Strategi Online Marketing Untuk Perusahaan Waralaba Yang Memasarkan Kemitraan

Marketing untuk perusahaan waralaba mencakup platform seperti iklan cetak, iklan TV, radio, email langsung, dan PR. Di era digital saat ini, strategi marketing menyebar ke dunia online, dimana strateginya mencakup marketing SEO, PPC, media sosial, video, dan pencarian lokal.

Bila Anda ingin meningkatkan kunjungan, leads, dan penjualan, Anda perlu investasikan budget untuk strategi online marketing untuk perusahaan waralaba.

Saluran online marketing untuk perusahaan waralaba

Photo credit: Google

Tak peduli Anda sebagai franchisee atau franchisor, Anda perlu pahami platform online marketing. Berikut ini beberapa saluran online marketing yang tersedia:

  • Pemasaran mesin pencari: konten dan website
  • Media sosial, termasuk video
  • Iklan pay per click, baik display dan pencarian
  • Marketing email
  • Analytic.

Hanya Anda yang bisa mengetahui dimana perusahaan waralaba Anda paling membutuhkan bantuan dan saluran mana yang paling tepat untuk Anda. Misalnya, franchise yoghurt beku bisa mendapat manfaat dari media sosial dibanding franchise cloud computing.

Berikut ini bahasan lebih rinci tentang beberapa saluran online marketing untuk memasarkan perusahaan waralaba Anda:

Marketing search engine (SEM atau SEO)

Photo credit: Google

Search engine optimization penting untuk franchise, baik untuk franchisee maupun franchisor. Ketika seseorang mencari layanan Anda di Google, atau di mesin pencari lain, mereka siap melihat konten Anda. Tujuan dari SEO adalah membuat Anda berada di peringkat paling atas pada halaman hasil pencarian.

Ini bukan tentang masuk peringkat 10 atau 15, tapi berada di 3 teratas karena 55 persen pencari meng-klik website di 3 peringkat atas.

Ada 4 hal yang dibutuhkan untuk punya peringkat bagus secara organik untuk semua lokasi waralaba Anda:

  • Anda membutuhkan konten yang unik, relevan, dan luar biasa. Konten Anda harus memberi nilai untuk pengunjung dan menjawab pertanyaan mereka yang mereka tulis di mesin pencari.
  • Anda membutuhkan website yang cepat, aman, dan mobile-friendly, dan dikode dan distruktur di cara yang mempermudah mesin pencari menemukan, membaca dan mengindeksnya.
  • Website Anda harus mewakili perusahaan Anda sebagai otoritas, pemimpin di industri Anda. Meski perusahaan waralaba biasanya tidak punya masalah mendapat link dari media website, vendor, supplier, partner, dan sebagainya, mereka sering terkendala dengan struktur dan konten web.
  • Anda perlu relevan dengan pencari lokal, dengan konten yang mendukung pencarian geo target.

Untuk para franchisor, bila lokasi waralaba individu punya website dan domain sendiri, apakah mereka punya konten yang cukup untuk masuk peringkat organik? Apakah mereka punya support yang dibutuhkan untuk membangun konten website yang teroptimasi dengan baik untuk mesin pencari?

Di satu kasus, perusahan waralaba bisa membangun website dengan konten teroptimasi untuk banyak lokasi, sehingga tiap cabang punya kesempatan untuk mendominasi pencarian organik untuk marketing mereka sendiri.

Bagi para franchisee, salah satu hambatan terbesar untuk franchisee adalah mereka hanya mengandalkan situs  corporate atau material marketing untuk masuk peringkat online. Solusinya? Bangun situs mikro yang teroptimasi dengan baik. Bila perusahaan punya masalah dengan membangun situs mikro, Anda bisa aktif di saluran lain yang Anda punya, seperti media sosial.

Struktur website

Photo credit: Google