Mentor Bisnis Online, Kenapa Pebisnis Membutuhkan Mereka?

Teman dan keluarga, bahkan kolega Anda bisa memberi Anda informasi tentang berita, perkembangan industri, dan kesempatan bisnis. Analis industri, konsultan, pegawai, dan kontak networking yang baik bisa membagikan pengetahuan mereka ke Anda terkait kondisi dan kebutuhan yang mungkin Anda alami.

Tapi hanya mentor bisnis online yang bisa memberi dampak positif langsung pada pertumbuhan bisnis online Anda. Ada banyak saran bisnis yang Anda dapat dari publikasi online, tapi hanya mentor bisnis yang tepat yang bisa memberikan yang terbaik untuk Anda.

Mentor bisnis online adalah orang yang memiliki lebih banyak pengalaman bisnis dibanding Anda, yang berperan sebagai orang terpercaya Anda untuk jangka waktu lama.

Banyak mentor bisnis bisa memberikan saran ke banyak orang untuk mengembangkan skill sebagai guru, manager, atau konsultan. Dan ini juga berlaku bagi mentor sendiri, mentor perlu mencari ide, strategi, dan taktik baru untuk Anda, seperti layaknya Anda belajar dari saran mereka.

Berikut ini keuntungan yang Anda peroleh bila memiliki mentor bisnis online:

Kemana lagi Anda akan berkonsultasi?

Photo credit: Google

Setelah Anda meluncurkan bisnis sendiri, tidak ada atasan tempat Anda meminta saran atau arahan. Bahkan Anda mungkin belum memiliki pegawai untuk dimintai pendapat. Meski Anda menjalankan bisnis sendirian, Anda tidak harus merasa sendiri. Tiap orang butuh opini kedua dan dukungan emosional ketika kondisi terasa sulit.

Mentor bisnis pernah berada di posisi Anda dan berhasil menghadapinya

Photo credit: Google

Mungkin manfat paling jelas dari memiliki mentor bisnis adalah Anda bisa belajar dari kesalahan dan kesuksesan mereka sebelumnya. Mentor tidak perlu punya pengalaman di industri Anda, meski ini juga membantu, agar Anda bisa memaksimalkan kesempatan untuk sukses.

Mentor bisnis juga tidak harus tahu trend terbaru dalam teknologi, Anda bisa cari sumber lain untuk ini. Peran mentor adalah untuk membagikan pelajaran dari pengalaman mereka dengan harapan Anda bisa belajar dari mereka dengan cepat dan mudah.

Memperluas jaringan sosial

Photo credit: Google

Mentor bisnis online Anda, merupakan pengusaha berpengalaman, kemungkinan punya jaringan besar dan bisa menawarkan Anda akses ke pembuat keputusan senior dibanding yang Anda punya. Dan mereka akan jauh lebih mau membuka jaringan ini ke Anda dibanding beberapa teman sesama pengusaha.

Mendapat bantuan spesifik untuk kesulitan yang Anda hadapi

Photo credit: Google

Tak ada yang berharap Anda menjadi ahli di semua area. Anda memulai bisnis karena passion yang Anda miliki, bukan karena Anda tahu segala hal tentang dunia bisnis. Inilah dimana mentor bisnis bisa sangat membantu Anda menjalankan bisnis.

Seorang mentor bisnis bisa menawarkan saran untuk area yang sulit yang Anda hadapi sebagai pemilik bisnis kecil. Sumber online dan kelompok workshop tidak begitu banyak membantu. Tapi mentor bisnis fokus pada kesulitan bisnis spesifik Anda.

Apa Anda punya produk bagus tapi tidak yakin bagaimana cara terbaik memasarkannya? Apa Anda telah menyewa kontraktor tapi tidak tahu bagaimana Anda mendokumentasikan dan membayar pajak untuk mereka? Mentor bisnis bisa menjawab pertanyaan ini untuk Anda.

Saran bisnis bisa menumbuhkan bisnis Anda

Photo credit: Google

Menurut sebuah survey di Amerika Serikat, hanya 30 persen bisnis bertahan selama 10 tahun. Tapi untuk pemilik bisnis kecil dengan mentor, 70 persen bertahan selama 10 tahun, dua kali lipat jumlahnya dibanding bisnis yang tanpa mentor. Bila Anda ingin bisnis berumur panjang, Anda perlu memiliki mentor.

Kriteria mentor bisnis online yang baik

Photo credit: Google

Kualifikasi yang membuat seorang mentor dinilai tepat untuk Anda akan sangat bergantung pada tingkat pengalaman Anda, jenis bisnis yang Anda mulai, dan kesulitan individual. Tapi ada panduan umum yang perlu Anda cari pada orang yang Anda anggap sebagai mentor bisnis online:

Hadir untuk Anda

Photo credit: Google

Bila calon mentor Anda tidak ada ketika Anda membutuhkan dukungan, akan sulit membangun relasi. Meski Anda tidak bisa berharap setiap jam mengakses ke mentor, Anda dan mentor harus bisa mengatur jadwal pertemuan yang sesuai dengan jadwal Anda berdua. Pastikan Anda menjelaskan ekspektasi sejak awal agar Anda berdua punya pemikiran yang sama.

Pengalaman

Photo credit: Google

Sudah jelas, bila mentor tidak memiliki pengalaman yang dibutuhkan untuk membantu Anda melewati kesulitan bisnis, maka ia bukan mentor yang tepat untuk Anda. Ingat, pengalaman bisa datang dalam berbagai bentuk, bisa dari pengalaman kerja, pengalaman hidup, pendidikan formal, dan bahkan pelajaran yang diambil dari mentornya sendiri. Anda perlu bersikap terbuka untuk bekerja sama dengan mentor yang punya latar belakang berbeda dari Anda.

Kemampuan mendengarkan

Photo credit: Google

Kemampuan mendengarkan cukup penting. Anda tentu tidak ingin memiliki mentor dan hanya mendengarnya bicara. Mentoring yang baik adalah percakapan dan kolaborasi. Dan tentu, Anda perlu bisa mempraktikkan skill mendengarkan yang baik juga, meski ketika Anda tidak suka dengan apa yang Anda dengar.

Menginspirasi

Photo credit: Google

Salah satu tanda paling jelas yang Anda cari dari mentor yang baik adalah kemampuannya untuk menginspirasi Anda untuk melakukan lebih, berprestasi lebih, dan lebih. Mentor harus memberi Anda harapan dan membantu Anda percaya kalau tujuan paling besar sekalipun bisa dicapai. Bila Anda menemukan mentor yang menginspirasi Anda dengan cara ini dan membantu Anda menemukan motivasi yang Anda perlukan untuk bisa sukses, maka Anda telah menemukan mentor yang tepat.

Meski Anda butuh waktu untuk menemukan mentor yang tepat, ia bisa jadi partner yang sangat berharga di perjalanan bisnis Anda, membantu Anda mengatasi rasa takut akan kegagalan, dan menghadapi tantangan terbesar.

Anda sedang mencari mentor bisnis online terbaik?

Photo credit: Google

Edi Budiyanto merupakan seorang praktisi digital marketing di Jojga. Ia memulai karir di dunia online sejak tahun 2008. Kini ia juga menjadi pembicara internet marketing dan membagikan tips dan trik dalam bentuk workshop dan seminar.

Sudah banyak UKM, perusahaan, maupun perorangan yang memintanya menjadi mentor bisnis. Ia juga mendirikan Jogja Digital Clinic yang memberikan materi pengajaran tentang riset pasar, akuisisi pasar, loyal customer, pembuatan KPI, job desk, reporting team, dan banyak lagi.

Bila Anda menjalankan bisnis dan sedang mencari mentor bisnis, maka kini Anda tahu siapa yang harus Anda hubungi.

Butuh Jasa Digital Marketing??

Bingung Mencari Jasa Digital Marketing yang tepat untuk mengembangkan Bisnis Anda??
Jangan Khawatir, Langsung hubungi Admin Kami
Klik Icon Whatsapp Di Bawah Ini​

★★★★★

Tinggalkan komentar