Memanfaatkan Mesin Pencari Google Untuk Memasarkan Produk Jasa

Dengan lebih dari 81,9 juta pengunjung tiap bulan, Google.com jadi sumber traffic potensial untuk bisnis Anda. Google punya banyak jenis layanan, tool, dan jalur iklan yang tiap pengusaha online perlu tahu.

Tapi banyak orang tidak menyadari kalau Google lebih dari sekedar mesin pencarian. Jadi mari kita lihat cara memanfaatkan Google untuk membantu memasarkan produk jasa Anda.

Buat website Anda masuk peringkat

Caranya antara lain:

Web search

Photo credit: Google

Menunjukkan layanan Anda ke pelanggan potensial di hasil pencarian jadi cara paling mudah untuk memanfaatkan Google untuk iklan gratis. Untuk muncul di halaman pertama atau kedua di hasil pencarian, Anda perlu optimalkan website untuk mencapai peringkat paling tinggi.

Anda mungkin telah menyadari kalau Anda perlu meluangkan waktu untuk mencari kata kunci yang tepat untuk website dan meningkatkan popularitas link. Tapi Anda mungkin belum tahu kalau Google melihat blok teks pertama yang ada di halaman web Anda dan menggunakannya pada beberapa garis pertama yang tampil di halaman hasil pencarian tentang situs Anda.

Jadi bila Anda mau masuk daftar dan juga menarik perhatian pelanggan, buat paragraf pertama teks Anda dengan baik. Agar lebih  efektif, jumlahnya harus sekitar 300 kata dengan sekitar 8 persen berisi kata kunci.

Sitemaps

Photo credit: Google

Google spider secara konstan mengindeks halaman website, dan tidak mungkin memprediksi secara akurat kapan Google akan mengunjungi website Anda. Bila Anda telah mengoptimasi situs untuk pencarian, maka Google akan melihat halaman Anda.

Tapi, Anda tidak bisa yakin kalau Google akan meng-indeks semua halaman web Anda, mereka mungkin mengindeks  hanya sebagian situs selama satu kali kunjungan. Dna karena mereka mulai di halaman atas ke bawah, mereka mungkin bahkan tidak mengindeks seluruh halaman.

Satu hal yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kemungkinan seluruh situs terindeks adalah mengirim situs ke Google Sitemap. Setelah mengirim situs, Google menciptakan dan menyimpan file XML yang memungkinkan mengupdate dan mengindeks kapanpun konten situs berubah. Ini seperti punya kabel data sendiri yang bekerja dari komputer langsung ke Google.

AdSense

Photo credit: Google