffolding menggunakan media sosial? Sama seperti website, akan butuh waktu dan kesabaran. Tapi ada teknik yang tepat yang bisa Anda gunakan untuk bisnis sewa scaffolding Anda.

Media sosial apa yang tepat untuk bisnis sewa scaffolding?

Photo credit: Google

Bisnis sewa scaffolding Anda bisa memanfaatkan beberapa media sosial berikut:

Facebook

Buat halaman bisnis di Facebook. Ini mudah dan gratis. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari pada sisi kiri di sebelah Facebook personal Anda dan klik “create page”. Dari sana Anda bisa mengikuti instruksinya dengan mudah.

Twitter

Photo credit: Google

Twitter jadi tool yang tepat yang perlu digunakan oleh bisnis sewa scaffolding. Gunakan tool pencarian dengan Twitter untuk menemukan pembangun di area lokal yang akan tertarik dengan layanan Anda.

LinkedIn

LinkedIn jadi cara mengagumkan untuk menemukan bisnis yang membutuhkan layanan Anda. Pastikan Anda mencari pembangunan di area lokal dan lalu terhubung dengan mereka.  Pastikan Anda tidak melakukan spam karena LinkedIn didesain untuk membantu mengembangkan bisnis.

Yang juga perlu diingat, pastikan Anda memisahkan akun personal dari akun bisnis.

Iklan dengan Pay Per Click (PPC)

Photo credit: Google

Iklan PPC adalah ketika Anda membayar mesin pencari untuk menunjukkan iklan Anda di halaman pertama Google untuk kata kunci tertentu. Misalnya, bila Anda menjalankan iklan PPC di perusahaan scaffolding maka Anda bisa atur kata-kata seperti “sewa scaffolding di Jogja.”

Pada PPC Anda hanya membayar setelah seseorang mengklik iklan dan mengunjungi website scaffolding Anda. Ini jadi cara bagus untuk bisnis sewa scaffolding karena memungkinkan pemilik bisnis dengan semua ukuran anggaran mendapat pelanggan potensial ke website mereka. Metode iklan ini sangat bermanfaat bila Anda ingin hasil yang cepat. Tapi perlu juga dipertimbangkan karena kampanye PPC yang salah bisa menguras uang Anda.

Iklan offline

Kita tidak bisa mengabaikan pemasaran offline. Metode ini masih tetap bisa berhasil. Misalnya, bila ada ruang iklan di majalah lokal, berapa banyak pelanggan potensial akan melihat iklan Anda?

Leaflet

Photo credit: Google

Anda mungkin bertanya apakah penggunaan leaflet bisa berhasil untuk bisnis kecil. Sebenarnya bisa. Beberapa bisnis scaffolding berhasil melakukannya. Tapi coba pikirkan jenis pelanggan yang Anda coba targetkan.

Menghubungi lewat telepon

Orang cenderung memiliki memori pendek dan perlu diingatkan. Kadang Anda perlu menghubungi pelanggan lama atau mengirim email untuk mengingatkan mereka tentang layanan Anda. Ini lebih mudah dibanding mencari pelanggan baru karena Anda sudah membangun relasi dengan mereka.

Tawarkan diskon

Photo credit: Google

Orang tidak akan bisa menolak diskon atau potongan harga. Terutama ketika mereka ingin menggunakan layanan Anda. Metode ini akan membuat orang yang membutuhkan layanan Anda punya dorongan untuk membeli karena ini menciptakan kesan urgensi.

Iklan di media

Metode iklan ini bisa makan biaya besar. Bentuknya bisa berupa iklan di majalah, koran lokal, banner, dan sebagainya. Memang akan makan biaya tapi bisa efektif bila dilakukan dengan benar.

Berapa harga sewa scaffolding?

Photo credit: Google

Layanan sewa scaffolding bisa dengan mudah ditemukan di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Semarang, Surabaya, Tangerang, dan banyak lagi. Sedangkan untuk harga sewa scaffolding, akan bervariasi bergantung item dan lokasi Anda menyewanya. Tapi berikut ini kisaran untuk harga sewa scaffolding:

ITEM SCAFFOLDINGHARGA SEWA/BULAN
Main Frame 190 cmIDR 10.000 /Part
Main Frame 170 cmIDR 10.000 /Part
Leader  90 cmIDR 9.500 /Part
Crose Brase 220cmIDR 8.500 /Part
Crose Brase 190 cmIDR 8.500 /Part
Join PintIDR 5.000 /Part
Jack Base 40 cmIDR 9.000 /Part
Jack Base 60 cmIDR 10.000 /Part
Pipa SupportIDR 49,000 /Part
U-Head 40 cmIDR 8.500 /Part
U-Head 60 cmIDR 10.000 /Part
CatwalkIDR 44.000 /Part
Clam DiaIDR 6,000 /Part
Roller Catter/RodaIDR 34.000 /Part
Stair Frame/TanggaIDR 49.000 /Part

Harga jasa sewa scaffolding di atas kemungkinan bisa berubah sewaktu-waktu, juga bergantung dimana lokasi Anda berada.

Tinggalkan komentar