Yang Perlu Anda Tahu Tentang Pemasaran Produk

Pemasaran produk adalah proses dimana barang dihadirkan di pasar target. Pemasaran produk berkaitan dengan pesan pada kampanye iklan, saluran promosi produk, lingkungan kampanye dan audien yang ditargetkan, serta berkaitan dengan bagaimana produk itu perlu dijual.

Pada dasarnya, pemasaran produk meliputi semua hal yang berhubungan dengan bagaimana produk diposisikan, dipromosikan, dan dijual.

Bagaimana dengan manajemen produk, apakah sama dengan pemasaran produk?

pemasaran produk
Photo credit: Google

Anda mungkin juga melihat istilah manajemen produk yang digunakan di buku-buku bisnis dan blog marketing, dan banyak orang keliru antara manajemen produk dan pemasaran produk.

Dua istilah ini tidak saling menggantikan dan merujuk pada dua fungsi bisnis berbeda dalam sebuah organisasi.

Pemasaran produk paling umum berada di bawah departemen marketing. Pemasaran produk bisa dalam bentuk team pada departemen marketing yang lebih luas atau team marketing yang mengurus kampanye pemasaran produk.

Manajemen produk, sebaliknya, adalah proses manajerial di tingkat lebih tinggi yang mencakup semua aspek produk sepanjang siklus keseluruhan produk, mulai dari pencarian hingga perkembangan nilai jual. Marketer produk biasanya melapor ke manajer produk.

Strategi pemasaran produk

Pemasaran produk
Photo credit: Google

Para profesional di bidang pemasaran produk sering merujuk pada sejumlah prinsip yang dikenal dengan 7P pada pemasaran produk, yaitu:

  • Product
  • Pricing
  • Place
  • Promotion
  • Process
  • People
  • Physical environment

Kita bisa pecah konsep ini menjadi 4 pertanyaan besar yang berlaku pada tiap bisnis dan tiap produk:

  • Apa yang dijual?
  • Siapa audien targetnya atau pelanggan idealnya?
  • Bagaimana Anda akan menjangkau pelanggan itu?
  • Berapa besar seharusnya harga produk?

Pemasaran produk dengan Search Engine Marketing

pemasaran produk
Photo credit: Google

Marketing dengan internet merupakan kategori luas untuk periklanan dan bisa mencakup Search engine Marketing (SEM), Search Engine Optimization (SEO), email marketing, iklan banner, optimasi media sosial, serta bentuk lainnya.

Hubungi cara memasarkan cafe

SEM dan khususnya pay per click marketing adalah metode iklan yang cepat tumbuh untuk semua jenis bisnis, dan tidak heran PPC relatif mudah dilakukan dan sangat efektif bila dilakukan dengan benar.

Iklan PPC merupakan bentuk populer dari marketing website karena cocok untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberi iklan yang relevan di waktu yang sama.

Jadi bagaimana cara yang benar untuk melakukan PPC sebagai bagian dari strategi pemasaran produk Anda? Menerapkan beberapa praktik marketing moderen akan memastikan usaha marketing website Anda menunjukkan ROI yang kuat.

  • Mulailah dengan pencarian keyword yang kuat. Pencarian keyword menjadi dasar keberhasilan marketing website. Pastikan keyword Anda bersifat personal dan berdasarkan data.
  • Kelompokkan dan atur keyword Anda. Pengelompokkan keyword memungkinkan marketing website yang lebih strategis untuk kampanye PPC maupun SEO.
  • Berkomitmen untuk marketing website yang berkelanjutan. Untuk melihat manfaat yang terus-menerus, pastikan Anda terus mengupdate dan meningkatkan kampanye pencarian Anda.

Anda akan bisa mengikuti praktik ini dengan lebih konsisten dengan bantuan penyedia jasa marketing produk yang tepat.

Bagaimana cara pemasaran produk di internet?

pemasaran produk
Photo credit: Google

Mulailah dengan pencarian kata kunci yang efektif.

Banyak aspek marketing website, tapi khususnya untuk pencarian PPC dan SEO, mulailah dengan pencarian kata kunci, menemukan dan menganalisa kata serta frase yang orang gunakan ketika mencari sesuatu menggunakan mesin pencarian untuk layanan produk tertentu. Kata kunci harus spesifik sesuai market-nya.

Mungkin ini terlihat sudah jelas, tapi Anda akan terkejut seberapa sering akal sehat gagal ketika berurusan dengan pencarian kata kunci. Brainstorming dan intuisi tidak akan berhenti, Anda perlu mendukung keputusan Anda dengan data dunia nyata.

Jadi dimana Anda menemukan data ini?

Kebanyakan marketing website menggunakan alat untuk saran pencarian seperti Google Adword. Tapi ini bukan cara terbaik untuk mencapai pencarian keyword Anda. Bisa juga cara ini merugikan karena memberikan data yang:

  • Tidak akurat. Tool ini memiliki daftar kata kunci populer terbatas yang tidak relevan dengan niche bisnis Anda. Terlebih bila status traffic meragukan.
  • Kebanyakan tool keyword dibangun untuk satu kali digunakan, beberapa pengguna harus kembali dan meng-update pencarian mereka.
  • Tool kata kunci yang ada untuk publik memberi data kata kunci untuk umum. Apakah Anda mau strategi marketing Anda sama persis dengan kata kunci orang lain? Lalu apa keuntungan kompetitif-nya bila ini terjadi?

Ada cara lebih baik untuk meriset kesempatan kata kunci untuk marketing website Anda, yakni dengan mendengarkan pengunjung Anda.

Anda bisa punya data website sendiri untuk memperoleh kata kunci yang paling akurat dan relevan untuk bisnis Anda. Dan bagian yang terbaiknya, pencarian kata kunci ini bisa benar-benar privat, jadi Anda bisa praktikkan marketing website dengan nilai kompetisi tinggi.

Kelompokkan kata kunci untuk marketing website yang lebih efektif

Photo credit: Google

Kebanyakan marketer website menyadari pentingnya pencarian keyword, tapi pentingnya pengelompokkan kata kunci untuk pay per click dan kampanye SEO dijual dengan harga sangat rendah. Segmentasi yang efektif dan organisasi taksonomi keyword Anda bisa memberi perbedaan besar pada hasil marketing website Anda.

Hubungi Konsultan & Jasa Digital Marketing Indonesia

Seperti ini caranya:

  • Tingkatkan relevansi. Jauh lebih mudah untuk menulis iklan PPC yang spesifik dan relevan untuk kelompok keyword kecil.
  • Peningkatan eksposur. Iklan dan landing page yang sangat relevan untuk search query memperoleh peringkat yang lebih tinggi, dan CTRs (click-through rates) yang lebih tinggi.
  • Harga lebih rendah. Search engine menunjukkan relevansi dan CTR tinggi dengan menurunkan biaya per klik sehingga web marketing lebih efektif dari segi biaya.

Tinggalkan komentar