Inilah Strategi Personal Branding yang Bisa Dilakukan

Pembicara Seminar Kewirausahaan

Strategi Personal Branding – Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa saatnya personal branding memiliki manfaat yang banyak di dalam dunia bisnis. Misalnya seperti youtuber, toko online, freelancer, advertiser dan lain sebagainya.

Dalam hal ini harus mengetahui strategi personal branding agar tepat sasaran. Salah satu dari beberapa manfaat yang didapatkan dengan adanya personal branding yaitu calon pelanggan akan menaruh rasa percaya dan bagi pelanggan akan lebih loyal kepada Anda. Oleh sebab itu, inilah strategi personal branding yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Jasa Digital Marketing

Membeli Domain Sesuai Nama Anda

Strategi personal branding yang bisa Anda lakukan pertama di era digital ini yaitu dengan membeli domain sesuai nama Anda sendiri. Kami merekomendasikan kepada Anda untuk membeli domain dengan menggunakan ekstensi .com seperti nama-nama personal branding terkenal di Indonesia. Bahkan bukan hanya praktisi di Indonesia saja yang punya personal branding cukup bagus bahkan praktisi dunia yang menerapkan strategi ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dewa Eka Prayoga yang menggunakan domain dewaekalrayoga.com
  • Rianto astono dengan menggunakan domain riantoastono.com
  • Denny Santoso dengan menggunakan domain dennysantoso.com
  • Amy Porterfield dengan menggunakan domain amyporterfield.com
  • Neil Patel dengan menggunakan domain neilpatel.com
  • Merry Riana dengan menggunakan domain merryriana.com

Sebab itu Anda harus segera mengecek domain yang menggunakan nama lengkap Anda. Apabila domain tersebut masih tersedia, maka cepat-cepat order agar domain tersebut tidak dibeli oleh orang lain. Akan tetapi, apabila ternyata domain dengan nama Anda sendiri sudah ada yang punya, maka Anda tak perlu cemas dan khawatir lagi.

Dalam hal ini Anda masih tetap bisa membeli domain dengan menggunakan nama Anda dan diberi beberapa tambahan. Misalnya dengan memberi tambahan embel-embel kata blog, web atau notes dan kata lainnya. Kemudian tambahkan kata tersebut bisa menjadi slogan ataupun personal brand Anda nantinya. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • gatesnotes.com
  • agankhalid.com
  • dan lain sebagainya

Hire Fotografer dan Memajang Foto Profile yang Profesional

Dalam dunia digital, maka foto profil merupakan identitas yang dilihat oleh orang lain untuk pertama kalinya. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menggunakan foto profil yang bisa meyakinkan yaitu yang terlihat profesional. Profesional yang dimaksud ini tidak harus foto dengan mengenakan jas dan dasi, akan tetapi hal tersebut dilakukan juga jauh lebih baik.

Amankan Username Anda

Strategi yang selanjutnya yaitu Anda harus bisa mengamankan username Anda  yaitu untuk seluruh platform di sosial media serta platform digital lainnya yang Andamiliki. Untuk bisa melakukan pengecekan, maka Anda bisa memakai layanan di bawah ini:

  • http://checkusernames.com
  • https://namechk.com/
  • https://www.namecheckr.com/
  • dan lain sebagainya

Nah, dengan menggunakan situs-situs di atas Anda dapat melakukan pengecekan 1 username untuk seluruh platform sosial media Anda. Apabila masih tersedia, maka segeralah untuk mengklaim username tersebut.

strategi personal branding

Baca juga: Konsultan Digital Marketing

Tulis 5 Kata Terbaik Sebagai Deskripsi Nilai yang Anda Tawarkan

Strategi yang berikut ini tentunya yang mengetahui hanya diri Anda sendiri. Akan tetapi sebagai gambaran, maka Anda bisa memakai kata-kata seperti profesional, cerdas, berpengalaman dan yang lainnya. Sedangkan tujuan dari menuliskan lima kata terbaik tersebut yaitu untuk memperkuat personal branding milik Anda dan kemudian bisa menjadi slogan bagi Anda.

Terindex di Google

Strategi personal branding yang bisa Anda lakukan yang selanjutnya yaitu salah kan bahwa nama Anda sudah terindex di Google. Jadi saat ada orang lain yang mengetikkan nama Anda, setidaknya di website dan beberapa akun sosial media seperti Google+, Facebook, Instagram, YouTube, LinkedIn dan lain sebagainya akan muncul nama ada di halaman pertama Google. Apabila saat ini untuk mengetikkan nama Anda masih belum muncul di Google, maka Anda harus segera melakukan optimasi untuk website dan juga akun sosial media yang Anda miliki.

Buatlah Alamat Email Profesional

Membangun personal branding saat ini yang mana sudah di era digital, maka butuh yang namanya alamat email yang tentunya profesional. Dengan demikian Anda tidak diperbolehkan untuk memakai alamat email seperti @yahoo.com ataupun @gmail.com dan lain sebagainya. Apabila Anda hanya menggunakan platform yang saja, maka diperbolehkan dan Anda masih bisa melakukan redirect. Di samping itu, Anda juga tentunya akan membutuhkan penggunaan layanan email marketing untuk mendukung personal branding ini.

Lakukan Promosi Antar Platform

Strategi personal branding yang terakhir yakni Anda bisa melakukan promosi antar platform. Jadi maksudnya yaitu Anda melakukan promosi website maupun akun sosial media Anda dengan cara pergantian. Misalnya Anda memiliki akun Facebook, telegram, Twitter dan Instagram. Hari ini Anda membuat postingan di Instagram yang berisikan ajakan untuk orang-orang bergabung pada fanspage di Facebook Anda dan bergabung dengan channel telegram Anda. Keesokan harinya di channel telegram Anda mempromosikan akun Twitter, Instagram dan juga Facebook. Lalu lusanya Anda mempromosikan akun Facebook dan Twitter di Instagram, dan begitu seterusnya.

Nah, strategi personal branding yang bisa Anda lakukan yang sudah disebutkan di atas Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang personal branding. Untuk mendapatkan jasa personal branding yang terpercaya, maka Anda bisa datang kepada kami. Kami juga akan selalu siap memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Artikel lainnya:

Prakisi Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *