Persiapan Memulai Bisnis Internet Marketing

Digital Marketing Strategy | Dalam ilmu digital marketing anda harus bisa menentukan dulu apa konsep dan tujuan anda. Apakah hanya sekedar sebagai jualan saja atau akan dijadikan sebuah aset bisnis jangka panjang. Karena dalam dunia digital marketing itu sangat luas cakupannya. Ada beberapa tahap untuk membangun sebuah bisnis digital marketing antara lain :
Riset kata kunci . Riset kata kunci yang potensial bisa kita cari dari keyword planner, google, youtube dan marketplace dimana nanti bisa kita ambil semua data dari sumber tersebut kata kunci yang paling banyak penelusurannya. Dari situ nanti ketahuan apa yang akan kita tentukan mau kearah mana optimasinya.

Pembuatan website

Website merupakan sebuah kolam untuk membangun list building. Dimana semua media yang kita optimasi akan mengarah ke website utama. Dari sana akan terlihat trafic nya untuk dijadikan retargeting market melalui media seperti fb ads, adword, ig ads dan masih banyak lagi. Dari materi yang di berikan oleh skylorworks, secara garis besar saya memiliki pandangan bahwa Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita berpegangan pada 4 kunci utama dalam usaha yaitu :

a. berapa banyak laba yang bisa di dapatkan
b. berapa lama waktu saya untuk bisa mendapatkan laba tersebut
c. berapa effort/ tenaga yang harus saya keluarkan untuk memulai mendapatkan laba tersebut
d. dan kapan saya bisa mulai mendapatkan laba tersebut.

Jika 4 pegangan di atas sudah kita terapkan, selanjutnya kita akan lebih mudah untuk menentukan langkah selanjutnya atau bisa dikatakan apa yang akan kita lakukan akan lebih tersistematis untuk memulai langkah pertama yaitu riset. Disini kita sudah berbicara soal data pasar yang meliputi :

1. Current market ( pasar saat ini),

2. Market Tier 1 (pasar yang akan datang pada zaman berikutnya),

3. Market tier 2 (pasar dari pesaing).

Nah dari riset data yang sudah kita lakukan dari kelompok pasar tersebut, maka kita ada baiknya membuat yang namanya sebuah konsep bisnis agar waktu yang kita keluarkan untuk membangun sebuah bisnisbisa produktif.

Dan dari materi yang skylorworks berikan saya juga mendapatkan insight dari membangun sebuah website yang mana :
1. ketika membangun sebuah website jadikanlah web itu sebuah aset
2. website adalah pintu masuk untuk membangun list building (follow up customer). nantinya ketika kita sudah membangun list building dengan website kita bisa memasarkan produk kita atau memfollow up customer dengan menggunakan adword, FB ads, WA. website itu ibarat sebuah mall besar dan untuk menarik pengunjung/visitor kita isi mall kita dengan toko2 (optimasi dengan menggunakaan blog dummy, video, sosmed)

*Note : disaat kita menjual satu produk jangan jadikan itu sebagai penghasilan utama, namun jadikan itu sebagai pintu masuk dari bisnis/usaha jangka Panjang kita

Konsep bisnis Digital Marketing

Konsep bisnis dalam dunia online dibuat untuk mengukur dan menentukan langkah langkah yang harus dilakukan ,sehingga kita tau dari mana kita harus memulai bisnis online.
Bagaimana membangun website sebagai list building pintu masuk dari berbagai media untuk mengumpulkan data yang akan kita olah ke depan. Yang saya tangkap dari materi semalam tentang artikel blog dimana paragraph pertama dalam sebuah artikel diambil dari 10 gci atas dan 8 gci bawah yang dirangkai menjadi sebuah kalimat cantik yang terdiri dari 160 kata dengan tujuan untuk mendominasi karena dibidik menggunakan beberapa kata kunci dan pertimbangan terbacanya oleh google dan enak untuk dibaca. Untuk menentukan produk,pastikan produk ada pencari dan diminati dengan mengecek keyword produk di GKP,GCI,spy web competitor,youtube,marketplace untuk melihat berapa peluang kita ketika memainkan produk tersebut.

 

suport by : edi budiyanto

Tinggalkan komentar