panduan lengkap social media marketing 2019

panduan lengkap social media

Media social saat ini tidak hanya sebagai ajang hiburan semata namun juga sebagai faktor utama keberhasilan marketing. Hal ini disebabkan melejitnya social media marketing yang sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. jika anda ingin sukses menggunakan media ini, sebelumnya anda harus memahami panduan lengkap social media marketing 2019.

Tahun 2019 merupakan tahun dimana persaingan di media social makin memanas. Para kompetitor hampir tidak memiliki kartu AS masing-masing karena semua trik sudah bisa terbaca. Namun tentu saja persaingan belum berakhir dan bukan berarti pula tidak memiliki solusi.

Strategi yang matang dan terus melakukan evaluasi sehingga kelemahan kompetitor dan kelemahan anda bisa teratasi adalah strategi utama. Jika anda bebnar-benar serius dalam melakukan segala usaha, maka anda akan sukses dalam persaingan pemasaran digital ini.

Panduan Lengkap Social Media Marketing 2019

Kesalahan para pebisnis online biasanya sekedar membuat akun bisnis di media social kemudian meninggalkannya begitu saja. Sebagai pemula hal ini wajar, karena belum adanya kesadaran bahwa membuat konten tanpa strategi sama saja nihil.

Di Indonesia sendiri penggunaan media social seperti youtube, whatssapp, line, instagram, facebook, linkedin adalah media yang palin popular. Namun jika anda ingin pasar yang luas hingga mancanegara maka lakukan riset terlebih dahulu, dan pilih media yang sangat mudah melejit. Di setiap negara dipastikan berbeda-beda media ter populernya. Lalu, apakah harus menggunakan seluruhnya?.

Tentu saja tidak! Menggunakan banyak media social tanpa pengelolaan yang baik akan menghabiskan dana dann tenaga. Cukup satu atau dua media namun maksimal akan lebih menguntungkan.

Bagaimana Langkah Yang Harus Dilakukan?

Strategi yang matang adalah langkah awal yang harus diambil ketika ingin maksimal dalam mengelola media sosial sebagai pemasaran digital. Tentukan siapa target pasar yang akan dipilih? Bagaimana citra yang akan dibangun? Jika semua sudah terjawab, anda bisa lakukan langkah di bawah ini.

  1. Gunakan Tekhnik Bulls Eye

Masih bingung memilih media mana untuk mengembangkan bisnis?. Karena setiap bisnis memiliki lahan promosi masing-masing pastikan anda tidak salah lahan. Solusinya adalah menggunakan tekhnik bulls eye sebagai riset audiens.

  • Brainstorming, yakni menggunakan list media yang mungkin digunakan dan ide apa saja yang diperlukan di dalamnya.
  • Rank, yakni mengkategorikan semua media ke dalam tiga yaitu inner circle, potential, dan long shot.
  • Prioritize, yakni prioritas terhadap satu saja contoh inner circle 
  • Test, yakni uji coba semua media di inner circle secara bersamaan
  • Focus on, yakni tahapan dimana menilai media mana yang paling efektif dalam inner circle
  1. Tentukan Tujuan 

Tujuan adalah tolak ukur untuk menentukan keberhasilan, maka penting untuk anda menentukan tujuan penggunaang social media marketing. Contohnya membangun personal brand, maka fokuskan terhadap hal tersebut dan kurangi promosi mengenai hal lainnya.

  1. Riset Kompetitor

Saat ini kompetitor yang sudah lama menjalankan social media marketing akan lebih tahu apa kekurangan dan kelebihannya. Melakukan riset akan membantu anda memenangkan kompetisi ini.

Akan lebih baik jika anda menujukan satu kompetitor dan mempelajari apa saja konten, keyword, hashtag dan sebagainya. Jangan curi ide kompetitor, namun jadikan tolak ukur dan buatlah yang lebih baik dari itu.

  1. Kenali Media Social Lebih Dalam

Kamu harus tahu bahwa social media biasanya akan mengindikasikan beberapa hal di bawah ini.

  • Konten spam atau terlalu banyak promosi : 46 persen orang akan meninggalkan media social anda
  • Konten tidak relevan : 41 persen orang akan meninggalkan media social anda
  • Sering posting atau update : 35 persen orang akan meninggalkan social media anda
  • Ketidak cocokan istilah atau kesalahan brand : 30  persen orang akan meninggalkan media social anda
  • Terlalu sepi :18 persen orang akan meninggalkan media social anda karena terlalu sepi
  • Late respond : 15 persen orang akan meninggalkan media social anda karena merasa diabaikan

Solusinya kamu bisa melakukan post di jam atau waktu tertentu, jangan malas update dan juga late respond supaya pelanggan nyaman. Jika anda kesulitan dalam mengelola pemasaran di social media anda bisa menggunakan jasa kletikan.com. itula panduan lengkap social media marketing 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *