Menjadi Konsultan Marketing Sukses, Skill Apa Yang Dibutuhkan?

Banyak marketer menganggap satu-satunya cara untuk mencapai kesuksesan di dunia kerja adalah dengan menapaki tangga karir di perusahaan sebagai pegawai full time. Yang tidak mereka sadari adalah, ada pilihan lain, yakni menjadi konsultan marketing mandiri.

Market untuk konsultan independen semakin tumbuh, ini karena beberapa perusahaan enggan untuk mengeluarkan dana besar di firma marketing atau advertising, sebaliknya mereka memilih tenaga ahli independen yang bisa melatih team internal mereka.

Memang, pilihan bekerja mandiri ini tidak cocok untuk tiap orang, ada pro kontra pada tiap pekerjaan. Berikut ini bahasan lebih jauh tentang menjadi konsultan marketing dan menentukan apakah ini yang terbaik untuk Anda.

Apa yang dilakukan seorang konsultan marketing?

Photo credit: Google

Tugas dari konsultan marketing bervariasi pada tiap perusahaan dan projek, tapi biasanya melibatkan pemberian saran ke perusahaan tentang cara terbaik untuk menjangkau pelanggan.

Konsultan marketing bisa mengevaluasi usaha marketing yang ada dan memberi saran untuk peningkatannya, rencana dan implementasi media sosial atau kampanye marketing lainnya, juga menyarankan konten serta metode baru untuk menjangkau pelanggan.

Lalu mereka mengecek keberhasilan strategi marketing menggunakan analytical tool. Konsultan marketing dibayar per projek, jadi gajinya bisa bervariasi.

Kualifikasi untuk konsultan marketing

Photo credit: Google

Bila Anda ingin menjadi konsultan marketing, Anda perlu ambil langkah tertentu untuk sukses, termasuk mendapat gelar, mengembangkan pengalaman kerja, dan membangun klien. Berikut ini kualifikasi yang Anda butuhkan:

  • Gelar sarjana di bidang marketing, bisnis, atau komunikasi, atau MBA dengan fokus pada marketing
  • Portofolio yang menunjukkan riwayat keberhasilan dalam marketing
  • Beberapa tahun pengalaman sebagai marketer corporate full time
  • Keahlian di niche spesifik atau pengalaman bekerja di berbagai industri
  • Copywriting yang kuat dan kemampuan komunikasi
  • Keahlian marketing di banyak area seperti media sosial, konten, SEO, lead generation, PPC, dan sebagainya
  • Kemampuan bagus dalam Excel, PowerPoint, Salesforce dan Microsoft Office
  • Pemahaman strategi dan taktik (strategi adalah perencanaan tindakan dengan tujuan, sedang taktik adalah tindakan spesifik yang jadi bagian untuk menerapkan strategi)
  • Kemampuan leadership, profesionalisme, dan motivasi
  • Kemampuan untuk mendengarkan dan berempati.

Bila Anda memiliki skill-skill ini, Anda bisa menjadi konsultan marketing yang sukses.

Membangun reputasi sebagai konsultan marketing

Setelah tahu skill yang Anda butuhkan, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menggapai kesuksesan:

Mendapat kepercayaan

Photo credit: Google

Anda tidak akan mendapat klien yang Anda mau bila Anda tidak bisa membangun dan mendapat kepercayaan. Rekomendasi LinkedIn dan testimoni website bisa membantu membangun kepercayaan ini. Ada tiga hal yang klien harus percaya dari Anda: kepastian yang Anda berikan, kepercayaan kalau Anda layak lebih dari bayaran yang Anda minta, dan jaminan Anda bisa memberi respon bila mereka menghubungi Anda.

Memahami bagaimana marketing mempengaruhi brand

Photo credit: Google

Beberapa brand tertarik membangun brand yang pelanggan percaya karena mereka peduli tentang memaksimalkan profit net.

Konsultan marketing kadang membuat kesalahan dengan fokus pada memaksimalkan pendapatan dan tidak memperhatikan persepsi brand. Misalnya, setengah harga mungkin untuk sementara meningkatkan penjualan untuk klien dan meningkatkan margin profit. Tapi, bila klien telah bertahun-tahun mengembangkan citra mewah dan berkelas, cara ini bisa merusak pertumbuhan brand untuk jangka panjang.

Menjadi dibutuhkan

Photo credit: Google

Ketika Anda pertama mulai sebagai konsultan, mencari pekerjaan bisa sulit. Anda akan butuh waktu lama memasarkan diri dan mendapat referensi. Tapi jika bertahan, Anda akan mulai mendapat klien dan referral.

Mendapat repeat client membuktikan Anda bisa dipercaya dan telah mencapai kesuksesan. Ketika Anda mulai belajar banyak hal yang Anda bisa tentang perusahaan klien dan industrinya, Anda mulai menjadi orang yang sulit digantikan. Keahlian butuh waktu, dan setelah Anda memilikinya, Anda tidak bisa digantikan.

Terus mengedukasi diri

Photo credit: Google

Konsultan terbaik tidak hanya memuaskan diri sendiri dengan menggapai gelar marketing atau beberapa sertifikat. Mereka terus belajar dan meningkatkan skill. Marketing selalu berkembang dan penting untuk terus mengikuti tren industri ini.

Meriset setiap klien

Photo credit: Google

Sebelum Anda meluncurkan projek dengan klien baru, ada beberapa langkah yang perlu Anda ambil:

  • Aktifkan Google Alerts untuk klien dan kompetitornya untuk melihat semua berita terbaru yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda punya
  • Ketahui data finansial dasar dari klien Anda. Beberapa poin penting mencakup pendapatan total, profit kotor, dan market cap.
  • Anda perlu familiar dengan CEO dan anggota team manajemen senior. Bila semua cara gagal, cari di LinkedIn, dan ingat sebanyak mungkin nama dan jabatannya.
  • Pelajari kompetitor klien. Lakukan riset untuk menentukan 5 sampai 10 kompetitor teratas, produk dan layanan penting mereka dan kelemahan serta kekuatannya. Secara periodik review informasi ini untuk memastikan selalu up to date.

Jangan ragu untuk bertanya

Photo credit: Google

Bila Anda kadang merasa seperti detektif sebagai konsultan, bertanya membantu Anda memahami kebutuhan klien dan apa yang Anda perlu lakukan. Jangan takut bertanya untuk mendapat klarifikasi. Ini selalu lebih baik daripada menyelesaikan projek dengan cara yang salah.

Mempromosikan diri

Photo credit: Google

eski setelah Anda mulai mendapat repeat client dan referral, Anda masih butuh mempromosikan bisnis agar Anda bisa mendapat lebih banyak uang. Buat website yang bagus yang menyertakan portofolio Anda dan sediakan informasi tambahan tentang bisnis Anda dan diri Anda sebagai individu.

Dalam hal media sosial, pilih platform terbaik untuk menunjukkan bisnis Anda. LinkedIn jadi sebuah keharusan untuk konsultan, tapi Anda bisa menunjukkan pekerjaan lain di Instagram atau mempromosikan keahlian Anda di Twitter.

Anda bisa juga pilih blogging untuk membagikan pandangan Anda, atau bahkan berbicara di konferensi untuk menyuarakan ide. Kedua cara ini bisa membuat Anda mendapat kredibilitas dan Anda bisa punya klip audio dan videonya yang bisa Anda simpan di website. Ingat, buat yang high level.

Jangan bicara terlalu banyak tentang layanan Anda, fokus pada apa yang terjadi di industri. Selalu update dengan praktik marketing terbaru jadi langkah tepat untuk jadi konsultan marketing sukses.

Apakah Anda ingin mengembangkan bisnis dengan cara yang lebih mudah dan lebih hemat dibanding cara konvensional?

Jogja Digital Clinic (JDC) merupakan penyedia jasa digital marketing yang didirikan oleh  praktisi digital marketing Edi Budiyanto.  JDC telah berpengalaman sejak tahun 2008. JDC hadir untuk Anda yang ingin membangun team digital marketing untuk perusahaan. Program unggulan JDC adalah membangun team digital marketing untuk perusahaan.

Butuh Jasa Digital Marketing??

Bingung Mencari Jasa Digital Marketing yang tepat untuk mengembangkan Bisnis Anda??
Jangan Khawatir, Langsung hubungi Admin Kami
Klik Icon Whatsapp Di Bawah Ini​

★★★★★

Tinggalkan komentar