Cara Promosi Cafe di Sosmed

Media sosial bisa meningkatkan kepopuleran cafe Anda. Menambahkan promosi cafe di sosmed bisa meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke kafe dan Anda akan punya lebih banyak pelanggan. strategi digital marketing untuk cafe berbeda dengan jenis usaha lain , segmen pasar yang berbeda membuat kita harus lebih kreatif.

Ada beberapa cara promosi cafe di sosmed. Sebaiknya Anda membuat perencanaan sosial media agar hal ini lebih terintegrasi. Bila Anda sudah memanfaatkan platform media sosial, waktunya untuk melangkah ke tahap interaksi.

Satu hal yang perlu diingat, Anda tidak bisa mengabaikan media sosial. Orang dewasa setidaknya menggunakan dua atau lebih situs media sosial. Dan ini menunjukkan peningkatan signifikan tiap tahun.

Statistik ini menunjukkan kalau media sosial adalah kunci untuk menggapai orang dalam jumlah lebih besar, dan umumnya dengan biaya yang rendah.

Penting untuk memahami platform media sosial yang tepat untuk mempromosikan cafe. Berikut ini platform media sosial dan cara promosi cafe di sosmed.

Buat Fan Page Facebook

Photo credit: Google

Anda sangat membutuhkan halaman Facebook untuk cafe Anda. Penelitian terbaru menunjukkan Facebook terus menjadi platform media sosial yang sangat populer.

Buat halaman bisnis Facebook Anda dengan seksama. Sertakan identitas brand melalui semua media sosial Anda agar mudah dikenali pengguna.

Ketika posting di Facebook, sertakan video atau gambar bersama teks. Gambar dan video akan lebih menarik perhatian. Anda perlu familiar dengan pilihan berbeda untuk postingan. Anda bebas membuat postingan menggunakan tool penjadwalan.

Yang paling penting adalah konsistensi. Dengarkan apa yang pengguna inginkan. Hati-hati jangan promosi berlebihan. Berikan informasi bermanfaat, bagikan tips, dan tawarkan diskon serta promosi khusus.

Tweet, tweet, tweet

Photo credit: Google

Twitter, merupakan platform media sosial paling populer kedua, pada dasarnya merupakan situs micro blogging. Anda dibatasi oleh tweet sepanjang 140 karakter.

Twitter bagus untuk pesan pendek seperti promosi, tambahan atau perubahan menu, fakta menarik serta foto, dan banyak lagi. Sertakan link ke item di menu website Anda.

Bila Anda menciptakan pesan yang follower sukai, mereka bisa re-tweet sehingga Anda bisa memperoleh audiens lebih banyak. Tambahkan hashtag ke postingan, ini bagus untuk platform media sosial lain juga.

Check in di Foursquare

Photo credit: Google

Foursquare merupakan aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk “check-in” ke berbagai tempat menggunakan telepon pintar.

Klaim bisnis listing Anda di Foursquare agar Anda bisa lihat secara real time siapa yang “check in” di cafe Anda. Berikan penawaran spesial untuk orang yang check in. Banyak cafe memberi reward dengan kupon atau promosi lain.

Buat blog tentang cafe Anda

Photo credit: Google

Terdengar sulit bila Anda harus memasuki dunia blogging, tapi ini punya banyak manfaat untuk cafe Anda.

Mesin pencarian menyukai konten website yang segar, dan blog Anda menjadi tempat yang tepat untuk ini. Blog tentang apa saja yang ada hubungannya dengan cafe Anda. Bagikan fakta, resep, foto, dan banyak lagi. Link postingan Anda ke semua media sosial yang Anda gunakan.

Ketika blogging, tentukan niche Anda. Apa yang membuat Anda unik? Poles postingan blog Anda. Bergantung siapa audiens Anda, tulislah konten untuk mereka. Dengarkan pengguna media sosial Anda. Pelajari apa yang mereka mau, dan lalu berikan di blog Anda.

Konsistensi menjadi kunci. Setelah Anda menciptakan rutinitas, pengunjung blog akan datang untuk melihat apa yang Anda posting, jadi jangan kecewakan mereka.

Manfaatkan Yelp

Photo credit: Google

Yelp merupakan situs dimana pengguna bisa memberikan dan membaca review cafe dan restoran. Bila Anda tidak punya halaman Yelp, segera claim dengan mengirim detail bisnis Anda untuk menunjukkan Anda sebagai pemiliknya.

Setelah mengklaim halaman Anda, Anda bisa merespon review dan berpartisipasi di iklannya. Jangan lupa tambahkan foto berkualitas. Pengguna bisa menghubungkan akun Yelp dan Foursquare. Ini memungkinkan mereka check in di Foursquare dan muncul di Yelp.

Penting untuk mengklaim listing Yelp Anda karena ini sangat membantu dalam promosi cafe di sosmed.

Buat video di YouTube

Photo credit: Google

Buat YouTube channel untuk bisnis Anda. Pastikan Anda menggunakan branding yang sama untuk header photo agar sesuai dengan website dan media sosial lainnya.

Video apa yang perlu Anda bagikan? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Resep, buat acara masak Anda sendiri
  • Wawancara dengan tamu atau video testimoni pelanggan
  • Tips meracik kopi

Setelah memposting video di YouTube, akan terlihat di halaman Google+. Anda perlu mempostingnya di semua platform media sosial lain. Interaksi visual ini bisa meningkatkan visibilitas Anda.

Bagikan dan promosikan di Instagram

Photo credit: Google

Instagram jadi tempat yang tepat untuk membagikan menu dan foto cafe Anda. Instagram terintegrasi dengan Facebook, jadi gambar Anda muncul di kedua platform ini.

Foto dengan kualita bagus jadi sebuah keharusan. Anda bisa juga mengajak pelanggan mengupload item favorit mereka. Ini juga sekaligus membangun kedekatan dengan pelanggan.

Selalu gunakan hashtag di Instagram. Gunakan hashtag yang sedang trending. Pastikan Anda menyertakan foto yang bagus.

Adakan kontes foto di Instagram. Ini bisa membangun kesetiaan pelanggan, karena pengguna mengambil gambar dan mengirim foto dan sering kembali ke cafe untuk mengetahui siapa yang menang.

Jasa digital marketing kami hadir sebagai solusi masalah Anda.

Klaim halaman Google+ Anda

Photo credit: Google

Integrasi Google memudahkan pengguna meninggalkan review serta mengupload foto. Bila Anda tidak punya halaman Google+, klaim segera hari ini. Seperti pada Facebook, perhatikan ukuran gambar profil dan pastikan kualitas gambar cukup baik.

Postingan di Google+ sama seperti di Facebook. Jadi Anda bisa dengan mudah menggunakan Google+. Konsisten dan gunakan campuran foto, video, review, dan konten menarik lainnya.

Google alerts

Photo credit: Google

Aktifkan Google alert, dan Anda bisa melacak mention cafe Anda di internet. Anda bisa tahu kapan saja nama Anda disebut. Anda bisa melacak review pelanggan, baik yang positif dan negatif. Penting untuk meresponnya dengan tepat.

Pins di Pinterest

Photo credit: Google

Pintrest jadi platform visual lainnya untuk promosi cafe di sosmed. Buat akun Pinterest untuk bisnis dan pin konten yang relevan dengan cafe Anda, termasuk hashtag yang sesuai agar banyak yang bisa melihatnya. Ini juga membantu mengoptimalkan mesin pencarian dan menemukan konten Anda serta membuat peringkat halaman media sosial dan website Anda jadi lebih tinggi.

Hampir semua industri bisa memperoleh manfaat dari kehadiran media sosial dan online outreach ke pelanggan, pengikut, dan fans. Ide promosi cafe di medsos bisa dilakukan dengan pengeluaran atau tanpa anggaran untuk membantu Anda memasarkan bisnis ke pelanggan.

Tinggalkan komentar