Cara Menciptakan Personal Branding di Sosial Media

Pembicara Seminar Kewirausahaan

Personal Branding di Sosial Media – Saat ini menciptakan personal branding di sosial media sudah banyak sekali dilakukan. Bahkan hampir semua jenis platform sosial media bisa untuk menciptakan personal branding ini. Mulai dari Facebook, YouTube, Instagram,, LinkedIn, Twitter dan lain sebagainya. 

A0akah Anda penasaran cara menciptakan personal branding di sosial media? Berikut ini akan kami ulas untuk Anda.

Baca juga: Jasa Digital Marketing

Cara yang pertama dalam menciptakan personal branding di sosial media yaitu dengan menggunakan nama yang sama. Karena di dalam sosial media tersebut nantinya akan mendeskripsikan tentang siapa diri Anda. Sehingga sebaiknya Anda menggunakan nama dan juga foto asli diri Anda.

penggunaan nama yang sama tersebut harus diterapkan pada semua sosial media yang Anda miliki. Hal tersebut dikarenakan supaya setiap orang yang ingin mencari informasi melalui semua sosial media bisa dengan mudah ditemukan. Mulai dari Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, LinkedIn dan lain sebagainya. Cara melakukan cara tersebut, maka itu artinya Anda sudah melakukan personal branding di media sosial dengan menggunakan nama Anda sendiri.

  • Perbaharui Berkala Profil Sosial Media 

Cara selanjutnya akan menciptakan personal trending di sosial media yaitu dengan memperbarui profil sosial media Anda secara berkala. Mulai dari deskripsi, foto profil ataupun biografi. Dengan selalu memperbarui profil sosial media Anda, maka hal tersebut akan punya kemungkinan yang lebih besar lebih banyak dilihat orang lain.

kan ada melakukan up date pada profil sosial media Anda secara berkala, maka Anda akan membuat orang-orang semakin yakin bahwa akun tersebut adalah milik Anda masih dikelola oleh Anda sendiri tanpa adanya pihak lain.

  • Ciptakan dan Posting Konten Sesuai dengan Passion

Ketika rutin memposting berbagai macam konten yang bermanfaat di sosial media, tak ayal hal tersebut akan menjadikan Anda lebih dikenal oleh khalayak umum. Namun Anda perlu mengingat beberapa hal, terdapat beberapa media sosial yang memang tidak memberikan izin untuk memposting konten dalam waktu yang berdekatan.

Misalnya seperti Facebook, maka Anda tidak bisa memposting konten dalam waktu yang berdekatan dan sama halnya juga dengan Twitter. Maka dari itu Anda harus memastikan memilih waktu yang tepat untuk memposting konten di sosial media. Selain itu ketahui juga pesan Anda sehingga orang lain tahu apa yang ingin Anda kenalkan.

  • Mengikuti beberapa Grup atau Komunitas

Ilmu dan wawasan tentunya akan semakin bertambah ketika Anda bergabung dalam sebuah klub maupun komunitas. Oleh sebab itu carilah grup dan komunitas kemudian gabunglah di dalamnya yang mana klub atau komunitas tersebut punya visi yang sama dengan diri Anda. Disitulah nantinya Anda akan banyak mendapatkan wawasan dan bisa memperluas jaringan.

Sebaiknya Anda juga jangan malu-malu untuk mengajukan pertanyaan pada grup atau komunitas tersebut supaya dan personal Anda juga bisa diketahui oleh orang lain. Lakukan juga interaksi dengan sebanyak mungkin bersama orang-orang yang punya visi sama dengan diri Anda. Boleh saja Anda sesekali sekedar “say hai” untuk penghuni atau komunitas yang Anda ikuti tersebut. Sehingga profil yang Anda miliki pun memiliki peluang yang sangat besar di rekomendasikan oleh orang-orang yang ada di komunitas tersebut.

personal branding di sosial media

Baca juga: Konsultan Digital Marketing

  • Pilih Media yang Tepat

Untuk cara yang selanjutnya dalam menciptakan personal branding di sosial media yaitu dengan memilih media yang tepat yang sesuai dengan passion Anda. Misalnya saja ketika terdapat seorang fotografer, maka untuk media sosial yang paling tepat menunjang personal branding adalah Tumblr dan juga Instagram. Sedangkan untuk sosial media yang lainnya seperti blog dan juga Twitter sangat tepat untuk melakukan promosi dari hasil foto yang sudah Anda upload di Instagram.

  • Mengikuti Akun yang Bermanfaat

Menciptakan personal branding di sosial media juga bisa dengan cara mengikuti akun-akun yang bermanfaat dan sesuai karakteristik yang Anda miliki. Misalnya jika anda adalah orang yang suka menulis tentang keuangan, maka anda bisa mengikuti akun seperti berita luar dan dalam negeri, otoritas jasa keuangan (OJK), kementerian keuangan, Bank Indonesia dan akun-akun lainnya yang bermanfaat dan mendukung personal branding Anda.

  • Meminta Testimoni dari Orang yang Anda Kenal

Cara yang terakhir dalam menciptakan personal branding di sosial media yaitu dengan meminta testimoni dari orang-orang yang sudah Anda kenal. Misalnya untuk sosial media LinkedIn yang mana di dalamnya ada banyak hal yang Anda minati. Selain itu ada juga bisa menjelaskan tentang diri Anda secara detail termasuk pengalaman kerja yang sudah pernah Anda lakukan.

Anda bisa meminta beberapa testimoni dari orang yang anda kenal seperti kerabat ataupun teman dekat ketika menggunakan akun LinkedIn. Biasanya testimoni yang diberikan bisa Anda tambahkan ke profil Anda dan nantinya bisa dijadikan sebagai referensi bagi yang membacanya. Dengan demikian, Anda akan lebih banyak mendapatkan kepercayaan.

Nah, beberapa cara menciptakan personal branding di sosial media di atas semoga bisa menambah wawasan Anda. Kini Anda bisa menemukan jasa personal branding yang terpercaya pada kami. Yuk, segera hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

Artikel lainnya:

Prakisi Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *