Tips Memilih Pembicara Seminar Bisnis Yang Tepat Untuk Event Bisnis Anda

Memilih pembicara seminar bisnis yang tepat kadang bisa terasa sulit. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika mencoba menemukan pembicara seminar bisnis yang tepat, dan ini bisa jadi tugas yang memakan waktu.

Apakah pembicara memiliki reputasi yang baik? Apakah mereka bisa menghibur? Apakah mereka cocok untuk acara konferensi bisnis Anda?

Memilih pembicara seminar bisnis yang tepat

Berikut ini tips untuk membantu Anda memilih pembicara seminar bisnis yang tepat:

1. Tentukan tujuan acara untuk menemukan pembicara yang bisa menyampaikan pesan Anda dengan tepat

Photo credit: Google

Anda tidak bisa memilih pembicara sembarangan karena apa yang ia sampaikan mungkin tidak berhubungan dengan event Anda.

Misalnya, bila event Anda adalah tentang memperkenalkan restoran Italia dari berbagai area, akan sia-sia bila pembicara yang diundang adalah orang yang berhasil di bidang kuliner India.

Itu sebabnya sejak awal Anda harus punya ide kuat tentang tujuan acara. Berikut ini cara Anda bisa melakukannya:

Apa yang ingin Anda capai?

Photo credit: Google

Cari tahu apa tujuan utama dari event ini, biasanya bisa salah satu dari:

–          Meningkatkan kesadaran brand

–          Mengedukasi orang tentang hal yang spesifik

–          Menghasilkan lebih banyak lead untuk bisnis.

Sekarang Anda punya ide tujuan event dan Anda bisa mengarah ke pertanyaan berikutnya:

Pesan apa yang hendak Anda sampaikan?

Photo credit: Google

Di sini Anda harus lebih spesifik. Pikiran dan ide apa yang Anda ingin hadirin peroleh ketika selesai acara? Misalnya, pesan dari event Anda adalah, “Tiap orang perlu membeli produk yang lebih sehat,” atau “Team perlu bekerja sama lebih baik lagi untuk bisa mencapai kesuksesan.”

Bila Anda memiliki ide jelas tentang tujuan konferensi dan ada pesan yang Anda ingin pembicara sampaikan ke audiens, Anda harus memilih pembicara yang tepat yang paling cocok menyampaikan pesan ini.

baca Juga Tentang Pembicara Seminar Bisnis

2. Identifikasi pembicara yang Anda inginkan untuk event, apakah selebritis, ilmuwan, motivator, dan sebagainya

Photo credit: Google

Penting untuk mempersempit pilihan pembicara untuk acara Anda sebelum Anda mulai melakukan pencarian. Ini karena pembicara tertentu cocok di situasi berbeda, tergantung pada tujuan Anda.

Misalnya, Anda mungkin ingin memilih pembicara profesional di sebuah industri atau motivator bisnis bila Anda ingin mengedukasi staf tentang sesuatu yang spesifik seperti kepemimpinan. Atau Anda bisa memilih pembicara selebritis bila Anda ingin meningkatkan brand awareness.

3. Browsing untuk mencari pembicara terbaik

Photo credit: Google

Pembicara seminar bisnis yang Anda pilih untuk acara memiliki peran sangat penting. Mereka akan menjadi elemen yang paling diingat dari keseluruhan program yang Anda adakan. Momen ini bahkan akan menempel di pikiran para tamu selama bertahun-tahun ke depan.

Itu sebabnya Anda perlu temukan pembicara terbaik. Dimana Anda bisa temukan pembicara terbaik? Tentu saja di internet. Berikut beberapa cara untuk menemukan pembicara terbaik di bidang Anda dengan menggunakan internet:

Lakukan pencarian Google

Photo credit: Google

Ini sudah jelas, tapi Anda perlu lakukan pencarian Google dengan cara yang benar untuk mendapat hasil yang baik. Ketika Anda mencari sesuatu seperti “pembicara motivator di Jogja,” Anda tidak akan mendapat pembicara terbaik di Jogja dan Anda tidak akan mendapat pembicara terbaik di bidang Anda di hasil pencarian.

Tapi coba cari seperti “pembicara motivator terbaik di Jogja” atau “pembicara team building yang paling motivatif” untuk menemukan pembicara terbaik di bidang Anda. Anda harus spesifik dalam pencarian.

Cari orang yang aktif di media sosial

Photo credit: Google

Ada beberapa tool bermanfaat untuk memonitor orang yang berpengaruh di media sosial. PeerIndex dan Klout bisa menunjukkan siapa yang punya pengaruh besar berdasarkan pencarian di topik tertentu. Sedangkan BlueNod bisa menunjukkan siapa yang paling banyak membuat Tweet tentang hashtag tertentu.

Gunakan LinkedIn

Photo credit: Google

Ada beberapa cara untuk memanfaatkan LinkedIn untuk menemukan pembicara seminar bisnis yang tepat. Untuk pemula, yang paling mudah adalah mencari profesional dalam bidang yang dimaksud.

Anda bisa jug browsing kontak LinkedIn Anda untuk menemukan pembicara potensial.

Cara lain, Anda bisa lihat siapa yang aktif di kelompok yang relevan, siapa yang punya banyak follower, siapa yang banyak menjawab pertanyaan, dan sebagainya.

4.  Riset tiap pembicara potensial untuk pastikan Anda tidak salah pilih

Photo credit: Google

Ketika menemukan pembicara potensial yang kelihatannya tepat untuk acara Anda, tetap tidak ada cara untuk benar-benar yakin kalau Anda sudah tepat memilihnya. Pembicara yang tidak tepat bisa membuat event Anda membosankan dan tidak menarik. Pembicara yang Anda pilih mungkin tidak memenuhi instruksi dan diskusi yang telah disepakati.

Karenanya penting untuk memilih pembicara yang profesional dan punya reputasi. Berikut ini beberapa syarat yang harus ada di pembicara:

  • Percaya diri
  • Pengetahuan
  • Kharisma
  • Kemampuan untuk menginspirasi
  • Kejelasan (dalam argumen dan suara)

Tapi bagaimana Anda tahu kalau pembicara memenuhi syarat ini?

  • Membaca review
  • Menonton video dari pembicara di acara sebelumnya
  • Menemukan presentasi mereka di SlideShare

Jangan langsung percaya pada yang Anda baca di website pembicara, lakukan riset Anda sendiri.

Akan lebih baik bila Anda mengadakan pertemuan dengan pembicara potensial. Dengan begitu Anda bisa menilai kepribadiannya dan mengajukan banyak pertanyaan tentang kredibilitas  dan pengalaman mereka. Anda harus spesifik, misalnya, cari tahu apakah calon pembicara bersedia melakukan sesi tanya jawab atau apakah ia ingin memberikan ceramah formal saja.

Anda bisa juga pastikan pembicara mengetahui pesan yang Anda ingin sampaikan ke hadirin dan meminta ia menyampaikan pesan tersebut.

5. Sesuaikan dengan anggaran

Photo credit: Google

Ketika merencanakan konferensi bisnis Anda tentu punya anggaran yang telah disiapkan yang dibagi menjadi pos-pos berbeda. Sebelum mencari pembicara tamu, Anda perlu tahu berapa banyak dana yang Anda anggarkan. Melebihi budget bisa membuat Anda kesulitan keuangan.

Sudah bisa dipastikan semakin produktif seorang pembicara, semakin besar dana yang Anda harus keluarkan. Jadi bila Anda ingin pembicara yang bagus, bersiaplah untuk menghabiskan dana yang Anda alokasikan.

Pembicara seminar bisnis di Jogja dan sekitarnya

Photo credit: Google

Edi Budiyanto merupakan seorang praktisi digital marketing di Jogja. Ia memulai karir di dunia online sejak tahun 2008. Kini ia juga menjadi pembicara internet marketing dan membagikan tips dan trik dalam bentuk workshop dan seminar.

Sudah banyak UKM, perusahaan, maupun perorangan yang memintanya menjadi pembicara seminar bisnis. Selain sebagai pembicara seminar bisnis, ia juga mendirikan Jogja Digital Clinic yang memberikan materi pengajaran tentang riset pasar, akuisisi pasar, loyal customer, pembuatan KPI, job desk, reporting team, dan banyak lagi.

Butuh Pembicara Seminar Bisnis??

Bingung Mencari Pembicara Seminar Bisnis yang tepat untuk mengembangkan Bisnis Anda??
Jangan Khawatir, Langsung hubungi Admin Kami
Klik Icon Whatsapp Di Bawah Ini​

★★★★★

Tinggalkan komentar