Strategi Online Marketing Untuk Perusahaan Waralaba Yang Memasarkan Kemitraan

Marketing untuk perusahaan waralaba mencakup platform seperti iklan cetak, iklan TV, radio, email langsung, dan PR. Di era digital saat ini, strategi marketing menyebar ke dunia online, dimana strateginya mencakup marketing SEO, PPC, media sosial, video, dan pencarian lokal.

Bila Anda ingin meningkatkan kunjungan, leads, dan penjualan, Anda perlu investasikan budget untuk strategi online marketing untuk perusahaan waralaba.

Saluran online marketing untuk perusahaan waralaba

Photo credit: Google

Tak peduli Anda sebagai franchisee atau franchisor, Anda perlu pahami platform online marketing. Berikut ini beberapa saluran online marketing yang tersedia:

  • Pemasaran mesin pencari: konten dan website
  • Media sosial, termasuk video
  • Iklan pay per click, baik display dan pencarian
  • Marketing email
  • Analytic.

Hanya Anda yang bisa mengetahui dimana perusahaan waralaba Anda paling membutuhkan bantuan dan saluran mana yang paling tepat untuk Anda. Misalnya, franchise yoghurt beku bisa mendapat manfaat dari media sosial dibanding franchise cloud computing.

Berikut ini bahasan lebih rinci tentang beberapa saluran online marketing untuk memasarkan perusahaan waralaba Anda:

Marketing search engine (SEM atau SEO)

Photo credit: Google

Search engine optimization penting untuk franchise, baik untuk franchisee maupun franchisor. Ketika seseorang mencari layanan Anda di Google, atau di mesin pencari lain, mereka siap melihat konten Anda. Tujuan dari SEO adalah membuat Anda berada di peringkat paling atas pada halaman hasil pencarian.

Ini bukan tentang masuk peringkat 10 atau 15, tapi berada di 3 teratas karena 55 persen pencari meng-klik website di 3 peringkat atas.

Ada 4 hal yang dibutuhkan untuk punya peringkat bagus secara organik untuk semua lokasi waralaba Anda:

  • Anda membutuhkan konten yang unik, relevan, dan luar biasa. Konten Anda harus memberi nilai untuk pengunjung dan menjawab pertanyaan mereka yang mereka tulis di mesin pencari.
  • Anda membutuhkan website yang cepat, aman, dan mobile-friendly, dan dikode dan distruktur di cara yang mempermudah mesin pencari menemukan, membaca dan mengindeksnya.
  • Website Anda harus mewakili perusahaan Anda sebagai otoritas, pemimpin di industri Anda. Meski perusahaan waralaba biasanya tidak punya masalah mendapat link dari media website, vendor, supplier, partner, dan sebagainya, mereka sering terkendala dengan struktur dan konten web.
  • Anda perlu relevan dengan pencari lokal, dengan konten yang mendukung pencarian geo target.

Untuk para franchisor, bila lokasi waralaba individu punya website dan domain sendiri, apakah mereka punya konten yang cukup untuk masuk peringkat organik? Apakah mereka punya support yang dibutuhkan untuk membangun konten website yang teroptimasi dengan baik untuk mesin pencari?

Di satu kasus, perusahan waralaba bisa membangun website dengan konten teroptimasi untuk banyak lokasi, sehingga tiap cabang punya kesempatan untuk mendominasi pencarian organik untuk marketing mereka sendiri.

Bagi para franchisee, salah satu hambatan terbesar untuk franchisee adalah mereka hanya mengandalkan situs  corporate atau material marketing untuk masuk peringkat online. Solusinya? Bangun situs mikro yang teroptimasi dengan baik. Bila perusahaan punya masalah dengan membangun situs mikro, Anda bisa aktif di saluran lain yang Anda punya, seperti media sosial.

Struktur website

Photo credit: Google

Website Anda harus cepat, aman, dan mobile friendly. Selain 3 hal itu, masalah paling besar yang Anda hadapi di koding dan struktur website adalah konsistensi, infrastruktur, dan skalabilitas.

Menciptakan strategi SEO yang menyatu bisa sangat melelahkan. Di waktu yang sama, ini yang sangat dibutuhkan untuk menciptakan aspek paling penting dari SEO, yakni relevan dan menawarkan konten website berharga untuk berkompetisi di tiap lokasi pencarian.

Pastikan Anda punya komunikasi konstan dan konsisten dengan pihak lain dan cek secara teratur untuk memastikan semua sejalan dan seiring.

Bila Anda memilih perusahaan marketing waralaba, pastikan memilih yang punya pengalaman dalam menciptakan dan mengatur banyak situs brand dan memahami seluk-beluk relasi franchisee-franchisor.

Marketing dengan pay per click

Photo credit: Google

Juga dikenal dengan marketing PPC, ini adalah marketing mesin pencari yang menempatkan iklan Anda di atas atau bawah halaman hasil pencarian. Bisnis advertising membayar untuk tiap klik. Banyak menganggap ini bagian dari SEO. Meski ini bisa membuat banyak orang ke halaman web,  tapi tidak menjamin Anda punya lebih banyak pembeli. Masalahnya biasanya dengan landing page dari pemilik bisnis lokal.

Dan sering kali, waralaba tidak menyediakan landing page yang teroptimasi untuk mendapat lead dan mengubahnya menjadi penjualan. Ini dianggap berkaitan dengan SEO lokal untuk kepentingan pemilik perusahaan waralaba.

Media sosial

Photo credit: Google

Marketing media sosial adalah pilihan nomor 1 para pemilik waralaba. Meski benar kalau 74 persen atau lebih pembeli menggunakan media sosial dan melihat di sana ketika melakukan keputusan membeli, faktanya adalah ini makan waktu bagi pemilik waralaba individual.

Beberapa pemilik bisnis melihat peningkatan besar dalam penjualan dari hanya fokus pada media sosial. Tapi ini perlu digunakan bersama dengan taktik lain untuk benar-benar mencapai dominasi digital, yang bisa mengubah ke kunjungan orang ke toko, restoran, hotel, kantor atau melakukan donasi.

Desain website

Photo credit: Google

Memiliki website yang didesain dengan baik memang tidak membuat Anda mendominasi market online. Tapi Anda sebagai pemilik waralaba perlu melakukan ini.

Aspek teknis dari desain web penting untuk hasil di SEO. Tapi, hal teknis ini tidak ada artinya bila konten website tidak memberi apa yang konsumen cari  yang menyebabkan mereka datang ke sana. Anda bisa dengan cepat menyadari kenapa desain web bukan taktik atau strategi, dan desain web saja tidak membuat Anda mendapat pelanggan.

Marketing email

Photo credit: Google

Marketing email jadi salah satu cara terbaik agar pemilik waralaba bisa tetap terhubung dengan konsumen di market mereka, dan menghasilkan penjualan kembali.

Ini tidak berhasil bila Anda tidak punya konten yang bagus. Ketika Anda memaksa pembaca melihat konten yang tidak mengubah ke penjualan, marketing email hanya akan buang waktu.

Strategi ini membutuhkan media sosial yang baik, konten bermanfaat yang mendorong tindakan pelanggan, dan pesan penjualan yang bagus.

Manajemen reputasi online

Photo credit: Google

 

Manajemen reputasi online cukup makan waktu dan uang bila dilakukan sebagai satu-satunya taktik. Kenapa? Karena utamanya, ini tidak memasarkan apapun. Yang kedua, Anda jarang bisa mengubah apa saja yang diposting online tentang Anda. Hasilnya adalah, Anda hanya harus waspada dengan apa yang ada di sana. Manajemen reputasi online menjaga status quo, dan tidak mengubah apapun. Marketing reputasi adalah yang harus Anda lakukan karena ini membuat pelanggan membeli dari Anda, dan membuat mereka  menjual untuk Anda.

Tinggalkan komentar