Tips Memilih Marketing Konsultan Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Menemukan marketing konsultan bukan hal sulit. Meski begitu, memilih marketing konsultan yang tepat membutuhkan usaha serius.

Marketing konsultan yang cocok dengan kebutuhan sebuah bisnis mungkin tidak cocok untuk bisnis yang Anda jalankan. Dengan memiliki marketing konsultan yang tepat, Anda bisa fokus menjalankan bisnis sambil mereka melaksanakan strategi marketing yang sesuai.

Untuk memastikan Anda bisa dengan mudah memperoleh marketing konsultan yang Anda butuhkan,  berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

Pengalaman praktis

Photo credit: Google

Hal paling penting yang perlu Anda cari adalah pengalaman.

Bila Anda menemukan marketing konsultan tapi ia tidak memahami bisnis dan tidak dapat mengidentifikasi apa yang sangat Anda butuhkan, ia tidak akan memberi efek besar pada keuntungan bisnis Anda.

Pengalaman praktis yang ekstensif pada industri yang beragam menjadi tanda kalau mereka memiliki strategi yang dibutuhkan untuk meningkatkan bisnis Anda.  Ini juga menunjukkan kalau skill mereka telah teruji dan terbukti di sejumlah kondisi berbeda.

Anda juga perlu pastikan marketing konsultan Anda memiliki pengalaman riil dalam mengimplementasikan strategi marketing untuk brand seperti milik Anda.

Mengetahui seberapa efektif penggunaan sebuah strategi sangat penting dan konsultan Anda harus bisa menunjukkan ke Anda bagaimana memilih teori teknik marketing dan mengubahnya menjadi kesuksesan yang menghasilkan keuntungan.

Untuk tahu jenis pengalaman yang dimiliki marketing konsultan, pastikan Anda melihat semua testimoni klien, lalu:

  • Catat hasil konkrit yang mereka capai pada klien sebelumnya, seperti peningkatan profit dan statistik yang bisa diukur lainnya.
  • Cari tahu perusahaan mana yang bekerja sama dengan mereka, dan apa jenis industri yang perusahaan ini jalankan.

Memang ada banyak informasi yang perlu digali dari marketing konsultan, tapi seharusnya semua ini tersedia dan mudah dibaca di website mereka. Bila mereka tidak memiliki testimoni dari klien dan studi kasus yang bisa dibaca, bisa jadi ini mereka bukan marketing konsultan yang bisa Anda andalkan.

Mereka mengerti digital marketing

Photo credit: Google

Marketing konsultan Anda harus memahami digital marketing karena ini sangat penting. Marketing moderen adalah tentang menarik pelanggan, bukan mengejar mereka, jadi dengan memilih orang yang ahli yang memiliki keahlian digital, merek bisa mengidentifikasi kesempatan besar untuk bisnis Anda yang akan membantu perusahaan berkembang dengan cara yang baru.

Anda perlu memilih orang yang punya pemahaman bagus tentang SEO, PPC, dan media sosial. Ingat, hanya karena marketing konsultan memiliki pengalaman di semua area ini, bukan berarti bisnis Anda harus menggunakan jasa mereka.

Marketer yang bagus seperti ahli masak, mereka memiliki dapur dengan banyak bahan makanan. Tapi mereka hanya membutuhkan beberapa bahan makanan dan kombinasi yang tepat, untuk menciptakan hidangan yang lezat.

Jadi sebelum berkomitmen pada marketing konsultan, pastikan Anda tahu tentang tingkat keahlian digital mereka.

Cek website mereka

Photo credit: Google