Memanfaatkan Mesin Pencari Google Untuk Memasarkan Produk Jasa

Dengan lebih dari 81,9 juta pengunjung tiap bulan, Google.com jadi sumber traffic potensial untuk bisnis Anda. Google punya banyak jenis layanan, tool, dan jalur iklan yang tiap pengusaha online perlu tahu.

Tapi banyak orang tidak menyadari kalau Google lebih dari sekedar mesin pencarian. Jadi mari kita lihat cara memanfaatkan Google untuk membantu memasarkan produk jasa Anda.

Buat website Anda masuk peringkat

Caranya antara lain:

Web search

Photo credit: Google

Menunjukkan layanan Anda ke pelanggan potensial di hasil pencarian jadi cara paling mudah untuk memanfaatkan Google untuk iklan gratis. Untuk muncul di halaman pertama atau kedua di hasil pencarian, Anda perlu optimalkan website untuk mencapai peringkat paling tinggi.

Anda mungkin telah menyadari kalau Anda perlu meluangkan waktu untuk mencari kata kunci yang tepat untuk website dan meningkatkan popularitas link. Tapi Anda mungkin belum tahu kalau Google melihat blok teks pertama yang ada di halaman web Anda dan menggunakannya pada beberapa garis pertama yang tampil di halaman hasil pencarian tentang situs Anda.

Jadi bila Anda mau masuk daftar dan juga menarik perhatian pelanggan, buat paragraf pertama teks Anda dengan baik. Agar lebih  efektif, jumlahnya harus sekitar 300 kata dengan sekitar 8 persen berisi kata kunci.

Sitemaps

Photo credit: Google

Google spider secara konstan mengindeks halaman website, dan tidak mungkin memprediksi secara akurat kapan Google akan mengunjungi website Anda. Bila Anda telah mengoptimasi situs untuk pencarian, maka Google akan melihat halaman Anda.

Tapi, Anda tidak bisa yakin kalau Google akan meng-indeks semua halaman web Anda, mereka mungkin mengindeks  hanya sebagian situs selama satu kali kunjungan. Dna karena mereka mulai di halaman atas ke bawah, mereka mungkin bahkan tidak mengindeks seluruh halaman.

Satu hal yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kemungkinan seluruh situs terindeks adalah mengirim situs ke Google Sitemap. Setelah mengirim situs, Google menciptakan dan menyimpan file XML yang memungkinkan mengupdate dan mengindeks kapanpun konten situs berubah. Ini seperti punya kabel data sendiri yang bekerja dari komputer langsung ke Google.

AdSense

Photo credit: Google

AdSense salah satu dari dua jenis jalur iklan yang ditawarkan Google. Iklan yang dihasilkan melalui AdSense adalah iklan pihak ketiga yang ada di website Anda.

Program ini gratis untuk Anda gunakan dan Anda bisa menghasilkan uang tiap kali seseorang mengklik “on” pada iklan dan pindah dari situs. Dengan kata lain, iklan ini menarik pengunjung menjauh dari situs, tapi Anda mengimbanginya tiap kali ini terjadi.

Google mencocokkan iklan dengan situs Anda dengan menemukan kemiripan dalam kata kunci masing-masing.

Untungnya, Anda bisa atur filter untuk mencegah iklan kompetitor muncul di website Anda, dan Anda bisa sesuaikan tampilan iklan agar warna background sama dengan situs Anda, sehingga terlihat lebih seperti konten informatif dibanding iklan sales.

Coba tes Google AdSense pada situs Anda untuk melihat apakah secara negatif mempengaruhi traffic dan penjualan. Bila tidak, maka Anda baru saja menemukan cara baru memperoleh uang.

Berapa banyak Anda akan dapat? Ini bisa bergantung pada berapa banyak pengiklan membayar Google untuk kata kunci tertentu dan pada berapa banyak orang mengklik iklan pada situs.

Tapi pada umumnya, Anda bisa peroleh hingga $15 per klik dan sebanyak 700 dollar sehari bila Anda punya situs yang teroptimasi dengan baik yang menarik banyak traffic tertarget.

AdWords

Photo credit: Google

Fitur iklan di Google selanjutnya adalah AdWords. Iklan ini bisa Anda ciptakan untuk mempromosikan bisnis yang Google tempatkan di situs lain untuk Anda. Ada tiga tempat utama dimana Anda bisa lihat iklan Adwords:

  • Pada sisi kanan halaman di sebelah hasil pencarian organik Google
  • Pada situs lain sebagai iklan AdSense
  • Bersama pesan email Anda di Gmail.

Ketika menciptakan iklan AdWord, Anda punya kontrol tentang berapa banyak biayanya. Anda memutuskan berapa banyak Anda ingin membayar untuk kata kunci tertentu di iklan dan tiap kali iklan Anda diklik, Anda membayar jumlah itu. jumlahnya bervariasi dari minimal $0,05 hingga maksimal $100, Anda bisa buat anggaran yang tidak melebihi budget.

Google menggunakan kata kunci yang Anda pilih untuk membantu mereka menempatkan iklan Anda pada situs yang punya konten relevan dengan punya Anda, jadi Anda bisa pastikan traffic yang Anda bayar sangat tertarget.

AdWord menjangkau 80 persen pengguna internet, dan Anda bisa tentukan wilayah target dan bahasanya. Bila Anda khawatir tentang penggunaan AdWords karena kemungkinan iklan Anda muncul di situs yang yang tidak menghasilkan penjualan, Anda bisa terapkan filter negatif ketika menciptakan iklan untuk mengabaikan situs tertentu.

Seperti pada iklan AdSense, ada baiknya mengetes apakah iklan yang Anda buat menghasilkan uang. Bila tidak menghasilkan penjualan, bila traffic menurun atau bila kata kunci tertentu tidak menghasilkan traffic, waktunya untuk memperbaiki iklan Anda.

Memonitor Google dan peringkat situs di Google dengan tool lain

Sebaiknya kita tidak menerima sepenuhnya apa yang ditawarkan sebuah perusahaan. Lebih bijak untuk mencari pendapat kedua atau mencari ahli lain untuk menilai produk perusahaan itu. Menggunakan Google juga seperti itu, dan ada banyak cara untuk mengetahui penilaian tentang produk Google. Ada juga banyak orang yang menyediakan tool dan layanan yang melengkapi Google.

Berikut ini beberapa contohnya:

GoogleAdvisor.org

Blog ini fokus pada AdSense, Adwords, dan strategi PageRank. PageRank merupakan tool Google yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pentingnya website Anda. Anda diminta memberi nilai dari 0 sampai 10 tentang berapa banyak situs lain yang memberi link ke Anda dan seberapa pentingnya untuk Anda. Untuk informasi, tips dan trik, dan strategi terkait Google, situs ini jadi langkah awal yang tepat.

Photo credit: Google

GoogleRankings.com

Situs ini memberi Anda tool gratis untuk mengecek kata kunci Anda. Anda bisa masukkan URL situs dan mendapat laporan tentang kepadatan kata kunci. Anda lalu bisa mengecek seberapa tinggi Google memberi peringkat ke situs Anda untuk tiap kata kunci ini.

Photo credit: Google

GoogleGuide.com

Photo credit: Google

Situs ini menawarkan panduan untuk pengguna pemula atau berpengalaman. Pengguna berpengalaman bisa tahu tentang menciptakan website, termasuk tips pada PageRank, serta pendapatan iklan.

Sekarang Anda punya informasi yang Anda butuhkan untuk mempromosikan bisnis bersama Google. Ingat filosofi Google; fokus ke pengguna dan yang lain akan mengikuti. Tiap langkah dalam bisnis Anda harus tentang memecahkan masalah pelanggan. Layanan Google dan toolnya akan membantu Anda mencapai ini.

Tinggalkan komentar