Tips Online Marketing Untuk Cafe

Salah satu masalah yang biasa dialami pemilik kafe adalah menarik lebih banyak pelanggan. Strategi online marketing untuk cafe bisa membantu mereka memperoleh lebih banyak pelanggan.

Kebanyakan pemilik cafe mengeluhkan “Ada banyak kafe di sekitar kami dengan menu dan pilihan harga yang hampir sama. Sulit untuk bisa terlihat berbeda dan unik.”

Untungnya ada banyak cara untuk bisa menarik lebih banyak pelanggan dari lingkungan sekitar Anda. Berikut ini tips online marketing untuk cafe untuk membantu promosikan cafe Anda:

Papan nama yang jelas

Photo credit: Google

Ini satu hal yang tidak bisa dianggap sepele. Baik Anda punya kafe di jalan yang ramai atau di gang yang sepi, Anda harus punya papan nama yang jelas.

Sediakan dana untuk memperoleh logo yang didesain profesional agar orang bisa mengingat dan menghubungkannya dengan nama brand Anda. Pastikan papan nama cukup jelas dan mudah dibaca dari kejauhan.

Baca tentang jasa digital marketing .

Pastikan cafe Anda muncul di hasil pencarian online

Photo credit: Google

Setelah Anda membuka kafe, ini mungkin hal pertama yang harus dilakukan online. Orang yang biasa pergi ke kafe akan mencari tempat terdekat, jadi penting untuk kafe Anda muncul di hasil pencarian online.

Lalu bagaimana agar ini terjadi? Anda perlu pastikan kafe Anda terdaftar di sebanyak mungkin direktori online. Mulai dengan Google My Business dan Yelp, dan kirim sebanyak mungkin detail termasuk jam buka, nomor telepon, dan panduan arah di Google Search dan Maps. Memasukkan bisnis Anda di listing ini tidak dikenai biaya.

Atur profil di situs review

Photo credit: Google

Muncul di hasil pencarian hanya salah satu bagian dari rencana marketing. Setengah jalan lagi adalah dengan secara efektif mengatur profil Anda agar pelanggan meninggalkan review positif dan orang lain bisa melihatnya.

Personalisasi profil Anda. Tambahkan gambar dan beritahukan apa yang spesial tentang kafe Anda. Respon tiap review, meski bila isinya negatif. Bersikap terbuka terhadap feedback dan jalin kedekatan dengan orang yang cukup peduli memberi pendapat tentang kafe Anda.

Membangun website

 

Photo credit: Google

Anda memang pemilik kafe, bukan web designer. Tapi Anda harus punya website untuk kafe Anda. Ini akan menambah kredibilitas dan website jadi platform yang bagus untuk membagikan lebih banyak informasi tentang diri Anda dan kafe.

Misalnya, Anda bisa sebutkan apa yang spesial di kafe Anda dan membuat daftar menu agar lebih mudah bagi pelanggan potensial. Jangan khawatir, membuat website bukan hal yang sulit.

Aktif di media sosial

Suka atau tidak, Anda tidak bisa mengabaikan cara yang satu ini. Media sosial telah menjadi bagian sangat penting untuk bisnis makanan dan bisa membantu Anda menjangkau audiens lebih banyak dibanding sebelumnya. Masalahnya adalah, Anda harus membuat postingan secara teratur untuk memperoleh perhatian orang.

Bila Anda merasa tidak punya banyak waktu untuk melakukan ini, minta salah satu staf Anda untuk mengatur ini. Bahkan bila Anda konsisten pada hanya satu platform, seperti Instagram, sudah cukup.

Ajak pelanggan mengambil gambar

 

Photo credit: Google

Bila Anda tidak punya waktu atau skill untuk mengambil gambar yang baik untuk di-posting di  media sosial, biarkan pelanggan melakukannya untuk Anda. Ada banyak pecinta Instagram yang suka menunjukkan minuman atau makanan cantik ke teman-teman mereka.

Ini apa yang bisa Anda lakukan untuk mendorong orang memposting gambar:

  • Pastikan penyajian Anda layak difoto
  • Sajikan makanan yang enak agar captionnya menerangkan tentang rasanya
  • Berikan sedikit insentif, seperti kopi atau es krim gratis untuk posting dengan hashtag brand.

Tampilkan menu di Facebook dan situs review lainnya

Buat orang semudah mungkin membuat keputusan tentang kafe Anda. Dengan begitu banyak pilihan tersedia, orang ingin tahu pasti apa yang bisa diharapkan dari kafe Anda sebelum mereka menentukan pilihan final.

Coba pikirkan, bila seorang vegetarian melihat sajian spesial di menu Anda, ia akan memilih kafe Anda dibanding kafe lain yang tidak menambahkan menu online.

Manfaatkan surat kabar lokal

 

Photo credit:Google

Jangan remehkan kekuatan surat kabar lokal. Cara bagus untuk menjangkau orang di sekitar lingkungan Anda adalah dengan memasang iklan dan penawaran diskon di surat kabar lokal. Orang di sekitar Anda membaca ini dan lebih mungkin terdorong untuk mengunjungi kafe Anda.

Adakan event untuk media

Undang jurnalis lokal dan blogger makanan untuk event media. Minuman dan makanan gratis hanya sedikit membebani Anda, tapi bila mereka menulis tentang tempat Anda di jurnal online, ini bisa sangat menguntungkan.

Adakan acara amal

Photo credit: Google

Bukan berarti Anda mulai mengadakan semua event gratis. Cara cerdas untuk mengadakan event adalah mengundang orang dengan imbalan, seperti satu minuman gratis atau apa saja sesuai anggaran Anda.

Orang yang datang kemungkinan akan memesan lebih banyak setelah mereka berada di sana. Mereka juga kemungkinan kembali lagi bersama teman bila mereka senang dengan pelayanan Anda.

Gunakan marketing SMS

Anda mungkin pernah melihat hal seperti ini, ada penawaran di meja Anda yang menawarkan diskon bila Anda mengirim pesan ke pihak manajemen. Misalnya, Anda bisa peroleh kopi gratis bila mengirim pesan “kopi gratis untuk saya” ke nomor 7272.

Ini jadi cara cerdas untuk mengumpulkan nomor telepon pelanggan agar Anda bisa menjangkau mereka nanti di penawaran selanjutnya. Ini jadi taktik yang baik, mereka mendapat kopi gratis, Anda mendapat pelanggan potensial yang setia.

Marketing mulut ke mulut

Marketing dari mulut ke mulut dan online marketing sama-sama kuat. Terhubung dengan orang, bicaralah pada pelanggan, dan sebarkan berita tentang kafe dan apa yang Anda lakukan. Anda jadi tool marketing untuk bisnis Anda sendiri.

Ide promosi untuk kafe: Perbaharui menu

 

Photo credit: Google

Menu bisa lebih dari sekedar daftar produk dan harga. Kata-kata, layout dan warna yang Anda pilih bisa memberi efek besar pada kebiasaan pelanggan. Jadi bila Anda ingin memperoleh profit lebih, buat menu baru yang didesain mengikuti beberapa trik marketing psikologis berikut:

  • Menarik bagi mata berarti menambah penjualan. Kelilingi produk yang paling menguntungkan dengan ruang putih dan gunakan warna bold seperti merah dan kuning untuk menarik perhatian mata ke arah produk ini.
  • Buat daftar produk yang ingin Anda jual lebih banyak di urutan awal.
  • Desain menu Anda mengikuti aturan “segitiga emas.” Ketika pertama membuka menu, mata biasanya akan mulai dari tengah, sebelum bergerak ke sudut kanan atas lalu atas kiri. Jadi bila Anda ingin pelanggan melihat penawaran spesial lebih dulu, tiga posisi ini jadi tempat untuk meletakkannya.
  • Hilangkan simbol mata uang dari harga. Dengan menggunakan hanya angka (seperti 4, bukan Rp 4) pelanggan terdorong untuk menghilangkan asosiasi angka dari jumlah uang sebenarnya.
  • Buat respon emosional dengan nama produk yang kreatif. Anda bisa namakan kopi esspreso Anda dengan “The Godfather.” Atau menyebut potongan kue di kafe Anda dengan nama “The Marie Antoinette.” Hal simpel ini bisa membuat pelanggan bernostalgia, merasa senang dengan kopi atau kue yang dipesan sebelum mereka melihat atau merasakannya.

 

Tinggalkan komentar