Sosial Media Marketing

camera-690163_1920
Social Media Marketing, Cara Jitu untuk Mencapai Tujuan Bisnis dengan Menaikkan Brand recognition, Brand Equity dan Brand awareness secara efective – tertarget serta menggunakan strategi Brand recall , yaitu mengingatkan kembali brand kita di benak customer tanpa bantuan gambar atau logo. Customer langsung terbayang brand kita karena ingat akan peristiwa sesuatu. 
 
Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tahu dan kenal dengan social media. Sebuah platform atau aplikasi di dunia digital yang dapat menghubungkan Anda dengan banyak orang.  Baik orang-orang yang sebelumnya sudah dikenal dan belum. Bagaimana dengan social media marketing? Sesuai dengan namanya, di belakang social media tertulis “marketing” yang secara sederhana diartikan sebagai pemasaran. Jadi, social media marketing adalah cara memasarkan produk, baik berupa barang, jasa, serta Branding. Sebuah cara yang baru berkembang 10 tahun terakhir dan terus menjadi tren di banyak belahan dunia. 

konsultasi dan ngobrol santai soal Strategi Digital Marketing

Memaksimalkan digital marketing bukan hanya fokus pada eksekekusinya namun lebih membangun strategi jangka panjang
klik disini untuk terhubung ke wa

Social Media Marketing di Indonesia

Sudah banyak media yang membahas bahwa masyarakat Indonesia termasuk pengguna internet terbesar di dunia. Bahkan, angkanya berkisar di angka 50% dari total jumlah penduduk. Dari sekian jumlah penduduk tersebut, 75% di antaranya pengguna social media secara aktif. Pengguna yang minimal sebulan sekali akan membuka akun yang dimilikinya. Media yang paling banyak digunakan, yaitu Line, facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter, dan Youtube.

Dengan banyaknya pengguna tesebut tidak salah jika orang berbondong-bondong menggunakan social media sebagai sarana marketing atau iklan produk yang dimiliki. Berhasil? Ternyata tidak semuanya berhasil. Bukan karena social media tidak berpengaruh, tetapi karena cara yang dilakukan salah. Anda juga tidak perlu melakukan pemasaran di semua sosial media yang ada. Namun, harus fokus dulu pada salah satu untuk permulaan. Melakukan pemasaran di banyak platform justru akan membuat tidak efektif dan hasilnya tidak optimal.

Social Media karakter nya adalah menawarkan pada orang yang tepat , berbeda dengan Google, customer mencari informasi, customer yang membutuhkan dan Brand kita yang harus muncul di beranda Google, karena sifat nya sosmed adalah menawarkan maka kita harus paham dengan siapa kita menawarkan, Bagaimana cara menawarkan, dengan bahasa yang bagaimana ketika menawarkan. Setiap Postingan seharusnya ada 3 hal, Selling, Branding dan Membangun database. Bagaimana cara meningkatkan penjualan ,salah satunya adalah jangan mengandalkan penjualan pada distributor karena ,distributor kadang tidak mengerti marketing. Namun jika marketing di lakukan oleh pusat, maka distributor lebih enak,tinggal nangkepi hasilnya. namun kelebihannya data base end user dimiliki oleh pusat. dengan Paham Digital Marketing data end user bisa kita ketahui tanpa distributor sadar.

Pasti Owner sadar betul ketika data end user kita ketahui, kita bisa melakukan strategi brand awarness sampai brand recall secara digital. Pusat Bisa membangun asumsi di benak customer. Jika itu terwujud maka pusat tidak tergantung pada distributor. scale up jauh lebih mudah….. seperti kata guru dan isnpirasi kami Coach Fahmi, sesuatu yang bisa di ukur pasti bisa diatur.

ada rasa Berbeda ketika melihat senyum dan canda mereka 

– kangen –

Fungsi Social Media Marketing

Anda terbiasa menggunakan social media sebagai sarana terhubung dengan dunia luar? Anda juga mempunyai bisnis atau usaha pribadi? Sudah saatnya, Anda menggunakan social media sebagai sarana marketing.

Bersama Kletikan, social media marketing Anda akan mempunyai banyak manfaat, antara lain:

Mencari Target Konsumen Lebih Efektif

Dengan mengetahui minat konsumen , selanjutnya Anda dapat mencari target konsumen yang lebih efektif. Misalkan Anda berjualan fashion wanita dewasa, berarti target pasar adalah wanita dengan usia di atas 17 tahun. Pertemanan di facebook atau Instagram dan dapat difokuskan pada target rentang usia dan jenis kelamin yang dituju.

Mencari Informasi tentang Konsumen

Dengan sosial media yang dimiliki Anda dengan mudah mencari informasi tentang konsumen. Misalnya, dengan survey tentang apa yang Mereka butuhkan dengan fashion saat ini. Seberapa banyak orang akan melike dan memberi komentar kepada sebuah postingan juga dapat dijadikan pedoman minat.

Memperluas Target Pasar

Berapa pasar yang dapat Anda jangkau berjualan secara offline? Biasanya berada di kisaran orang- orang yang berada di sekitar toko. Kecuali jika toko berada di pasar-pasar besar seperti Pasar Tanah Abang. Anda juga dapat memperluas pemasaran dengan menyebarkan brosur. Brosur harus dibagikan secara manual dan hanya menjangkau seluas Anda dapat menyebarkannya. Berbeda halnya dengan marketing melalui social media. Anda dapat menjangkau target pasar secara nasional atau seluruh Indonesia, bahkan internasional. Apalagi jika pemasaran dilakukan secara tepat.

Mudah dalam Memberi dan Menerima Feedback

Di social media, semua dapat berhubungan secara langsung. Siapa saja dapat langsung memberikan testimoni ketika Anda memposting produk di wall. Ini artinya Anda dapat dengan mudah menerima feedback. Selain itu, Anda juga dapat memberi feedback sehingga menyenangkan konsumen. Misalnya, dengan mengucapkan terima kasih atas testimoni positifnya. Pelanggan akan senang berbelanja lagi di toko Anda dan mengajak orang lain.

Membantu Meningkatkan Pengunjung Website

Selain di social media, internet marketing dapat dioptimalkan dengan memiliki website. Keduanya saling mendukung. Anda bisa saja membuat postingan di social media yang mengajak orang lain untuk berkunjung ke wesbite. Dengan cara ini, pengunjung dan traffic website akan meningkat.

Lebih Cepat dalam Membagikan Informasi

Anda pasti tahu bahwa social media di Indonesia merupakan penyambung informasi yang paling tepat. Hanya dalam beberapa detik saja sesuatu yang biasa dapat menjadi viral. Bahkan, Netizen panggilan untuk penggunanya sering tidak menghiraukan kebenaran informasi. Kecepatan dalam menyebarkan informasi ini yang dapat Anda manfaatkan dengan baik. Anda dapat membuat konten yang menarik sehingga pesan tersampaikan dengan baik.

Meningkatkan Brand Awareness

Dengan konten menarik waktu yang tepat, dan kuantitas yang tepat pula media sosial dapat meningkatkkan brand awarness. Apa yang sering diposting itulah yang diingat orang lain tentang Anda. Media ini sangat cocok untuk meningkatkan brand awareness.

Kelebihan dan Kekurangan Social Media Marketing

Di dunia ini tidak ada yang sempurna karena semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan mengenal kelebihan, Anda akan lebih dapat mengoptimalkannya. Sementara itu,dengan mengenal kekurangan, Anda akan meminimalisir dan dapat terus memperbaiki diri.  

Social media marketing, seberapapun besar manfaatnya juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yang diuraikan di bawah ini.

Anda pasti sudah tahu bahwa berjualan secara onlie sangat menghemat pengeluaran modal. Apalagi yang baru memulai usaha. Marketing secara online tidak memerlukan banyak biaya. Membuat akun media sosial saja gratis. Anda hanya perlu biaya ketika menyewa jasa social media marketing dan ingin membuat fitur Ads d platform yang ada. Biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau. Apalagi jika dibandingkan dengan hasil yang siginifikan

Kelebihan ini sudah diuraikan di atas. Melalui social media, sama dengan internet marketing, jangkauan pasar Anda tidak terbatas. Tergantung pada cara Anda mengelola.

Marketing melalui internet, apalagi social media membuat pengaturan waktu lebih fkeksibel. Hal ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga atau pengusaha yang masih berprofesi sebagai karyawan.  Begitu pula bagi Anda yang sedang memulai usaha sendiri di mana belum mempunyai banyak orang di jajaran tim

Website memudahkan Anda mempromosikan produk, organisasi, dan lainnya. Namun, sebagai saluran komunikasi, media sosial jauh lebih memudahkan. Apa saja yang Anda posting dalam hitungan beberapa detik bisa langsung dilihat dan menjangkau konsumen. Ini dikarena penggunanya memang lebih banyak daripada pengunjung website.

Cara Kerja Social Media Marketing

Social media  efektif untuk digunakan sebagai sarana promosi dan penjualan, Anda tidak hanya membuat akun dan memposting status. Ada beberapa hal yang harus dilakukan. Kletikan merangkumkan cara kerja social media marketing untuk anda sebagai berikut.

Dengan social media Anda dapat terhubung dengan banyak orang. Ini yang pertama kali dilakukan ketika membuat akun. Yang terpenting terhubung dengan sebanyak mungkin orang-orang di sekitar Anda. Mungkin awalnya adalah orang-orang yang dikenal, kemudian orang dengan minat dan hobi sama, barulah orang-orang yang awalnya tidak terhubung sama sekali. Kekuatan media sosial sangat besar.

Orang-orang yang berhubungan adalah target market Anda. Ini merupakan cara kerja selanjutnya dari social media marketing. Ketika banyak orang sudah terhubung, Anda bisa membuat target pasar, survey, dan tes. Hubungan dengan banyak orang baru dibatasi dengan target tarketing.

Anda dapat juga menyeleksi hubungan yang pasif dan menggantinya dengan orang lain. Social media yang berfungsi sebagai marketing menjadi lebih efektif.

Di tingkat selanjutnya media sosial sudah dapat dijadikan media pemasaran produk dan branding awarness. Keduanya tergantu pada konten yang Anda posting pada waktu-waktu tertentu. Setiap media sosial biasanya mempunyai waktu yang efektif di mana banyak orang akan melihatnya. Anda dapat mempelajari secara manual atau bertanya pada tim jasa marketing Kletikan.

Anda juga dapat memanfaatkan social media untuk meningkatkan traffic website. Postingan dapat dibuat dengan menuliskan link webiste yang berhubungan. Untuk facebook Ads, misalnya. Di platform ini sudah ada link yang langsung bisan dilihat konsumen dengan emnekan tombol “klik di sini”.

Tips Marketing Online

Di bawah ini ada beberapa tips digital marketing yang dapat Anda ikuti.

Ini yang harus pertama kali Anda lakukan. Apa produk yang yang miliki? Siapa yang menggunakannya? Ini menentukan target pasar. Oleh karena itu, untuk marketing Anda perlu fokus pada satu produk terlebih dahulu sebagai awal. Penjualan yang dikenal dengan sebutan palugada akan membuat target pasar tidak fokus.

Setelah menetapkan target pasar, Anda dapat menetapkan tujuan pemasaran. Apa yang Anda ingin bangun terlebih dahulu? Branding awarness atau memperkenalkan produk. Meski keduanya akan meningkatkan omzet penjualan, langkah-langkahnya sedikit berbeda.

Seharusnya, saat menjalankan bisnis Anda sudah membuat anggaran untuk semua keperluan. Di sana akan terlihat biaya yang dapat digunakan untuk menjalankan marketing. Jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan anggaran besar jika belum ada. Namun, jangan pula terlalu berhemat. Kletikan sebagai jasa marketing dapat menyesuaikan layanan yang diperlukan dengan anggaran yang dimiliki dengan hasil optimal.

Untuk sosial media, konten marketing seperti tulisan, foto, dan video menjadi kekuatan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda sesekali membuat konten marketing. Konten marketing berupa video akan lebih menarik daripada tulisan yang panjang. Cara membuatnya dapat Anda pelajari dari Kletikan.

Search Engine Optimation atau SEO menjadi langkah marketing selanjutnya yang harus Anda pelajari dan lakukan. Secara sederhana dapat disebutkan bahwa dengan SEO; website atau konten pada sosial media Anda berada dalam urutan atau halaman pertama ketika seseorang mencari informasi.

Komunitas biasanya terdiri dari orang-orang yang mempunyai hobi dan minat sama. Ini merupakan target pasar yang sudah terukur jika Anda memasarkan produk sesuai passion.

Selanjutnya, Anda dapat juga sesekali membuat event online. Event bisa berupa promo sehari, dan give away.

Terakhir, Anda dapat juga memanfaatkan review site yang ada pada webite untuk mengelola dan mengetahui kunjungan. Ini berguna untuk mengevaluasi target pemasaran yang sudah ditetapkan.

8 Langkah diatas adalah Proses salah satu strategi Edukasi Pasar , jika langkah di atas sudah di lakukan maka langkah anda berikut nya adalah Strategi Akuisisi Pasar dengan Digital marketing, itulah kenapa Owner atau Tim Inti Perusahaan Harus Paham Logika Digital Marketing.

Pelatihan Digital Marketing paling redomended klik disini

Panduan Lengkap Social Media Marketing 2020

Secara umum, semua hal seputar tentang social media marketing sudah diungkapkan di atas. Namun, agar lebih jelas lagi, hendaknya anda membaca panduan social media marketing menurut Kletikan di bawah ini.

Riset Audiens Social Media

Setiap platform media sosial mempunyai kelebihan dan kekurangan. Anda dapat melakukan survey atau riset terlebih dahulu. Caranya? Ini beberapa langkah yang dapat diikuti:

·         Membuat daftar media sosial arau social media yang biasa Anda gunakan

  • Membuat rangking sosial media. Ini tidak selalu berdasarkan tren orang lain. Anda dapat

    juga melihat rangking berdasarkan yang dimiliki. Platform apa dari akun Anda yang mempunyai paling banyak audiens.

  • Prioritaskan platform yang dipakai berdasarkan data di atas. Fokus pada satu media sosial terlebih dahulu agar memudahkan.
  • Tes ombak atau respons dapat dilakukan pada platform yang dipilih. Apalagi jika ternyata platform sosial media yang Anda miliki mempunyai audiens seimbang.

Membuat Tujuan yang Jelas

Tujuan yang jelas harus ditetapkan agar konten tidak melenceng atau tidak sesuai. tentukan Model Bisnis yang akan anda jalankan. Setiap Model Bisnis  langkah nya berbeda. 

Membuat Metrik yang jelas

Metriks ini dapat dibuat sesuai target sehingga Anda akan mudah mengevaluasi hasilnya. Setiap Media Online harus terekam data base nya. karena setiap data mempengaruhi evaluasi dan langkah akuisisi berikutnya. 

ada tools yang bisa anda gunakan untuk membaca target market secara spesifik dan sangat sangat tertarget. dan tools ini harus dan hanya diketahui oleh owner. Disinilah bahan evaluasi dan Strategi

Riset kompetitor

Ini dilakukan agar Anda dapat dengan mudah membuat produk menjadi lebih unik. Tentukan faktor Pembeda , faktor Penguat dan alasan utama kenapa produk kita lebih baik. 

Buat konten yang sesuai dengan target market

Buat lah konten dengan bahasa, dan tehnik yang di sesuaikan dengan bahasa customer, pahami lah customer insight. Sampaikan apa yang di butuhkan oleh pasar, jangan fokus pada yang anda ingin sampaikan

Efective kan dengan Google ads

Gunakan Tes market dengan Google ads , owner tidak harus paham tehnisnya namun harus paham cara menentukan target marketnya. Dengan Google ads langkah anda jauh lebih efective dalam menentukan target market dan strategi yang di gunakan.

Digital Marketing Bukan Hanya soal tehniknya, bukan hanya tentang Membuat web atau akun sosial medianya, namun Digital Marketing Lebih pada bagaimana membangun Sebuah Strategi. 

Strategi edukasi pasar, strategi Akuisisi Pasar, Strategi Evaluasi Kinerja tim, Strategi Membaca dan Evaluasi data market, Strategi Membangun aset digital, dan strategi membangun bisnis berdasarkan VALUASI JANGKA PANJANG.  

JIKA HARI INI ANDA HANYA FOKUS PADA MEDIA YANG DIGUNAKAN DAN CARA EKSEKUSINYA MAKA ANDA MEMBUANG HARTA KARUN DALAM DIGITAL MARKETING

Referensi Tulisan mengutip CCG  GBC.
Coach Imam Elfahmi
coach Laksita Utama Suhud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *