Pentingnya Social Media Dalam Bisnis

Pentingnya social media dalam bisnis semakin meningkat. Karena lebih banyak orang bergabung di situs media sosial dan menggunakannya secara teratur, industri media sosial menjadi semakin besar setiap tahunnya.

Bisnis Anda perlu memanfaatkannya untuk bisa terus bertahan. Dengan pertumbuhan yang mengagumkan, tiap bisnis saat ini perlu memanfaatkan saluran media sosial yang tepat sebaik mungkin. Ini karena target audiens Anda ada di sana.

Dengan memberikan sentuhan social media pada bisnis, Anda tidak hanya menggerakkan bisnis ini tapi juga terhubung dengan pelanggan dengan lebih baik dan melayani mereka di tingkat yang lebih tinggi. Ini akan membuat digital marketing Anda jadi lebih mudah.

 

 

Photo credit: Google

Menurut sebuah infografik yang diterbitkan Ambassador, sebanyak 71 persen pelanggan lebih mungkin merekomendasikan sebuah brand ke orang lain bila mereka memiliki pengalaman positif dengn brand tersebut di social media.

Berikut ini beberapa data statistik yang membuktikan pentingnya social media dalam bisnis. Bisnis Anda perlu manfaatkan situs seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn untuk berkompetisi.

  • Jumlah orang dewasa yang menggunakan media sosial dari 7 persen di 2005 meningkat menjadi 69 persen hanya dalam waktu 10 tahun
  • Penggunaan media sosial pada perangkat mobile meningkat 30 persen setiap tahun
  • 2 juta bisnis menggunakan Facebook advertising untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Sekarang mari kita lihat kenapa social media dalam bisnis jadi hal penting dengan menganalisa keuntungannya:

#1. Meningkatkan brand awareness

Photo credit: Google

Media sosial terbukti sebagai tool yang kuat untuk membangun brand awareness Anda.  Banyak yang sudah mengakui kalau media sosial punya dampak besar terhadap brand awareness.

Meningkatkan brand awareness melalui media sosial ada caranya, antara lain:

Temukan audiens Anda

Sebelum Anda mulai fokus pada platfom sosial tertentu, cari tahu apakah target audiens Anda ada di sana. Anda bisa lakukan ini dengan mencari percakapan yang relevan tentang produk atau industri Anda. Misalnya, perusahaan A menemukan audiens mereka banyak di LinkedIn ketimbang di Facebook. Jangan hanya berasumsi atau mengikuti brand lain.

Gunakan visual yang menarik

 

Photo credit: Google

Setelah Anda tahu dimana audiens target, waktunya untuk menarik perhatian mereka dengan menggunakan konten dengan visual yang menarik perhatian. Gambar dan video punya peran besar untuk membantu Anda membangun brand awareness di saluran media sosial. Karena ini juga meningkatkan share di media sosial.

Ciptakan obrolan

Media sosial adalah tentang membangun percakapan. Bila Anda menggunakan platform media sosial untuk komunikasi satu arah, Anda hanya akan mendapat sedikit perhatian. Yang harus Anda lakukan adalah berbicara dan mendengarkan. Coba terlibat dan tunjukkan kepribadian Anda melalui percakapan, tag, dan me-mention orang lain.

Ukur effort Anda

 

Photo credit: Google

Gunakan tracking tool yang disediakan platform media sosial (seperti Facebook Page Insight) bersama dengan tool eksternal lain seperti Google Analytics dan sebagainya untuk mengukur aktivitas media sosial Anda.

Pahami bagian mana yang berhasil agar Anda bisa mengoptimalkan usaha dan membangun brand lebih kuat bersama media sosial.

Bangun otoritas

Bila Anda ingin tingkat brand awareness yang lebih baik, maka Anda perlu bangun otoritas dengan membagikan nilai sebenarnya. Konten yang Anda terbitkan harus punya sesuatu yang original, karena ini akan menambah kredibilitas Anda.

Ingat, tiap langkah yang Anda ambil untuk meningkatkan brand awareness bersama media sosial akan berdampak pada pertumbuhan bisnis Anda di jangka panjang.

#2. Meningkatkan inbound traffic

Inbound marketing adalah salah satu cara paling efektif untuk memperoleh traffic ke website Anda. Tapi bila Anda mengabaikan pentingnya media sosial dalam bisnis, Anda hanya akan dikelilingi oleh orang yang sudah familiar dengan brand Anda.

Dengan lebih berusaha di promosi media sosial, Anda menciptakan saluran baru untuk menarik inbound traffic dan mendapat lebih banyak inbound link.

#3. Meningkatkan Search Engine Optimization

Photo credit: Google

Ada koneksi antara media sosial dan search engine optimization. Meski Google secara jelas menyatakan, butuh social signal ketika mempertimbangkan peringkat sebuah halaman, tapi ada lebih dari ini.

Berikut bagaimana memahami pentingnya social media dalam bisnis dan memanfaatkannya untuk membantu meningkatkan SEO Anda.

Kami menyediakan jasa digital marketing.

Kesempatan lebih besar ditemukan di pencarian website

Social media share tidak berdampak  pada peringkat website. Tapi faktanya ini yang mendominasi di hasil pencarian untuk nama brand. Ini berarti, profil media sosial benar punya kekuatan untuk memperoleh peringkat 10 atas.

Profil media sosial jadi cara untuk menghubungkan Anda dengan prospek dan pelanggan. Profil media sosial bekerja sebagai jalan untuk menuju website bisnis Anda. Profil media sosial tidak hanya menginformasikan tentang bisnis Anda, tapi juga membantu membuatnya jadi bagian dari percakapan Anda.

Dengan mengoptimasi profil media sosial dan selalu membuatnya segar dengan konten yang tepat, Anda menciptakan kehadiran yang lebih kuat. Anda bisa terekspos lebih banyak. Dan Anda punya banyak saluran untuk menarik orang ke bisnis Anda.

Kemampuan untuk menjangkau lebih banyak orang melalui pencarian media sosial

Photo credit: Google

Orang tidak lagi bergantung pada pencarian Google ketika perlu terhubung ke sesuatu atau seseorang. Kini, pencarian tidak hanya dibatasi oleh web search engine. Itu sebabnya platform media sosial seperti Facebook dan Twitter jadi mesin pencarian baru.

Ada jumlah besar konten yang dibuat dan dibagikan di website sosial. Konten ini bisa mudah ditemukan oleh pengguna dengan bantuan pencarian kata kunci, hashtag, dan sebagainya. Ketika orang mencari jenis konten yang Anda terbitkan di halaman media sosial, Anda memperoleh penggemar yang ingin follow, terhubung, dan melakukan bisnis bersama Anda.

Ini bukan semata tentang kontennya, tapi juga tentang pembuat konten, yaitu Anda. Ketika orang melihat konten bagus dibuat dan dibagikan, mereka penasaran tentang siapa di baliknya.

Ini bisa mendorong mereka untuk melihat Anda di LinkedIn dan tahu lebih banyak tentang bisnis Anda. Karenanya penting bagi Anda mengambil langkah tepat untuk bisa menonjol dari kompetitor dan menghindari akun duplikat.

#4. Meningkatkan conversion rate

Social media bagus untuk mencapai leads untuk bisnis Anda, tapi tidak hanya sampai di sini. Memperoleh leads berkualitas saja belum cukup. Hal penting lainnya adalah mengubahnya menjadi penjualan.

Dapatkah media sosial membantu Anda meningkatkan conversion rate? Jawabannya ya, tapi hanya jika Anda melakukannya dengan cara yang tepat. Salah satu cara Anda bisa manfaatkan media sosial untuk conversion rate lebih baik:

Menggunakannya untuk user-generated content

Photo credit: Google

Menciptakan konten berkualitas untuk media sosial merupakan hal penting. Tapi akan lebih jika Anda bisa meminta penggemar setia membuatnya untuk Anda.

Orang yang follow Anda di media sosial bisa mention Anda di nada positif, yang kemudian bisa Anda manfaatkan untuk ditampilkan di profil media sosial. User-generated content bisa membantu Anda meningkatkan konversi. Anda bisa lakukan ini dengan meminta orang membagikan konten spesifik ke audiens yang lebih luas.

Tinggalkan komentar