Digital Marketing Untuk Produk Bahan Material

Digital marketing menjadi sarana yang semakin penting untuk semua jenis perusahaan untuk menarik kesuksesan dalam bisnis. Banyak perusahaan punya ketertarikan besar pada digital marketing karena melihat di sinilah banyak pelanggan yang loyal dan pelanggan potensial mereka berada.

Tak terkecuali untuk bisnis produk bahan material, bisnis ini juga perlu memanfaatkan digital marketing melalui pengembangan website, email marketing, dan menggunakan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Teknik digital marketing untuk produk bahan material

Photo credit: Google

Sebagai pemilik atau manajer perusahaan produk bahan material, Anda mungkin memahami pentingnya untuk jadi unggul dari kompetitor. Di dunia industri konstruksi, kompetisi sangat ketat dan tiap projek sangat berarti.

Meski marketing penting untuk menghasilkan leads baru, banyak perusahaan di bidang produk bahan material terjebak pada mentalitas lama dan melakukan promosi di iklan surat kabar. Metode tradisional ini selalu memakan biaya dan kadang tidak efektif. Ini memicu ROI yang sangat rendah.

Untuk secara efektif berada di depan audiens target tanpa menghabiskan biaya, waktu, dan energi, Anda perlu jalankan strategi digital marketing. Bisnis produk bahan material Anda akan terus tumbuh dengan taktik digital marketing simpel berikut ini:

Optimasi kata kunci lokal

Photo credit: Google

Saat ini Anda mungkin sudah punya website yang memasarkan produk bahan material Anda. Tapi website tersebut mungkin tidak dioptimasi dengan baik sehingga pelanggan potensial bisa temukan apa yang Anda tawarkan.

Di sinilah optimasi kata kunci lokal bisa membantu. Optimasi kata kunci lokal adalah proses mengumpulkan daftar frase dan topik pencarian yang target cari untuk mengetahui bisnis Anda dan mengintegrasikannya di website Anda. Proses ini disebut “on-page search engine optimization” dan jadi elemen penting dari SEO.

Bagaimana Anda menemukan kata kunci yang tepat? Pertama ubah mindset seperti pelanggan target. Apa yang mereka cari ketika mereka butuh layanan Anda? Berikut ini beberapa kata kuncinya

  • Toko bahan bangunan di (wilayah Anda)
  • Material renovasi dapur di (wilayah Anda)
  • Material renovasi kamar mandi di (wilayah Anda)

Untuk tahu apakah orang sebenarnya mencari kata kunci ini, gunakan Google Keyword Planner. Tool ini tidak hanya memberi Anda volume pencarian tapi juga merekomendasikan kata kunci lain yang mungkin relevan dengan bisnis Anda.

Setelah mengumpulkan daftar kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, integrasikan di website Anda. Ini bisa dilakukan dengan mengubah frase pencarian menjadi konten dalam bentuk postingan blog dan halaman di website. Sekarang Anda punya website yang search engine friendly dan dioptimasi untuk membawa lebih banyak traffic lokal yang tertarget.

Klaim profil direktori perusahaan Anda

Photo credit: Google

Ketika seseorang mencari produk dengan biaya tinggi seperti bahan material, mereka habiskan banyak waktu di tahap pencarian. Ini masuk akal karena mereka ingin pastikan bisnis yang mereka cari punya reputasi dan akan sebanding dengan jumlah uang yang mereka keluarkan.

Pelanggan potensial akan mencari produk bahan material di internet untuk tahu tentang perusahaannya. Bila mereka melihat bisnis Anda dan tidak menemukan informasi yang cukup, mereka akan berpindah ke perusahaan lain.

Beberapa tahun lalu, bisnis seperti milik Anda hanya butuh website untuk mulai menarik pelanggan. Saat ini, Anda perlu tingkatkan kehadiran online. Untuk mencapai ini, Anda perlu klaim semua profil direktori sebanyak mungkin. Beberapa contohnya:

  • Yelp
  • Yellow Pages
  • Google Business
  • Yahoo Business Directory
  • Foursquare

Remarketing ke pengunjung situs

Photo credit: Google

Proses pembelian jadi lebih panjang untuk produk dengan harga tinggi seperti produk bahan material. Ini karena pembeli biasanya akan menghabiskan lebih banyak waktu mencari  pemilik bisnis yang tepat sebelum membuat keputusan. Dalam tahap membuat keputusan, pembeli akan pindah dari satu website ke website lain untuk tahu lebih banyak pilihan yang tersedia.

Bagaimana bila Anda bisa memasarkan produk ke mereka meski ketika mereka tidak ada di website Anda? Dengan remarketing Anda punya kemampuan menunjukkan iklan ke orang yang telah mengunjungi website Anda dan pergi tanpa menghubungi Anda.

Orang-orang ini kemungkinan di tahap pencarian. Anda perlu ada di depan audiens target ketika mereka mencari tentang siapa yang harus dihubungi. Remarketing memungkinkan hal ini.

Pertama tempatkan kode tracking pada website. Kedua, buat iklan yang ketika diklik, memberi mereka cara untuk menghubungi Anda. Semakin lama iklan terpasang, semakin banyak pengunjung yang melihatnya. Strategi ini tepat untuk melengkapi strategi digital marketing lain.

Pasang iklan bersama blogger lokal

Photo credit: Google

Marketing tidak seperti sales, marketing lebih menekankan membangun kepercayaan. Kepercayaan yang membuat penjualan terjadi. Apakah Anda akan menyerahkan uang ke bisnis yang Anda tidak percaya? Tentu tidak.

Salah satu cara bisnis lokal bisa membangun kepercayaan online adalah dengan memanfaatkan pengaruh blogger lokal. Bila Anda tinggal di area kota, dijamin ada blogger yang menjalankan website yang membahas tentang apa yang terjadi di dalam dan sekitar kota.

Meski mereka mungkin tidak punya banyak audiens, orang yang membaca postingan mereka dan follow mereka di media sosial sangat tertarget. Blogger juga telah memperoleh kepercayaan mereka.

Begini apa yang Anda perlu lakukan. Mulai dengan menghubungi blogger dan tanyakan kesempatan untuk memasang iklan di blog mereka. Yang paling menguntungkan untuk Anda adalah guest post dimana blogger menulis tentang bisnis Anda dan mempromosikannya di saluran media sosial mereka.

Ini bermanfaat dua arah. Pertama, meningkatkan kesadaran tentang bisnis Anda ke audiens yang telah tertarget. Kedua, meningkatkan kehadiran online Anda. Jadi ketika seseorang mencari produk bahan material atau nama bisnis bahan material, kemungkinan mereka akan menemukan artikel blog ini dan mengetahui bisnis Anda dari sumber yang bisa dipercaya.

Meminta ulasan

Photo credit: Google

Untuk bisnis lokal, review jadi tulang punggung kampanye digital marketing. Kenapa? Review lebih dari sekedar pembuktian sosial. Mesin pencari menggunakan ulasan bisnis sebagai indikator kunci untuk dimana menempatkan website Anda pada hasil pencarian. Ini berarti semakin banyak ulasan bagus sama dengan peringkat lebih tinggi pada hasil pencarian, yang menghasilkan lebih banyak traffic tertarget dan leads.

Menerapkannya cukup sederhana. Meminta pelanggan memberi review tentang bisnis Anda jadi cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Tapi Anda perlu atur di situs mana Anda meminta mereka memberi ulasan. Dua situs yang paling dilihat Google adalah Google+ dan Yelp. Semakin banyak ulasan bagus di Google+ untuk bisnis Anda, semakin bagus kesempatan bisnis Anda muncul bersama alamat dan nomor telepon perusahaan Anda.

Tinggalkan komentar