Pentingnya Riset Pemasaran untuk membangun sebuah strategi

riset pemasaran

kletikan.com | Pentingnya Riset Pemasaran untuk membangun sebuah strategi | Dalam dunia bisnis , pemasaran adalah salah satu yang selalu menjadi hal utama, menjadi langkah pertama di setiap usaha dengan tujuan memastikan target pasar yang di bidik tepat sasaran , strategi yang di gunakan sesuai dengan karakter pasar , melalui riset yang benar bisa menjadi tolak ukur perkembangan usaha sesuai permintaan pasar yang begitu besar.

Sering kali Riset tidak terlalu di perhatikan, seseorang cenderung fokus pada produk nya, kualitas produk, value produk namun lemah dalam pemasaran, seseorang fokus pada yang ingin dia jual namun tidak fokus pada apa yang diinginkan pasar, ibaratnya seorang pria jomblo fokus apa yang ingin dia katakan bukan pada apa yang si dia inginkan…. ūüėÄ

Selain mengetahui produk yang dibutuhkan dan pesaing yang ada, dengan melakukan riset ini Anda juga dapat mengetahui siapa saja yang membutuhkan produk Anda, kapan produk tersebut dibutuhkan, kualitas produk yang bagaimana yang dibutuhkan serta produk tersebut dibutuhkan dimana.

yuk kita bahas satu satu… tentunya bahas pemasaran yaaa bukan soal jomblo tadi…..

Riset dalam pemasaran tidak hanya pada usaha offline namun sangat penting pada usaha online, bahkan saat ini usaha offline riset nya dengan strategi digital marketing, berkali kali kami sampaikan ” owner harus paham logika online marketing “.

 
  • Menentukan faktor pembeda dan penguat produk kita dengan kompetitor
  • Menentukan Target market yang sesuai
  • Membangun dan menyusun strategi Pemasaran
  • Menentukan Media yang tepat dalam pemasaran
  • Menyusun budgeting
  • Menyusun pola eksekusi dan sistem evaluasi

Menentukan Faktor Pembeda dan Penguat Produk kita dengan Kompetitor

Produk yang sudah di ketahui value dan faktor penguat di bandingkan dengan kompetitor akan lebih mudah dalam menentukan target marketnya. Banding kan Produk kita dengan market leader yang sudah ada, jika value kita jauh lebih baik dari Market leader maka kita bisa bicara berdasarkan data, namun jika produk kita value nya masih di bawah Market leader maka bangun asumsi, strategi nya pun tentunya beda, tim pemasaran harus melalui beberapa tahap, edukasi, akusisi market, closing strategi, Loyal customer dan Bangun Networking. ada tools yang mempermudah bagi kita untuk melakukan Riset Pemasaran Ini,

Menentukan Target market yang sesuai

Jika sebuah perusahaan berencana melempar suatu produk ke pasar tentunya harus sudah di tentukan produk tersebut masuk customer yang mana secara sangat detail dan spesifik, salah satunya usia, jenis kelamin, pendidikan, tempat tinggal, hobby, lingkungan, kebiasaan dan lain sebagainya. Cara ini akan lebih mudah jika menggunakan strategi digital marketing yang sudah di lakukan uji coba atau tes market.

Pentingnya Riset Pemasaran dalam Menyusun Strategi Pemasaran

Riset pemasaran merupakan kegiatan perencanaan, pengumpulan, penganalisaan, dan pelaporan data yang isinya berhubungan dengan masalah suatu perusahaan. Kegiatan riset pemasaran mencakup kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis, mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian,pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian. Hasil dari riset pemasaran tersebut menjadi bahan rekomendasi bagi pihak manajemen untuk mengidentifikasi masalah dan melakukan pengambilan keputusan dan pemecahan suatu persoalan.

Menentukan Media yang Tepat dalam Pemasaran

Di Indonesia ada 4 kelompok media besar, Keluarga Google dan jaringannya, Keluarga Sosmed dengan Facebook dan Instagram, Keluarga Marketplace dan Aplikasi. dari ke 4 media ini karakter dan cara menggunakannya beda beda, TIDAK SEMUA MEDIA BISA KITA GUANAKAN, Cara menentukan Media gunakan riset dengan pola eksekusi Diagnosa 4512 , sebuah tool pengembangan dari pendahulunya 4511. Mudah, simple namun hasil riset nya paten banget…. kita bisa melihat strategi yang di mainkan oleh kompetitor, program yang mereka kerjakan , kapan mulai mereka kerjakan dan bagaimana tahapannya.

Menyusun Pola dan Alur Eksekusi serta Sistem Evaluasi

Keberhasilan pemasaran yang sudah di buat sebuah strategi akan berhasil jika eksekusinya benar. Benar ini ada 4 kategori, Benar cara eksekusinya, Benar Alur dan Pola eksekusinya, Benar dan sesuai Waktu Pengerjaannya, dan Benar dalam Menjalankan Sistemnya.

 

Riset pemasaran sangatlah penting dalam kegiatan usaha. Riset pemasaran merupakan langkah awal dalam kegiatan bisnis dengan tujuan untuk mengetahui pangsa pasar yang dibidik untuk produk yang dihasilkan. Bahkan, dengan melakukan riset pemasaran, perusahaan bisa mengetahui perkembangan permintaan pasar.

Silahkan Tonton

Baca Juga Jas Tes Market yang Efective klik disini

Berikut beberapa fungsi penting dari diadakannya riset sebelum memasarkan produk diantaranya yaitu:

Mencari tahu tentang kebiasaan pasar sehingga Anda dapat menentukan strategi pemasaran suatu produk agar lebih tepat sasaran dan terarah 

Seberapa besar kemungkinan terciptanya peluang pemasaran yang terlihat dari setiap daerah. 

Menghemat waktu dan juga tenaga Anda. 

Meminimalkan resiko

Bagaimana Melakukan Riset Pemasaran?

Untuk melakukan riset pemasaran bisa melakukan secara mandiri atau bisa juga dengan menggunakan jasa agensi yang mampu melakukan riset pemasaran. Anda perlu pandangan orang lain supaya hasilnya lebih nyata, lebih otentik . Ibarat Seseorang penulis tidak bisa menilai tulisannya sendiri,

PROSES RISET PEMASARAN :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *