Social Media Marketing Indonesia

 Informasi Seputar Pengertian dan Jenis  Social Media Marketing Indonesia Terpopuler

Memasuki Era Digital, maka tak heran bila saat ini hampir semua hal yang dihidupi oleh masyarakat menggunakan internet. Salah satunya adalah bisnis. Dalam sektor ini, ada sebuah istilah yang tidak asing didengar oleh masyarakat Indonesia yakni Social Media Marketing Indonesia.

Sesuai dengan pengertiannya bahwa Era Digital adalah era atau zaman di mana penggunaan internet sebagai sebuah gaya hidup. Salah satu alat atau tempat untuk memaksimalkannya adalah dengan menggunakan media sosial atau social media.  

Berbagai sektor di Indonesia, sudah mulai menggunakan media sosial untuk keperluan sosialisasi, promosi, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan sektor bisnis. Pada sektor ini muncullah sebuah istilah Social Media Marketing.

konsultasi dan ngobrol santai soal Strategi Digital Marketing

Memaksimalkan digital marketing bukan hanya fokus pada eksekekusinya namun lebih membangun strategi jangka panjang

Pengertian Social Media Marketing Indonesia

Di Era Digital, hampir semua hal memanfaatkan internet. Salah satu media yang digunakan adalah media sosial atau social media. Yakni sebuah media dalam jaringan atau daring yang memungkinkan penggunanya bisa berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi.

Hampir semua orang menggunakan media sosial. Baik untuk keperluan pribadi maupun pekerjaan. Berbagai sektor di Indonesia juga memanfaatkan media sosial untuk berbagai keperluan yang ada.

Salah satu sektor yang memanfaatkan media sosial adalah sektor bisnis. Sektor ini menggunakan media sosial sebagai media untuk mempromosikan produk atau pun jasa kepada masyarakat luas. Kegiatan mempromosikan produk atau jasa kepada masyarakatdisebut dengan marketing.

Berkembangnya media sosial sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis ke depan. Kekuatan media sosial mampu menjangkau masyarakat luas sampai ke pelosok desa dengan kemampuan internet yang ada. Oleh sebab itu, memanfaatkan media sosial dalam berbisnis merupakan sebuah ide yang sangat luar biasa. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Social Media Marketing Indonesiaadalah kegiatan mempromosikan produk atau jasa (layanan) menggunakan media sosial yang populer di Indonesia.

Jenis Social Media Marketing Indonesia Terbaik dan Terpopuler

Media sosial menjadi sebuah alat yang paling efektif dalam memasarkan produk atau jasa. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah karena media yang satu ini menggunakan internet dalam mengoptimalkan setiap fitur yang ada di dalamnya. Dengan internet ini, media sosial mampu menjangkau banyak orang. 

Kendati demikian, sebaiknya pelaku bisnis harus memilih media sosial yang tepat untuk memasarkan produk atau jasanya. Berdasarkan Laporan Digital pada Tahun 2016 yang dibuat oleh We are Social, urutan media sosial paling aktif di Indonesia adalah; Facebook, Google+, Twitter, Instagram, dan Pinterest.

Berikut ini sedikitnya tiga media sosial yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis dalam memasarkan produk atau jasa, yakni Facebook, Instagram, Youtube, dan Website. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pemaparannya.

1. FACEBOOK

Platform media sosial yang satu ini menjadi salah satu platform yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Di antara keunggulannya adalah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna dan memiliki fitur yang lengkap, seperti bisa mengupload konten berupa teks, gambar, video dan link.

Facebook menjadi salah satu media sosial yang cocok untuk dijadikan sebagai media marketing. Bisa dibayangkan dalam 20 menit saja, pengguna media sosial Facebbok mampu membagikan 1 juta link.

Selain menjadi media marketing, Facebook juga sebagai sarana bagi Anda untuk berkomunikasi dengan customer. Apalagi jika Anda memiliki Facebook Page, di sana Anda bisa beriklan untuk mempromosikan konten yang Anda buat kepada pembaca yang tepat.

2. INSTAGRAM

Platform yang satu ini cocok untuk bisnis Anda yang memerlukan ruang yang lebih banyak untuk menampilkan konten gambar dan video. Saat ini Instagram lebih banyk digunakan oleh bisnis online shop. 

Namun jika jenis bisnis Anda tidak bisa dipromosikan melalui gambar atau video, sebaiknya Anda tetap memiliki akun bisnis di Instagram. Guna mempromosikan produk atau jasa dalam bentuk teks (caption.)

3. Youtube

Platform yang satu ini hampir sama dengan Instagram, karena memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk atau jasa dalam bentuk video. Hanya saja, di Youtube, Anda bisa mengupload video lebih dari 60 detik.

Youtube adalah sebuah website broadcast yang diminati oleh banyak orang. Kapasitasnya yang besar dalam mengupload sebuah video, membuat Anda bisa dengan bebas mempromosikan berbagai produk atau jasa yang bisnis Anda miliki.

4. Website

Jika pada platform media sosial sebelumnya lebih menekankan pada visual, untuk media yang satu ini lebih menekankan pada tulisan. Untuk memasarkan produk atau jasa di website, Anda memerlukan kemampuan teknis menulis SEO (Search Engine Optimization) yakni teknik menulis dengan pengoptimalan mesin telusur. 

 

Demikianlah informasi seputar Social Media Marketing Indonesia. Saat ini ada banyak sekali jasa sosial media marketing yang dapat membantu untuk mempromosikan produk bisnis Anda. Namun, Anda harus selektif dalam memilihnya. Pilih yang sudah berpengalaman dan memiliki track record yang bagus. Salah satunya adalah kletikan.com.

Kletikan.com adalah Partner Digital Marketing yang akan membantu dalam mengoptimalkan digital marketing usaha Anda.  Memiliki pengalaman Digital Marketing lebih dari 5 tahun dan sudah banyak UMKM yang didampingi untuk optimalisasi Digital Marketing. Nah, bagi Anda yang ingin tahu info lebih lanjut segera kunjungi official website kletikan.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *